Akademi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Ultima.ramza (bicara | kontrib)
-templat kanan, kembalikan ke versi tak ber-referensi
-iNu- (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Akademi''' ([[bahasa Yunani]]: Ἀκαδημία) adalah suatu institusi pendidikan tinggi, penelitian, atau keanggotaan kehormatan.
'''Akademi''' adalah seluruh [[lembaga pendidikan formal]] baik [[pendidikan]] anak usia dini, [[pendidikan dasar]], [[pendidikan menengah]], [[pendidikan kejuruan]] maupun [[perguruan tinggi]] yang menyelenggarakan [[pendidikan vokasi]] dalam satu cabang atau sebagian cabang [[ilmu pengetahuan]], [[teknologi]], dan/atau [[seni]] tertentu.
Nama ini berasal dari sekolah [[filsafat]] [[Plato]] yang didirikan pada sekitar tahun 385 SM di '''Akademia''', sebuah [[tempat suci]] [[Athena (mitologi)|Athena]], dewi [[kebijaksanaan]] dan [[kemampuan]], di sebelah utara [[Athena (kota)|Athena]], [[Yunani]].
[[Berkas:Raffael 058.jpg|thumb|''[[Mazhab Athena]]'', dilukis fresko oleh [[Raffaello Sanzio]] (1509–1510).]] Di dunia barat, ''[[akademia]]'' adalah istilah yang umum digunakan untuk institusi pendidikan tinggi secara kolektif.


== Penggunaan istilah ''akademi'' saat ini ==
<!-- disembunyikan, karena tidak dirapikan
=== Jenis sekolah di Indonesia ===
Akademisi atau Academe atau Akademi adalah istilah kolektif untuk ilmiah dan budaya masyarakat yang terlibat dalam pendidikan menengah dan tinggi serta penelitian.
{{utama|Akademi (Indonesia)}}

Di [[Indonesia]], akademi merupakan [[perguruan tinggi]] yang menyelenggarakan [[pendidikan vokasi]] dalam satu cabang atau sebagian cabang [[ilmu pengetahuan]], [[teknologi]], dan/atau [[seni]] tertentu.
Kata berasal dari akademeia hanya kuno di luar Jakarta, di mana gimnasium dibuat oleh Plato terkenal sebagai pusat belajar. Sakral ruang, yang didedikasikan untuk dewi kearifan, Athena, yang sebelumnya dikenal dengan zaitun belukar, maka ekspresi "yang Groves dari Academe".

Dengan perpanjangan Academia telah datang ke budaya yang berarti akumulasi pengetahuan, dan perkembangannya turun-temurun di seluruh transmisi dan praktisi dan pemancar. Pada abad ketujuhbelas, Bahasa Inggris dan Perancis agama cendekiawan popularized istilah tertentu untuk menjelaskan jenis lembaga perguruan tinggi. Inggris diadopsi berupa akademi sementara Perancis mengadopsi bentuk acadème dan académie.

Akademis adalah orang yang bekerja sebagai peneliti (dan biasanya guru) di universitas atau lembaga serupa di pos-menengah (atau tersier) pendidikan. Dia adalah hampir selalu advanced pemegang gelar yang melakukan penelitian. Di Amerika Serikat, istilah akademik adalah sekitar yang identik dengan pekerjaan dari profesor judul meskipun dalam beberapa dekade sejumlah lembaga yang juga termasuk akademis atau profesional librarians dalam kategori "staf akademik." Di Inggris, berbagai judul yang digunakan, biasanya sesama, dosen, reader, dan profesor (lihat juga akademik peringkat), walaupun tidak lepas adalah istilah yang terkenal dan populer sering digantikan. Istilah yang sering digunakan adalah sarjana setara dengan yang berarti "ajaran" dan menjelaskan secara umum orang-orang yang mencapai penguasaan disiplin dalam penelitian. Ia memiliki aplikasi yang lebih luas, dengan itu juga digunakan untuk menjelaskan orang-orang yang telah pekerjaan penelitian sebelum massa terorganisir pendidikan tinggi.

Akademik administrator tidak biasanya ini termasuk dalam penggunaan istilah akademis, walaupun banyak administrator terus maju dan mengejar gelar penelitian ilmiah dan menulis sementara mereka juga cenderung tugas administrasi.

Beberapa sociologists telah dibagi, tetapi tidak terbatas, akademisi menurut empat jenis dasar sejarah: kuno akademisi, awal akademisi, masyarakat akademik, dan modern universitas. Setidaknya ada dua model akademisi: model yang dikembangkan di Eropa sejak kuno kali, serta model yang dikembangkan oleh Amerika Benjamin Franklin di pertengahan abad kedelapan belas dan Thomas Jefferson pada awal abad kesembilan belas. Di Amerika Serikat, akademisi cenderung bersandar politik kiri dengan 72 persen dari dosen mengidentifikasi sebagai liberal (87 persen di lembaga elit).

