Metropolis (film tahun 1927): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
TjBot (bicara | kontrib)
k :-{{spoiler}} ; sesuai diskusi usulan
EmausBot (bicara | kontrib)
k r2.6.4) (bot Menambah: sk:Metropolis (film z roku 1927)
Baris 62: Baris 62:
[[ru:Метрополис (фильм, 1927)]]
[[ru:Метрополис (фильм, 1927)]]
[[simple:Metropolis (movie)]]
[[simple:Metropolis (movie)]]
[[sk:Metropolis (film z roku 1927)]]
[[sl:Metropolis (film)]]
[[sl:Metropolis (film)]]
[[sr:Метрополис (филм)]]
[[sr:Метрополис (филм)]]

Revisi per 14 Juli 2011 23.38

Metropolis
Berkas:Metropolis poster.jpeg
Poster film Metropolis
SutradaraFritz Lang
ProduserErich Pommer
Ditulis olehFritz Lang,
Thea von Harbou
PemeranBrigitte Helm,
Gustav Fröhlich
DistributorUniversum Film AG
Tanggal rilis
10 Januari 1927
Durasi210 menit (versi perdana)
123 menit (versi restorasi 2002)
Anggaran7.000.000 Marks
IMDbInformasi di IMDb

Metropolis adalah sebuah film fiksi ilmiah Jerman yang dirilis pada tahun 1927. Sutradaranya adalah Fritz Lang dan skenarionya ditulis Lang bersama istrinya, Thea von Harbou.

Metropolis adalah sebuah film hitam putih dan merupakan film bisu termahal pada masanya.

Sinopsis

Film ini mengambil setting di masa datang, tepatnya tahun 2026 dan mengangkat topik mengenai perbedaan keadaan hidup antara warga yang kaya dengan warga miskin, para buruh. Fredersen, seorang pengusaha kaya, mencoba memancing terjadinya pemberontakan oleh para buruh agar mendapatkan alasan untuk memberikan pelajaran kepada para buruh yang memang tidak berpuas hati dengannya.

Dengan bantuan Rotwang, seorang ilmuwan, sebuah robot bernama Maria (Brigitte Helm) dibuat. Maria ini sengaja dibuat mirip dengan seorang wanita manusia yang mencoba menghentikan terjadinya pemberontakan yang juga bernama Maria. Menurut Maria, para buruh harus menunggu seorang "Mediator" yang akan menyatukan kedua kelompok tersebut. Maria asli sendiri didukung oleh anak Fredersen, Freder. Sang robot berhasil memicu pemberontakan besar. Para buruh dibuat menghancurkan pembangkit tenaga listrik di kota, yang ternyata mengakibatkan kota bawah tanah yang dihuni para buruh terserang banjir.

Menyadari tindakan mereka, para buruh menuju ke kota dan membakar sang robot. Freder yang melihat hal ini mengira Maria yang dibakar adalah Maria yang asli, namun sadar bahwa ia salah saat melihat Maria yang asli sedang dikejar-kejar oleh Rotwang di sekitar katedral kota. Di bagian puncak film, Freder berkelahi dengan Rotwang di atap katedral dan perkelahian tersebut berakhir dengan kematian Rotwang.

Di akhir film, Freder dan Maria berhasil menyatukan pemimpin kedua kelompok, Joh dan Grot, sehingga menjadi para "Mediator" yang dimaksud sebelumnya.

Pranala luar