Saban dari Baekje: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: Penggantian teks otomatis (-diatas +di atas)
Baris 8: Baris 8:
}}
}}


Menurut riwayat [[Samguk Sagi]], Saban dianggap terlalu muda dan terlalu cepat dijadikan pewaris dimana [[Samguk Yusa]] menjelaskan digulingkan oleh<ref>[[Il-yeon]]: ''Samguk Yusa: Legends and History of the Three Kingdoms of Ancient Korea'', translated by Tae-Hung Ha and Grafton K. Mintz. Book Two, page 122. Silk Pagoda (2006). ISBN 1-59654-348-5</ref>) [[Goi dari Baekje|Raja Goi]], adik raja kelima, [[Chogo dari Baekje|Chogo]]. Hal ini diterjemahkan oleh para pelajar sebagai perselisihan kekuasaan di dalam istana, dan kemunculan klan Jin diatas klan Hae.
Menurut riwayat [[Samguk Sagi]], Saban dianggap terlalu muda dan terlalu cepat dijadikan pewaris dimana [[Samguk Yusa]] menjelaskan digulingkan oleh<ref>[[Il-yeon]]: ''Samguk Yusa: Legends and History of the Three Kingdoms of Ancient Korea'', translated by Tae-Hung Ha and Grafton K. Mintz. Book Two, page 122. Silk Pagoda (2006). ISBN 1-59654-348-5</ref>) [[Goi dari Baekje|Raja Goi]], adik raja kelima, [[Chogo dari Baekje|Chogo]]. Hal ini diterjemahkan oleh para pelajar sebagai perselisihan kekuasaan di dalam istana, dan kemunculan klan Jin di atas klan Hae.


Tidak ada penjelasan mengenai kelahiran dan kehidupan masa tua atau kematian Saban. Namun, ia dicatat di dalam beberapa riwayat Jepang termasuk ''[[Shinsen Shōjiroku]]'', sebagai nenek moyang dari klan tertentu [[Periode Yamato]] di Jepang. Hal ini mengindikasikan bahwa ia menghabiskan sisa hidupnya di negara tersebut.
Tidak ada penjelasan mengenai kelahiran dan kehidupan masa tua atau kematian Saban. Namun, ia dicatat di dalam beberapa riwayat Jepang termasuk ''[[Shinsen Shōjiroku]]'', sebagai nenek moyang dari klan tertentu [[Periode Yamato]] di Jepang. Hal ini mengindikasikan bahwa ia menghabiskan sisa hidupnya di negara tersebut.

Revisi per 24 November 2011 15.28

Saban dari Baekje (?–?, bertahta tahun 234) adalah raja ketujuh dari kerajaan Baekje, salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Ia adalah putra sulung raja keenam Baekje, Gusu.

Saban dari Baekje
Hangul
사반왕, 사비왕, 사이왕
Hanja
沙伴王, 沙沸王, 沙伊王
Alih AksaraSaban-wang, Sabi-wang, Sai-wang
McCune–ReischauerSaban-wang, Sabi-wang, Sai-wang


Menurut riwayat Samguk Sagi, Saban dianggap terlalu muda dan terlalu cepat dijadikan pewaris dimana Samguk Yusa menjelaskan digulingkan oleh[1]) Raja Goi, adik raja kelima, Chogo. Hal ini diterjemahkan oleh para pelajar sebagai perselisihan kekuasaan di dalam istana, dan kemunculan klan Jin di atas klan Hae.

Tidak ada penjelasan mengenai kelahiran dan kehidupan masa tua atau kematian Saban. Namun, ia dicatat di dalam beberapa riwayat Jepang termasuk Shinsen Shōjiroku, sebagai nenek moyang dari klan tertentu Periode Yamato di Jepang. Hal ini mengindikasikan bahwa ia menghabiskan sisa hidupnya di negara tersebut.

Referensi

  1. ^ Il-yeon: Samguk Yusa: Legends and History of the Three Kingdoms of Ancient Korea, translated by Tae-Hung Ha and Grafton K. Mintz. Book Two, page 122. Silk Pagoda (2006). ISBN 1-59654-348-5

Lihat Pula