Dinasti Zagwe: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
-iNu- (bicara | kontrib)
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: Penggantian teks otomatis (-frase +frasa)
Baris 1: Baris 1:
'''Dinasti Zagwe''' menguasai [[Ethiopia]] dari runtuhnya [[Kerajaan Aksum]] pada sekitar abad ke-9 atau ke-10 hingga tahun 1270, ketika [[Yekuno Amlak]] menaklukan dan membunuh raja Zagwe terakhir dalam pertempuran. Nama dinasti ini diduga berasal dari frase dalam [[bahasa Ge'ez]], ''Ze-Agaw'', yang merujuk pada suku [[Agaw]]. Raja dari dinasti ini yang paling terkenal adalah [[Gebre Mesqel Lalibela]].
'''Dinasti Zagwe''' menguasai [[Ethiopia]] dari runtuhnya [[Kerajaan Aksum]] pada sekitar abad ke-9 atau ke-10 hingga tahun 1270, ketika [[Yekuno Amlak]] menaklukan dan membunuh raja Zagwe terakhir dalam pertempuran. Nama dinasti ini diduga berasal dari frasa dalam [[bahasa Ge'ez]], ''Ze-Agaw'', yang merujuk pada suku [[Agaw]]. Raja dari dinasti ini yang paling terkenal adalah [[Gebre Mesqel Lalibela]].


== Daftar pustaka ==
== Daftar pustaka ==

Revisi per 28 Januari 2012 15.19

Dinasti Zagwe menguasai Ethiopia dari runtuhnya Kerajaan Aksum pada sekitar abad ke-9 atau ke-10 hingga tahun 1270, ketika Yekuno Amlak menaklukan dan membunuh raja Zagwe terakhir dalam pertempuran. Nama dinasti ini diduga berasal dari frasa dalam bahasa Ge'ez, Ze-Agaw, yang merujuk pada suku Agaw. Raja dari dinasti ini yang paling terkenal adalah Gebre Mesqel Lalibela.

Daftar pustaka

  • Taddesse Tamrat. "The Legacy of Aksum and Adafa" in Church and State in Ethiopia. Oxford: Clarendon Press, 1972

Pranala luar