Vladislav II dari Bohemia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
-iNu- (bicara | kontrib)
WikitanvirBot (bicara | kontrib)
Baris 88: Baris 88:


[[ar:فلاديسلوس الثاني ملك بوهيميا]]
[[ar:فلاديسلوس الثاني ملك بوهيميا]]
[[bg:Владислав II (Бохемия)]]
[[cs:Vladislav II.]]
[[cs:Vladislav II.]]
[[de:Vladislav II.]]
[[de:Vladislav II.]]

Revisi per 25 Desember 2011 14.31

Vladislaus II dari Bohemia
Adipati dan Raja Bohemia
Berkuasa1140-1172
Penobatan1158, Regensburg
PendahuluSobeslav I dari Bohemia
WangsaDinasti Přemyslid
AyahVladislav I dari Bohemia
IbuRicheza dari Berg
Istri
AnakFrederick, Adipati Bohemia
Ottokar I dari Bohemia
Vladislaus III, Adipati Bohemia

Vladislaus II atau Vladislaus I (raja) (Ceska: Vladislav II./I.[1], sekitar 1110–18 Januari 1174) merupakan raja Bohemia kedua dari tahun 1158. Sebelumnya ia adalah Adipati Bohemia dari tahun 1140. Ia turun tahta di tahun 1172, gelar kerajaannya tidak turun temurun. Gelar tersebut dijadikan gelar turun temurun di tahun 1212 oleh Kaisar Frederick.

Vladislav adalah putra Vladislav I dan Richeza dari Berg. Ia menikah sebanyak dua kali, yang pertama dengan Gertrude dari Babenberg, yang kedua dengan Judith dari Thüringen.

Kehidupan awal

Ia merupakan seorang anak muda yang senang berpetualang, dan tidak memiliki kemungkinan meraih tahta selama pemerintahan pamannya Soběslav I, ia pindah ke Bayern. Ia kembali setelah kematian Soběslav di tahun 1140 dan dengan bantuan saudara iparnya, raja Jerman, Conrad III, ia terpilih sebagai pangeran Bohemia.

Mulanya ia tidak keberatan dengan tuntutan sepupunya, putra Sobeslav, yang juga bernama Vladislav. Atas permintaan Soběslav, Kaisar Lothair II dari Lorraine mengakui hak-hak putranya di Kongres Bamberg pada bulan Mei 1138, kemudian di bulan Juni, gelar bangsawan menegaskan mereka di Sadská. Akan tetapi kongres lain di Bamberg menkonfirmasikan suksesi putra Vladislav, di bulan April 1140. Para adipati lokal, Konrad II dari Znojmo, Vratislaus II dari Brno, dan Otto III dari Olomouc, menyulitkannya. Mereka diasingkan oleh Henry Zdik, uskup Olomouc, yang kemudian diusir dari keuskupannya. Wilayah adipati kemudian dikalahkan oleh Vladislav melalui penghianatan pada tanggal 22 April 1142, namun serangan mereka ke Praha gagal. Vladislav dapat mempertahankan tahtanya dengan bantuan Konrad III dari Jerman, yang saudari tirinya Gertrude dari Babenberg ia nikahi.

Raja Kedua

Di tahun 1147, ia menemani raja ke Perang Salib Kedua, namun menghentikan pasukannya di Konstantinopel. Diperjalanan pulangnya ke Bohemia ia melalui Kiev dan Kraków. Berkat persahabatannya dengan pewaris Conrad, Kaisar Frederick Barbarossa, Vladislav terpilih sebagai raja Bohemia pada tanggal 11 Januari 1158, menjadi pangeran kedua Bohemian yang menyandang gelar kerajaan setelah Vratislaus II. Ia juga diinvestasikan dengan Lusatia Atas di Regensburg dan koronasinya diselenggarakan di dalam perayaan kedua di Milan pada tanggal 8 September. Vladislav merupakan sekutu erat Barbarossa. Ia menemaninya ke Milan di tahun 1158. Selama ekspedisi Italia di tahun 1161, 1162, dan 1167, Vladislav memberikan perintah kontingen Ceko kepada saudaranya Adipati Děpold I dari Jamnitz dan putranya Frederick.

Setelah pemberontakan para adipati Moravia, Vladislav mulai mengambil kendali atas istana Moravia: Brno dengan kematian Vratislaus II di tahun 1156, Olomouc dengan kematian Otto III (meskipun tuntutan Sobeslav, putra Adipati Sobeslav, yang dipenjarakan), dan akhirnya Znojmo dengan kematian Conrad II. Vladislav juga ikut campur di Hongaria di tahun 1163 atas nama kaisar. Ia menikahkan putra keduanya, Sviatopluk, dengan seorang puteri Hongaria dan memiliki kontak diplomatik dengan Manuel I Comnenus. Bahkan di tahun 1164, ia menikahkan putrinya Helena yang berusia 6 tahun dengan Peter, putra Manuel.

Di tahun 1167, Daniel I, uskup Praha sejak tahun 1148 dan penasehat terhebat Vladislav, meninggal. Akibatnya, hubungan di antara raja-raja Bohemia dan Jerman merenggang. Ketika putranya (Vojtech) Adalbert III menjadi Uskup Agung dari Salzburg di tahun 1169, kaisar mencurigainya mendukung Paus Alexander III.

Abdikasi

Bersemangat memaksa putranya Frederick ke atas tahta dari kadipaten Bohemia yang masih elektif, ia turun tahta tanpa konsensus para bangsawan Bohemia atau izin dari Kaisar. Frederick menyimpan tahta tersebut kurang dari setahun, sebelum memberikan kedudukan tersebut kepada Sobeslav II, putra sulung Sobeslav I.

Vladislav tinggal di Thüringen di dalam wilayah istri keduanya, dimana ia wafat disana pada bulan Januari 1174. Ia dimakamkan di dalam Katedral Meissen. Pemerintahannya ditandai dengan pendirian sejumlah biara-biara Premonstratensian dan Cistercian di Bohemia, juga konstruksi sebuah jembatan batu diseberang Vltava di Praha: tempat itu diberi nama jembatan Judith untuk menghormati istri kedua Vladislav.

Keluarga dan Keturunan

Dengan istri pertamanya, Gertrude dari Babenberg (wafat 4 Agustus 1150), ia memiliki keturunan sebagai berikut:

Dengan istri keduanya, Judith dari Thüringen (menikah 1155), putri Landgrave Louis I dari Thüringen, ia memiliki keturunan sebagai berikut:

Referensi

  1. ^ František Palacký: Dějiny národa českého v Čechách i v Moravě, book XVII
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Sobeslav I
Adipati Bohemia
1140–1158
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Frederick
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Vratislaus II
Raja Bohemia
1158–1172
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Ottokar I