Mikhail Sholokhov: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
WikitanvirBot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Mengubah: pt:Mikhail Sholokhov
TXiKiBoT (bicara | kontrib)
k r2.7.2) (bot Menambah: eu:Mikhail Alexandrovitx Sholokhov
Baris 67: Baris 67:
[[es:Mijaíl Shólojov]]
[[es:Mijaíl Shólojov]]
[[et:Mihhail Šolohhov]]
[[et:Mihhail Šolohhov]]
[[eu:Mikhail Alexandrovitx Sholokhov]]
[[fa:میخائیل شولوخف]]
[[fa:میخائیل شولوخف]]
[[fi:Mihail Šolohov]]
[[fi:Mihail Šolohov]]

Revisi per 2 Januari 2012 08.33

Berkas:Sholokhov-1938.jpg
Sholokhov pada tahun 1938

Mikhail Aleksandrovich Sholokhov (bahasa Rusia: Михаил Александрович Шолохов) (24 Mei 1905 – 21 Februari 1984) adalah seorang penulis novel asal Rusia. Ia memenangkan Penghargaan Nobel dalam Sastra tahun 1965.

Kehidupan dan karya

Sholokhov lahir di kawasan Kamenskaya, Rusia, di 'tanah bangsa Kossak'. Ayahnya seorang pemimpin kelas menengah ke bawah, saat itu petani, pedagang hewan, dan tukang giling. Ibu Sholokhov berasal dari Ukraina dan janda seorang Kossak. Ibunya buta huruf namun belajar membaca-tulis untuk berhubungan dengan anaknya. Sholokhov masuk sekolah di Kargin, Moskow, Boguchar dan Veshenskaya hingga 1918. Kemudian ia bergabung di sisi revolusioner dalam Perang Saudara Rusia. Saat itu ia masih berusia 13 tahun.

Sholokhov mulai menulis pada saat berusia 17 tahun. Buku pertamanya, Tanda Lahir, terbit saat ia masih berusia 19. Pada tahun 1922 Sholokhov pindah ke Moskwa untuk bekerja sebagai wartawan, namun ia harus mendukung dirinya sendiri melalui kerja manual. Ia seorang buruh pelabuhan, tukang batu, dan akuntan antara 1922-1924, namun kadang-kadang ia turut ambil bagian di "seminari" penulis. Karya pertamanya yang dicetak berupa artikel satir berjudul Suatu Ujian (1922).

Buku dan artikel

Pranala luar