Wikipedia:Tanya jawab (Pembaca): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
MerlIwBot (bicara | kontrib)
Baris 66: Baris 66:
[[en:Wikipedia:FAQ/Readers]]
[[en:Wikipedia:FAQ/Readers]]
[[et:Vikipeedia:Lugejate KKK]]
[[et:Vikipeedia:Lugejate KKK]]
[[fa:ویکی‌پدیا:پرسش‌های رایج خوانندگان]]
[[fr:Wikipédia:FAQ lecteurs]]
[[fr:Wikipédia:FAQ lecteurs]]
[[he:ויקיפדיה:שאלות ותשובות/קוראים]]
[[he:ויקיפדיה:שאלות ותשובות/קוראים]]
Baris 79: Baris 78:
[[sr:Википедија:НПП/Читаоци]]
[[sr:Википедија:НПП/Читаоци]]
[[te:వికీపీడియా:పాఠకుల ప్రశ్నలు]]
[[te:వికీపీడియా:పాఠకుల ప్రశ్నలు]]
[[tt:Википедия:Uquçı YBSı]]
[[zh:Wikipedia:读者常见问题解答]]
[[zh:Wikipedia:读者常见问题解答]]

Revisi per 21 September 2011 11.17

Halaman ini berisikan hal-hal yang mungkin ditanyakan oleh seorang pembaca mengenai Wikipedia.

Bagaimana mencari sesuatu di Wikipedia?

Tampilan "kotak pencarian"
Di sebelah kanan atas pada layar Anda, terdapat kotak pencarian berjudul "Cari" dan di bawahnya terdapat simbol lup. Ketikkan apa yang Anda cari di kotak pencarian tersebut dan tekan Enter (bisa juga dengan mengklik simbol lup tersebut). Lihat juga: Wikipedia:Pencarian.
Cara lainnya adalah dengan mempergunakan Google. Klik pada pranala di bawah ini untuk mencari di:
Tentu saja kadang-kadang indeks pencarian melalui Google telah ketinggalan, karena bot Google hanya mencari secara periodik dan mungkin belum menyimpan suntingan terbaru di Wikipedia.
Beberapa penjelajah web mengizinkan mencari Wikipedia melalui kotak URL/Location mereka, contohnya Konqueror, Firefox, dan Internet Explorer 7. Bacalah dokumentasi penjelajah web tersebut untuk mengetahui apakah fitur ini tersedia di penjelajah Anda dan bagaimana cara melakukan konfigurasinya.
Pengguna:AxelBoldt dari Wikipedia bahasa Inggris telah membuat beberapa bookmarklet untuk mencari di Wikipedia. Anda dapat melihat informasinya di sini (halaman ini dalam bahasa Inggris. Halaman itu juga akan menjelaskan bagaimana mengeset sebuah kunci pintas di Firefox supaya Google melakukan pencarian di seluruh Wikipedia sekaligus.

Bagaimana melakukan riset dengan Wikipedia?

Informasi ini dapat Anda lihat di halaman: Wikipedia:Riset dengan Wikipedia

Bagaimanakah ketentuan lisensi atas isi Wikipedia?

Artikel-artikel Wikipedia seluruhnya adalah isi terbuka dan berada dalam lingkup GNU Free Documentation License. Lihat juga: Wikipedia:Hak cipta.

Dapatkah saya melakukan mirror atas seluruh bagian Wikipedia di situs saya?
Sebanyak apa yang dapat saya kutip?

Anda dapat melakukan mirror atau mengutip sebanyak yang Anda inginkan, sejauh Anda mempertahankan lisensi GFDL atas teks yang Anda kutip itu. Lihat Wikipedia:Hak cipta.

Jika saya memberikan pranala dari situs saya ke Wikipedia, apakah saya harus menggunakan lisensi GFDL untuk situs saya?

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah "tidak". Sebuah pranala bukanlah hal yang diatur oleh hak cipta, jadi lisensi GFDL tidak berlaku untuk itu.

Bagaimana jika saya mengutip beberapa kalimat singkat (tiga atau empat kalimat)?

Jawabannya juga "tidak" karena hal ini dilingkupi dengan doktrin penggunaan wajar (fair use).

Bagaimana jika saya mengutip seluruh artikel?

Anda mungkin perlu berkonsultasi juga dengan penasihat hukum Anda, atau lisensikan situs Anda di bawah lisensi GFDL. Bagaimanapun, para Wikipediawan berusaha untuk menganggap bahwa semua orang memiliki niat baik. Jadi, sedikit pelanggaran hak cipta tampaknya tidak akan menyebabkan Anda dituntut secara hukum.

Apakah saya bisa mendapatkan Wikipedia dalam bentuk CD, atau mengunduhnya untuk keperluan offline?

SOS Children telah mempublikasikan Wikipedia CD Selection yang dapat diunduh secara bebas di wikipedia cd download page.
Informasi mengenai pengunduhan database dapat Anda temukan di halaman Wikipedia:Pengunduhan, tetapi untuk dapat mempergunakannya, Anda masih perlu untuk menginstalasi sebuah server web, PHP, MySQL, dan perangkat lunak wiki MediaWiki. Di Wikipedia Inggris, juga sedang didiskusikan mengenai versi statis Wikipedia (buku/CD/DVD). Diskusi ini dapat Anda temukan di Wikipedia:Pushing to 1.0

Bagaimana caranya menyebutkan sumber artikel Wikipedia dalam sebuah dokumen?

Lakukan sebagaimana biasanya dengan situs web lainnya. Menyebutkan nama penulis artikelnya tidaklah diperlukan, tapi Anda perlu untuk menyebutkan tanggal berapa Anda mendapatkan artikel tersebut.
Sumber kutipan secara otomatis dalam beragam gaya dapat Anda temukan di pranala "Kutip artikel ini" dalam kotak peralatan. Lihat juga: Wikipedia:Mengutip Wikipedia.

Ketika saya mempergunakan pranala halaman sembarang, saya mendapati artikel-artikel mengenai kecamatan di Indonesia lebih sering dari yang saya inginkan. Apa yang dapat saya lakukan mengenai ini?

Ya, memang ada banyak artikel mengenai mulai dari desa/kelurahan, kecamatan, hingga kota-kota di Indonesia. Jika artikel-artikel ini tidak menarik minat Anda, silakan klik lagi pranala halaman sembarang itu hingga artikel yang menarik untuk Anda muncul.

Apa yang harus saya lakukan jika saya menemukan kesalahan fakta di Wikipedia?

Silakan langsung perbaiki saja. Lihat Wikipedia:Tanya jawab (Berkontribusi). Kontribusi sukarela dari orang-orang yang percaya bahwa pengetahuan harus diberikan secara bebas bagi semua oranglah yang membentuk Wikipedia, dan komunitas ini selalu siap untuk menyambut siapa pun yang mau bergabung.
Karena Wikipedia adalah proyek sukarela yang dapat disunting oleh setiap orang, kesalahan atau kelalaian dapat dan selalu bermunculan. Ini harus selalu diingat ketika kita membaca suatu artikel: jangan mempercayai semua informasi seratus persen, lihat juga sumber-sumber dari mana penulis Wikipedia mengutip.