Beatriz dari Portugal: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Baris 97: Baris 97:
[[Category:Permaisuri León]]
[[Category:Permaisuri León]]
[[Category:Permaisuri Galisia]]
[[Category:Permaisuri Galisia]]
[[Category:Wangsa Burgundy-Portugal]]
[[Category:Wangsa Burgundia-Portugal]]
[[Category:Wangsa Trastamara]]
[[Category:Wangsa Trastamara]]
[[Category:Kelahiran 1373]]
[[Category:Kelahiran 1373]]

Revisi per 9 September 2011 20.58

Beatrice
Permaisuri Kastilia dan León
Tenure17 Mei 1383 – 9 Oktober 1390
Informasi pribadi
Kelahiran7–13 Pebruari 1373
Coimbra, Kerajaan Portugal
Kematiansekitar 1420[1]
Lokasi tidak diketahui, di Mahkota Kastilia
Pemakaman
Biara Sancti Spiritus, Toro, Mahkota Kastilia
WangsaWangsa Burgundia
AyahFerdinand I dari Portugal
IbuLeonor Telles de Menezes
PasanganJohn I dari Kastilia
AnakMiguel, Putra Mahkota Portugal
AgamaKatolik Roma

Beatrice (Portugis: Beatriz; pengucapan bahasa Portugis: [biɐˈtɾiʃ]; Coimbra, 7–13 Pebruari 1373 di lokasi setempat yang tidak diketahui, Kastilia) merupakan putri tunggal Raja Ferdinand I dari Portugal dan istrinya, Leonor Telles de Menezes. Ia menikah dengan Raja John I dari Kastilia. Dengan tidak adanya keturunan laki-laki, ia menuntut mahkota Portugal, yang didukung oleh suaminya. Hal ini memicu terjadinya Krisis tahun 1383–1385, dimana aristokrat Portugis menentang keinginannya, karena khawatir akan penggabungan Portugal ke dalam Kastilia. Krisis itu berakhir dengan pamannya John, saudara Ferdinand yang tidak sah, diakui sebagai Raja Portugal, yang pertama dari Wangsa Aviz.

Biografi

Pada permulaan tahun 1383, situasi politik di Portugal cukup baik. Beatrice merupakan anak tunggal Raja dan pewaris tahta, setelah kematian saudara-saudaranya pada tahun 1380 dan 1382. Pernikahannya merupakan sebuah ikatan politik. Ferdinand mengautr dan membatalkan pernikahan putrinya beberapa kali sebelum menentukan pilihan pertama istrinya, Raja John I dari Kastilia. John kehilangan istrinya, Infanta Eleanor dari Aragon tahun sebelumnya, dan gembira menikah dengan pewaris Portugal. Pernikahan tersebut dilangsungkan pada tanggal 17 Mei 1383, di kota Elvas, Portugal. Beatrice hanya berusia 15 tahun pada saat itu.

Raja Ferdinand meninggal tak lama kemudian dan setelah itu, pada tanggal 22 Oktober 1383. Menurut perjanjian itu antara Kastilia dan Portugal, Ibu Suri, Leonor Telles de Menezes, menjadi wali atas nama putri dan menantunya. Atas permintaan John I dari Kastilia, ketika ia mengetahui kematian ayah mertuanya, wali memerintahkan untuk mengakui Beatrice di dalam negara tersebut. Namun suatu pemberontakan yang dipimpin oleh Guru Ordo Aviz, calon John I, segera dimulai, yang memicu terjadinya Krisis 1383–1385.

Raja John dari Kastilia menyerang Portugal pada akhir Desember 1383 untuk membantu tuntutan istrinya atas mahkota. Perang akhir secara efektif berakhir pada tahun 1385, dengan kekalahan Kastilia di medan Perang Aljubarrota. Sebagai akibat dari perang ini, John dari Aviz menjadi Raja Portugal yang tak tertandingi. John dari Kastilia dan Beatrice memiliki tuntutan yang dapat dipertahankan atas tahta Portugal, namun di dalam kehidupan John I dari Kastilia, mereka terus memanggil diri mereka sendiri raja dan ratu Portugal.

Beatrice meninggal pada sekitar tahun 1420 di Kastilia.

Status sebagai penguasa

Berkas:Sepulcro de la reina Beatriz de Portugal, esposa de Juan I , rey de Castilla y León. Monasterio de Sancti Spiritus de Toro.jpg
Makam Beatrice, Biara Sancti Spiritus Toro, di Zamora, Spanyol.

Terdapat beberapa debat apabila Beatrice harus dihitung sebagai seorang penguasa atau tidak. Para sejarawan Portugis memperdebatkan hal tersebut pada tahun 1383–1385 masa dimana Portugal tidak memiliki penguasa, yang berarti bahwa Beatrice tidak dapat dianggap sebagai orang Portugis. Namun berdasarkan sebuah referensi langka atas dirinya sebagai Ratu Portugal, beberapa tuntutan yang setidaknya untuk periode yang singkat ia merupakan seorang Ratu, dan juga dapat dimasukkan ke dalam daftar para penguasa Portugal.

Namun terjadinya pemberontakan bukan hanya satu-satunya masalah aksesinya ke atas tahta. Banyak bangsawan Portugis fraksi pro-Kastilia juga mengakui suaminya, Raja John I dari Kastilia, sebagai pemimpin de facto mereka menurut de jure uxoris, dengan menawarkannya menjadi kaki tangan dan patuh, seperti misalnya, Lopo Gomes de Lira di Minho. John I dari Kastilia, seperti yang dapat dibaca di dalam wasiatnya, yang berasal dari tanggal 21 Juli 1385, di Celorico da Beira yang menyebut dirinya sendiri sebagai Raja de jure, menyatakan apabila ia meninggal lebih dulu daripada istrinya, paus harus memutuskan diantara Beatrice atau putranya Henry menjadi penguasa Portugal.

Silsilah

Sumber

  • Williamson, David (1988). Debrett's Kings and Queens of Europe. Exeter: Webb & Bower. ISBN 0-86350-194-X. 
Beatriz dari Portugal
Cabang kadet 1413
Lahir: 7–13 Pebruari Meninggal: 1373 after
Spanyol
Didahului oleh:
Eleanor dari Aragon
Permaisuri Kastilia dan León
17 Mei 1383 – 9 Oktober 1390
Diteruskan oleh:
Catherine dari Lancaster
  1. ^ Olivera Serrano, César (2005), Beatriz de Portugal, page 392