Pembuluh kapiler: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k r2.6.4) (bot Menambah: el:Τριχοειδή αγγεία
Kevdave (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Illu capillary.jpg|thumb|Ilustrasi pembuluh darah kapiler]]
[[Berkas:Illu capillary.jpg|thumb|Ilustrasi pembuluh darah rerambut]]
{{untuk|pengertian lain|kapiler}}
{{untuk|pengertian lain|kapiler}}
'''Pembuluh darah kapiler''' (dari [[bahasa Latin]] ''capillaris'') ialah [[pembuluh darah]] terkecil di tubuh, ber[[diameter]] 5-10 [[mikrometer|μm]], yang menghubungkan [[arteriola]] dan [[venula]], dan memungkinkan pertukaran [[air]], [[oksigen]], [[karbon dioksida]], serta [[nutrien]] dan zat kimia sampah antara [[darah]] dan [[jaringan]] di sekitarnya.
'''Pembuluh darah rerambut/kapiler''' (dari [[bahasa Latin]] ''capillaris'') ialah [[pembuluh darah]] terkecil di tubuh, ber[[diameter]] 5-10 [[mikrometer|μm]], yang menghubungkan [[arteriola]] dan [[venula]], dan memungkinkan pertukaran [[air]], [[oksigen]], [[karbon dioksida]], serta [[nutrien]] dan zat kimia sampah antara [[darah]] dan [[jaringan]] di sekitarnya.


Darah mengalir dari [[jantung]] ke [[arteri]], yang bercabang dan menyempit ke arteriola, dan kemudian masih bercabang lagi menjadi [[kapiler]]. Setelah terjadinya perfusi jaringan, kapiler bergabung dan melebar menjadi [[vena]], yang mengembalikan darah ke jantung.
Darah mengalir dari [[jantung]] ke [[arteri]], yang bercabang dan menyempit ke arteriola, dan kemudian masih bercabang lagi menjadi [[kapiler|rerambut]]. Setelah terjadinya perfusi jaringan, rerambut bergabung dan melebar menjadi [[vena]], yang mengembalikan darah ke jantung.


Dinding kapiler adalah [[endotel]] selapis tipis sehingga [[gas]] dan [[molekul]] seperti oksigen, air, [[protein]], dan [[lemak]] dapat mengalir melewatinya dengan dipengaruhi oleh gradien osmotik dan hidrostatik.
Dinding rerambut adalah [[endotel]] selapis tipis sehingga [[gas]] dan [[molekul]] seperti oksigen, air, [[protein]], dan [[lemak]] dapat mengalir melewatinya dengan dipengaruhi oleh gradien osmotik dan hidrostatik.


[[Ibnu an-Nafis]] adalah tokoh pertama yang menteorikan adanya pembuluh darah kapiler dan teorinya itu dibuktikan oleh [[Marcello Malpighi]].
[[Ibnu an-Nafis]] adalah tokoh pertama yang menteorikan adanya pembuluh darah rerambut dan teorinya itu dibuktikan oleh [[Marcello Malpighi]].


{{anatomi-stub}}
{{anatomi-stub}}

Revisi per 18 September 2011 00.23

Ilustrasi pembuluh darah rerambut

Pembuluh darah rerambut/kapiler (dari bahasa Latin capillaris) ialah pembuluh darah terkecil di tubuh, berdiameter 5-10 μm, yang menghubungkan arteriola dan venula, dan memungkinkan pertukaran air, oksigen, karbon dioksida, serta nutrien dan zat kimia sampah antara darah dan jaringan di sekitarnya.

Darah mengalir dari jantung ke arteri, yang bercabang dan menyempit ke arteriola, dan kemudian masih bercabang lagi menjadi rerambut. Setelah terjadinya perfusi jaringan, rerambut bergabung dan melebar menjadi vena, yang mengembalikan darah ke jantung.

Dinding rerambut adalah endotel selapis tipis sehingga gas dan molekul seperti oksigen, air, protein, dan lemak dapat mengalir melewatinya dengan dipengaruhi oleh gradien osmotik dan hidrostatik.

Ibnu an-Nafis adalah tokoh pertama yang menteorikan adanya pembuluh darah rerambut dan teorinya itu dibuktikan oleh Marcello Malpighi.