Reseptor: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Dennis Kwaria (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
ganti menjadi halaman disambiguasi; isi sebelumnya sama dengan yang dimuat dalam artikel reseptor indra
Baris 1: Baris 1:
'''Reseptor''' dapat berarti:
{{wikify|date=Mei 2010}}
'''Reseptor''' adalah bagian dari [[sistem syaraf]] yang berperan sebagai penerima [[rangsangan]] dan sekaligus sebagai pengubah rangsangan yang diterimanya menjadi [[impuls]] sensoris. [[Impuls sensoris]] inilah yang dikirimkan ke [[Sistem Syaraf Pusat]]. Stimulasi pada suatu reseptor merupakan informasi mengenai terjadinya perubahan dari lingkungan eksternal dan internal tubuh terhadap Sistem Syaraf Pusat. Selanjutnya, Sistem Syaraf Pusat akan mengolahnya dan memberikan jawaban berupa pengaturan yang sesuai, sehingga kelestarian hidup tetap terjamin dan terpelihara kelangsungannya. [[Stimulus]], merupakan suatu bentuk [[energi]] yang banyak ragamnya di alam ini. Bentuk-bentuk energi tersebut adalah energi mekanis-tekanan, energi thermis-derajad suhu, energi khemis-bau,rasa, kadar O2 dan kadar CO2, energi cahaya-gelombang cahaya, energi suara-gelombang suara. Masing-masing reseptor disesuaikan untuk memberikan respons pada suatu bentuk energi tertentu. Bentuk energi khusus yang memberikan respons reseptor paling peka disebut rangsangan adekwat. Reseptor seringkali berada di dalam suatu wadah yang terbuat dari sel-sel non syaraf, membentuk suatu organ sensorik (mata,telinga dan lain-lain).{{fact}}


*[[Reseptor indra]], dalam fisiologi, yaitu struktur pada sistem saraf yang peka terhadap rangsangan pancaindra.
[[Kategori: Kimia | Biokimia]]
*[[Reseptor (biokimia)]], dalam biokimia, yaitu protein yang mampu berikatan dengan molekul sinyal tertentu dan menyebabkan respons di dalam sel.

{{disambig}}

[[ar:مستقبل (توضيح)]]
[[ca:Receptor]]
[[en:Receptor]]
[[fr:Récepteur]]
[[it:Recettore]]
[[lt:Receptorius]]
[[nl:Receptor]]
[[oc:Receptor]]
[[ro:Receptor]]
[[ru:Рецептор (значения)]]
[[sl:Receptor]]
[[fi:Reseptori]]
[[zh:受体]]

Revisi per 23 Desember 2011 09.34

Reseptor dapat berarti:

  • Reseptor indra, dalam fisiologi, yaitu struktur pada sistem saraf yang peka terhadap rangsangan pancaindra.
  • Reseptor (biokimia), dalam biokimia, yaitu protein yang mampu berikatan dengan molekul sinyal tertentu dan menyebabkan respons di dalam sel.