SAR Sistem: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
37 bita ditambahkan ,  13 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
Dalam melaksanakan operasi SAR harus dilaksanakan secara cepat dan andal serta dilaksanakan oleh personel berketrampilan yang telah memperoleh pendidikan dan pelatihan. Dalam dunia pelayaran dan penerbangan, penyelenggaraan operasi SAR digunakan suatu sistem SAR, terdiri dari 5 tahap kegiatan ditunjang dengan dengan 5 komponen dengan memperhatikan 3 keadaan darurat (''emergency phase'').
==Tiga Keadaan Darurat ==
Tiga [[fase]] keadaan darurat merupakan suatu fase dimana suatu sistem trasnportasi mengalami keadaan darurat. Fase ini tidak harus berurutan dari pertama sampai ke-tiga, dengan demikian keadaan darurat bisa langsung ke Distresfa sehingga operasi SAR harus segera dilaksanakan.
===Fase Meragukan (''''Uncertainly Phase''/''INCERFA)===
Tahap ini merupakan tahap di mana kondisi penumpang pesawat/kapal dalam keadaan meragukan karena mengalami keterlambatan tiba di tempat tujuan sesuai waktu yang diperkirakan
==Lima komponen SAR==
Untuk melaksankan operasi SAR secara cepat dan efektif maka harus tersedia lima komponen SAR.
===[[Organisasi]]===
Struktur organisasi tugas terdiri atas : SAR Coordinator (SC); SAR Mission Coordinator (SMC); On-Scene Coordinator (OSC); dan SAR Unit (SRU).
===Fasilitas SAR (''SAR Unit''/SRU)===
SRU adalah unit-unit yang melakukan operasi SAR di lokasi musibah/bencana, SRU terbagi menjadi tiga macam matra yaitu: SRU Laut seperti [[kapal]] dan rubber boat; SRU Udara seperti [[pesawat udara]], [[helikopter]]; dan SRU Darat seperti Rescue Jeep, Rescue Truck dan ambulan.
===Komunikasi===
Komunikasi merupakan sarana untuk pertukaran informasi dalam kegiatan operasi SAR. Peralatan komunikasi yang digunakan seperti radion HF/VHF, telepon, INMARSAT, dan Beacon
===Pelayanan darurat===
Adalah komponen berupa penyediaan fasilitas perawatan darurat yang bersifat sementara, termasuk pemberian bantuan medis kepada korban di lokasi musibah sampai ke tempat penampungan/perawatan yang lebih memadai. Yang termasuk komponen ini adalah: posko-posko [[medis]], [[dokter]], para medis[[paramedis]], obat-obatan, dan rumah sakit
===Dokumentasi===
Adalah komponen berupa pendataan laporan atau kegiatan, biasanya didukung dengan data visual berupa foto/rekaman gambar seperti peta udara, laut dan topografi, analisa serta data-data seperti data kapal, data pesawat, dan manifes. Data-data ini akan menunjang efisiensi pelaksanaan operasi SAR serta meningkatkan kemampuan operasi.
29

suntingan

Menu navigasi