Struktur

Akademisi biasanya kepentingannya sebagai dibagi ke dalam disiplin atau bidang studi. Ini yang berakar pada mata pelajaran kuno trivium dan quadrivium, model yang diberikan untuk sekolah pemikiran di abad pertama di universitas Eropa.

Disiplin yang telah banyak direvisi, dan banyak disiplin baru telah dibentuk sejak abad kali; secara umum, bidang akademik mungkin telah menjadi lebih dan lebih khusus karena pencerahan, membagi mereka penelitian ke daerah-daerah yang lebih kecil dan lebih kecil. Karenanya, antar penelitian sering paling berharga di hari ini akademi, walaupun dapat juga dilakukan oleh sulit praktis hal administrasi dan pendanaan. Bahkan, banyak bidang studi telah dilakukan pada awalnya sebagai antar, dan kemudian menjadi disiplin khusus dalam sendiri (kognitif ilmu baru adalah salah satu contoh). Singkatnya, terdapat sebuah berterusan sejarah di balik proses internal perbedaan dari akademi.

Kebanyakan lembaga pendidikan bagi mencerminkan dari disiplin dalam struktur administrasi, yang dibagi ke dalam internal departemen atau program dalam berbagai bidang studi. Setiap departemen biasanya didanai dan dikelola secara terpisah oleh lembaga akademis, walaupun mungkin ada beberapa tumpang tindih dan dosen, penelitian dan tenaga administrasi Mei dalam beberapa kasus dipergunakan bersama antar departemen. Selain itu, lembaga pendidikan umumnya memiliki keseluruhan struktur administrasi (biasanya termasuk presiden dan beberapa dekan) yang tidak dikontrol oleh satu departemen, disiplin, atau lapangan berpikir. Juga, keperluan sistem, komponen utama pekerjaan dan penelitian akademik, bertindak untuk memastikan bahwa akademisi relatif dilindungi dari tekanan politik dan keuangan di pikiran.
-->


== Referensi ==
== Referensi ==
Baris 27: Baris 12:


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==
* [[Akademi di Indonesia]]
* [[Akademisi]]
* [[Politeknik]]
* [[Akademi kepolisian]]
* [[Sekolah tinggi]]
* [[Akademi militer]]
* [[Institut]]
* [[Universitas]]



{{pendidikan-stub}}
{{pendidikan-stub}}


[[Kategori:Pendidikan tinggi]]
[[Kategori:Akademia]]
[[Kategori:Jenis sekolah]]


[[ar:أكاديمية]]
[[az:Akademiya]]
[[ca:Acadèmia]]
[[da:Akademi]]
[[de:Akademie]]
[[en:Academy]]
[[et:Akadeemia]]
[[es:Academia]]
[[eo:Akademio]]
[[fa:فرهنگستان]]
[[fr:Académie]]
[[hi:अकादमी]]
[[io:Akademio]]
[[ia:Academia]]
[[it:Accademia]]
[[he:אקדמיה]]
[[ka:აკადემია]]
[[lad:Akademia]]
[[ml:അക്കാദമി]]
[[ms:Akademi]]
[[ms:Akademi]]
[[nl:Academie]]
[[ja:アカデミー]]
[[no:Akademi]]
[[pl:Akademia (uczelnia)]]
[[pt:Academia]]
[[ro:Academie]]
[[ru:Академия]]
[[sq:Akademia]]
[[sr:Академија]]
[[fi:Akatemia]]
[[sv:Akademi]]
[[tr:Akademi]]
[[uk:Академія]]
[[ur:اکیڈیمی]]
[[zh:学园]]

Revisi per 9 September 2011 13.45

Akademi (bahasa Yunani: Ἀκαδημία) adalah suatu institusi pendidikan tinggi, penelitian, atau keanggotaan kehormatan. Nama ini berasal dari sekolah filsafat Plato yang didirikan pada sekitar tahun 385 SM di Akademia, sebuah tempat suci Athena, dewi kebijaksanaan dan kemampuan, di sebelah utara Athena, Yunani.

Mazhab Athena, dilukis fresko oleh Raffaello Sanzio (1509–1510).

Di dunia barat, akademia adalah istilah yang umum digunakan untuk institusi pendidikan tinggi secara kolektif.

Penggunaan istilah akademi saat ini

Jenis sekolah di Indonesia

Di Indonesia, akademi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu.

Referensi

Lihat pula