Man Down: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Amirobot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: tr:Man Down
EmausBot (bicara | kontrib)
k r2.6.4) (bot Menambah: nl:Man Down
Baris 101: Baris 101:
[[he:Man Down]]
[[he:Man Down]]
[[it:Man Down]]
[[it:Man Down]]
[[nl:Man Down]]
[[pl:Man Down]]
[[pl:Man Down]]
[[pt:Man Down]]
[[pt:Man Down]]

Revisi per 7 Agustus 2011 21.34

"Man Down"
Lagu oleh Rihanna
dari album Loud
Dirilis3 Mei 2011 (2011-05-03)
Direkam2010
GenreReggae[1]
Durasi4:27
LabelDef Jam
PenciptaShama Joseph, Timothy & Theron Thomas, Shontelle Layne
ProduserSham

"Man Down" lagu dari artis penyanyi R&B asal Barbados yaitu Rihanna, diambil dari studio album kelimanya yang bertajuk Loud (2010). Ditulis oleh Shama Joseph, Timothy & Theron Thomas dan Shontelle Layne dan diproduseri oleh Sham, lagu ini akan masuk di radio-radio ritmik US pada 3 Mei 2011, sebagai single kelima dari albumnya.

Lagu ini mendapatkan kritikan yang positif, sebut saja Rihanna seperti kembali pada album pertama dan keduanya Music of the Sun dan A Girl like Me yang beriringan musik Karibiannya seperti jenis musik reggae pada lagu ini. Walaupun lagu ini belum dirilis secara resmi, namun lagu ini sudah mencapai tangga lagu Amerika Billboard yang mencapai posisi tujuhpuluh dua kategori Hot R&B/Hip-Hop Songs.

Video Musik

Seperti film horor, Rihanna menjadi gadis yang diperkosa dan membunuh untuk membalaskan dendam untuk video klip lagunya yang berjudul Man Down. Dalam video ini, Rihanna memerankan seorang gadis lugu yang bebas dan ceria, penuh dengan semangat, cinta dan kebahagiaan. Namun, momen tak diharapkan ini terjadi dan merubah seluruh hidupnya. Rihanna diperkosa oleh seorang pria yang ditemuinya di sebuah pesta. Setelah kejadian ini, Rihanna pun menjadi pembunuh berdarah dingin yang ingin membalaskan dendamnya.

"Anthony Mandler sebagai sutradara video klip ini menyatakan:"

Yang istimewa bagi Rihanna adalah lokasi syuting video klip ini yang dilaksanakan di Jamaika. Man Down adalah lagu beraliran reggae yang tak bisa dibuatkan video klip di tempat lainnya, tidak ada yang bisa memperlihatkan keaslian selain Jamaika.[2]

Kontroversi

Dalam penampilannya di video klip "Man Down" ini mendapat kritik pedas lagi dari yayasan orang tua pemirsa TV. Setelah perilisan video klip Man Down di stasiun TV kabel, BET, pada Selasa 31 Mei 2011, perkumpulan para orang tua (PTC - Parents Television Council) pun langsung mengkritiknya karena adegan pembunuhan pria yang diceritakan memperkosa Rihanna.

Rihanna pun menyatakan lewat akun Twitternya bahwa pesan yang ingin disampaikannya adalah agar para gadis muda selalu menjaga diri dan waspada pada pria-pria predator. Namun PTC menganggap Rihanna menjadi contoh buruk dengan menampilkan pembunuhan berencana yang dilakukan dengan darah dingin dan dianggap tak melanggar hukum. Para pemrotes pun meminta agar video ini dihentikan penayangannya.

"Perwakilan PTC mengungkapkan:"

Ini adalah kali kedua Rihanna dikritik PTC. Yang pertama adalah penampilannya bersama Britney Spears di ajang Billboard Music Awards yang dianggap terlalu seronok.[3]

"Dalam akun twitternya, Rihanna membalas kritikan tersebut."

Tangga lagu

Chart (2011) Puncak
posisi
Brazil (Billboard Brasil)[5] 100
UK R&B (The Official Charts Company)[6] 31
UK Singles Chart (The Official Charts Company)[7] 117
US Billboard Hot 100 94
US Hot R&B/Hip-Hop Songs (Billboard)[8] 34

Tangal radio

Negara Tanggal Format
United States[9][10] 3 Mei 2011 Ritmik, Urban

Referensi

  1. ^ "Rihanna, 'Man Down' -- New Song". AOL Music. 2011-04-25. Diakses tanggal 2011-04-26. 
  2. ^ Rihanna Diperkosa dan Jadi Pembunuh
  3. ^ Duh, Rihanna Dikritik Yayasan Orang Tua Lagi!
  4. ^ Rihanna Serang Balik Yayasan Orang Tua
  5. ^ "Brasil Hot 100 Airplay". Billboard Brasil (Brasil: bpp) (2): 100. May 2011. ISSN 977-217605400-2
  6. ^ "UK R&B Singles Chart". 
  7. ^ "UK R&B Singles Chart". 
  8. ^ Man Down Charts
  9. ^ "Top 40 Rhythmic Future Releases". All Access Music Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2011. Diakses tanggal April 27, 2011. 
  10. ^ "Urban/UAC Future Releases". All Access Music Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 4, 2011. Diakses tanggal May 4, 2011.