Gertrude Billung: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
ZéroBot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: ro:Gertrude de Saxonia
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: Penggantian teks otomatis (-Di tahun +Pada tahun)
Baris 3: Baris 3:
Ketika Dirk V berkuasa, [[William I, Uskup dari Utrecht]], mengambil kesempatan dari situasi tersebut, menguasai wilayah yang telah ia tuntut di [[Belanda]]. Gertrude dan putranya mundur ke kepulauan [[Friesland|Frisia]] (Zeeland), meninggalkan William menguasai wilayah-wilayah yang diperdebatkan itu.
Ketika Dirk V berkuasa, [[William I, Uskup dari Utrecht]], mengambil kesempatan dari situasi tersebut, menguasai wilayah yang telah ia tuntut di [[Belanda]]. Gertrude dan putranya mundur ke kepulauan [[Friesland|Frisia]] (Zeeland), meninggalkan William menguasai wilayah-wilayah yang diperdebatkan itu.


Di tahun 1063 Gertrude menikahi [[Robert I, Pangeran Flandria|Robert dari Flandria]] (Robert orang Frisia), putra kedua [[Baldwin V, Pangeran Flandria|Baldwin V dari Flandria]]. Tindakan ini memberikan Dirk Kekaisaran [[Flandria]] sebagai seorang [[sifat]] - termasuk kepulauan Frisia barat Frisia [[Scheldt]]. Ia dan suaminya kemudian bertindak sebagai wali dan wakil wali raja untuk Pangeran muda.
Pada tahun 1063 Gertrude menikahi [[Robert I, Pangeran Flandria|Robert dari Flandria]] (Robert orang Frisia), putra kedua [[Baldwin V, Pangeran Flandria|Baldwin V dari Flandria]]. Tindakan ini memberikan Dirk Kekaisaran [[Flandria]] sebagai seorang [[sifat]] - termasuk kepulauan Frisia barat Frisia [[Scheldt]]. Ia dan suaminya kemudian bertindak sebagai wali dan wakil wali raja untuk Pangeran muda.


== Keluarga dan keturunan ==
== Keluarga dan keturunan ==

Revisi per 3 Januari 2012 12.20

Gertrude dari Sachsen (lahir tahun 10304 Agustus 1113), juga dikenal sebagai Gertrude Billung, merupakan putri Bernard II, Adipati Sachsen dan Eilika dari Schweinfurt. Ia menikahi Floris I, Pangeran Belanda (lahir tahun 1017 – 28 Juni, 1061) di tahun 1050, dan atas kematiannya, putranya Dirk V menjadi Pangeran Belanda. Karena putranya masih terlalu kecil untuk memerintah, ia bertindak sebagai walinya di kerajaan.

Ketika Dirk V berkuasa, William I, Uskup dari Utrecht, mengambil kesempatan dari situasi tersebut, menguasai wilayah yang telah ia tuntut di Belanda. Gertrude dan putranya mundur ke kepulauan Frisia (Zeeland), meninggalkan William menguasai wilayah-wilayah yang diperdebatkan itu.

Pada tahun 1063 Gertrude menikahi Robert dari Flandria (Robert orang Frisia), putra kedua Baldwin V dari Flandria. Tindakan ini memberikan Dirk Kekaisaran Flandria sebagai seorang sifat - termasuk kepulauan Frisia barat Frisia Scheldt. Ia dan suaminya kemudian bertindak sebagai wali dan wakil wali raja untuk Pangeran muda.

Keluarga dan keturunan

Ia memiliki total 7 anak dengan Floris I:

  1. Albrecht (lahir tahun 1051), seorang pastur di Liege.
  2. Dirk V (lahir tahun 1052, Vlaardingen–17 Juni 1091).
  3. Pieter (lahir tahun 1053), seorang pastur di Liége.
  4. Bertha (tahun 1055–1094, Montreuil-sur-Mer), yang menikahi Philip I dari Perancis di tahun 1072.
  5. Floris (lahir tahun 1055), seorang pastur di Liége.
  6. Machteld (lahir tahun 1057)
  7. Adela (lahir tahun 1061), yang menikahi Pangeran Baudouin I dari Guînes.

Dari pernikahannya yang kedua dengan Robert I ia memiliki 5 anak :

  1. Robert II dari Flandria (lahir tahun 1065 – 5 Oktober 1111).
  2. Adela (wafat tahun 1115), yang pertama-tama menikahi Raja Canute IV dari Denmark, dan merupakan ibu Charles yang Bagus, kemudian Pangeran Flandria. Ia kemudian menikahi Roger Borsa, adipati Apulia.
  3. Gertrude, yang menikahi Thierry II, Adipati Lorraine, dan adalah ibu Thierry dari Alsace, juga kemudian Pangeran Flandria.
  4. Philip dari Loo, yang adalah anak haram William dari Ypres juga merupakan seorang penuntut propinsi Flandria.
  5. Ogiva, kepala biarawati Messines.

Pranala luar