Kenya: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Thijs!bot (bicara | kontrib)
k robot Adding: pms:Chenia
Indoboy (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 43: Baris 43:
footnotes =
footnotes =
}}
}}
'''Republik Kenya''' adalah sebuah [[negara]] di [[Afrika]] Timur, berbatasan dengan [[Ethiopia]], [[Somalia]], [[Sudan]], [[Tanzania]], [[Uganda]] dan [[Samudra Hindia]]. Ibu kota sekaligus kota terbesarnya ialah [[Nairobi]].


'''Republik Kenya''' adalah sebuah negara di [[Afrika Timur]] yang berbatasan dengan [[Ethiopia]] di utara, [[Somalia]] di timur, [[Tanzania]] di selatan, [[Uganda]] di barat, [[Sudan]] di barat laut serta dibatasi [[Samudera Hindia]] di bagian tenggara. Negara ini berpenduduk sebanyak 34.256.000 jiwa dan kota terbesarnya adalah [[Nairobi]], yang juga merupakan ibukotanya.
==Provinsi==


== Politik ==
{{utama|Politik Kenya}}

Kenya adalah [[republik]] [[demokrasi perwakilan]] dengan [[sistem presidensial]], di mana Presiden Kenya menjadi [[kepala negara]] dan [[kepala pemerintahan]] sekaligus. Negara ini juga memakai sistem [[multipartai]]. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh pemerintah, yang juga memegang kekuasaan legislatif bersama ''[[National Assembly of Kenya|National Assembly]]''. Kekuasaan yudisial tidak dipengaruhi oleh dua kekuasaan tersebut.

Sejak kemerdekaannya, Kenya berhasil menjaga stabilitas di tengah perubahan sistem politik dan krisis-krisis di negara tetangganya. Ditambah lagi setelah dianutnya demokrasi multipartai, penduduk Kenya bisa menikmati kebebasan yang lebih. Reformasi yang dilaksanakan parlemen pada tahun [[1997]] merevisi beberapa [[undang-undang]] yang opresif, diwariskan dari era kolonial dan mengekang kebebasan berbicara dan berkumpul.

Pada [[Desember 2002]], terjadi perubahan dalam kekuasaan di Kenya. Untuk pertama kalinya diadakan [[pemilu]] yang terbuka dan demokratis, serta oleh pengamat internasional dinilai bebas dan adil. Kekuasaan yang tadinya dipengang satu partai sejak merdeka berpindah ke koalisi-koalisi baru partai [[politik]]. Dari pemilu tersebut, [[Mwai Kibaki]] terpilih menjadi Presiden Kenya.

== Pembagian administratif ==
Kenya dibagi kepada 7 [[provinsi]] dan 1 daerah*:
Kenya dibagi kepada 7 [[provinsi]] dan 1 daerah*:
*[[Central Province, Kenya|Central]]
*[[Central Province, Kenya|Central]]

Revisi per 3 Januari 2007 16.36

Republik Kenya
SemboyanHarambee
(Bahasa Swahili: Mari bekerja bersama)
Lagu kebangsaanEe Mungu Nguvu Yetu
(Oh Tuhan Maha Pencipta)
Lokasi Kenya
Peta
Ibu kota
Nairobi
Bahasa resmiInggris, Swahili
PemerintahanRepublik
Kemerdekaan
 - Perairan (%)
2,3%
Populasi
 - Perkiraan 2004
32.021.856 (37)
 - Sensus Penduduk 2002
31.138.735
PDB (KKB)2003
 - Total
33.028 (81)
1.035 (151)
Mata uangShilling Kenya
(KES)
Zona waktuMSK
(UTC+3)
 - Musim panas (DST)
UTC+3 (tidak ada)
Kode telepon254 (005 dari Tanzania dan Uganda)
Kode ISO 3166KE
Ranah Internet.ke
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Republik Kenya adalah sebuah negara di Afrika Timur yang berbatasan dengan Ethiopia di utara, Somalia di timur, Tanzania di selatan, Uganda di barat, Sudan di barat laut serta dibatasi Samudera Hindia di bagian tenggara. Negara ini berpenduduk sebanyak 34.256.000 jiwa dan kota terbesarnya adalah Nairobi, yang juga merupakan ibukotanya.

Politik

Kenya adalah republik demokrasi perwakilan dengan sistem presidensial, di mana Presiden Kenya menjadi kepala negara dan kepala pemerintahan sekaligus. Negara ini juga memakai sistem multipartai. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh pemerintah, yang juga memegang kekuasaan legislatif bersama National Assembly. Kekuasaan yudisial tidak dipengaruhi oleh dua kekuasaan tersebut.

Sejak kemerdekaannya, Kenya berhasil menjaga stabilitas di tengah perubahan sistem politik dan krisis-krisis di negara tetangganya. Ditambah lagi setelah dianutnya demokrasi multipartai, penduduk Kenya bisa menikmati kebebasan yang lebih. Reformasi yang dilaksanakan parlemen pada tahun 1997 merevisi beberapa undang-undang yang opresif, diwariskan dari era kolonial dan mengekang kebebasan berbicara dan berkumpul.

Pada Desember 2002, terjadi perubahan dalam kekuasaan di Kenya. Untuk pertama kalinya diadakan pemilu yang terbuka dan demokratis, serta oleh pengamat internasional dinilai bebas dan adil. Kekuasaan yang tadinya dipengang satu partai sejak merdeka berpindah ke koalisi-koalisi baru partai politik. Dari pemilu tersebut, Mwai Kibaki terpilih menjadi Presiden Kenya.

Pembagian administratif

Kenya dibagi kepada 7 provinsi dan 1 daerah*:

Lihat pula

Pranala luar