Rhodobacter sphaeroides: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
19Adelheid (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi ''''''Rhodobacter sphaeroides''''' atau bakteri ungu adalah salah satu bakteri yang dapat berfotosintesis. Pigmen yang berperan menangkap cahaya untuk fotosintesis adalah ...'
 
19Adelheid (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{italic title}}
'''''Rhodobacter sphaeroides''''' atau bakteri ungu adalah salah satu bakteri yang dapat berfotosintesis. Pigmen yang berperan menangkap cahaya untuk fotosintesis adalah bakterioklorofil yang berada pada membran fotosintesis. Bakteri ini memiliki sistem membran yang terbentuk akibat invaginasi membran sitoplasma.
{{Taxobox
| type=bacteria
| nama = ''Rhodobacter sphaeroides''
| regnum = [[Bacteria]]
| filum = [[Proteobacteria]]
| kelas = [[Alphaproteobacteria]]
| bangsa = [[Rhodobacterales]]
| keluarga = [[Rhodobacteraceae]]
| genus = '''''[[Rhodobacter]]'''''
| genus_authority = (van Niel 1944) Imhoff et al.
| datum = 1984
}}


'''''Rhodobacter sphaeroides''''' atau '''bakteri ungu''' adalah salah satu bakteri yang dapat berfotosintesis. [[Pigmen]] yang berperan menangkap [[cahaya]] untuk fotosintesis adalah [[bakterioklorofil]] yang berada pada membran fotosintesis. Bakteri ini memiliki sistem membran yang terbentuk akibat invaginasi membran [[sitoplasma]].
''Rhodobacter sphaeroides'' dapat hidup pada kondisi aerob maupun anaerob, dapat melakukan fotosintesis maupun fermentasi. Bakteri ini juga dapat melakukan fiksasi nitrogen dan karbondioksida serta sintesis tetrapiroles, klorofil, heme, dan vitamin B12.
''Rhodobacter sphaeroides'' diisolasi pada danau dan perairan tenang <ref name="a">[http://mmg.uth.tmc.edu/sphaeroides/introduction/introduction.html De Universiteit van Texas over ''Rhodobacter sphaeroides'']</ref>. Bakteri ini dapat hidup pada kondisi [[aerob]] maupun [[anaerob]], dapat melakukan fotosintesis maupun [[fermentasi]]. Bakteri ini juga dapat melakukan fiksasi [[nitrogen]] dan [[karbondioksida]] serta sintesis tetrapiroles, [[klorofil]], [[heme]], dan [[vitamin B12]].


''Rhodobacter sphaeroides'' merupakan kelompok proteobakteria subdivisi alfa. Kelompok ini merupakan kelompok bakteri dengan keragaman metabolisme yang paling tinggi, sehingga dapat tumbuh pada berbagai variasi kondisi pertumbuhan. Medium pertumbuhan yang digunakan untuk mengkulturkan bakteri ini biasanya adalah medium minimal Sistrom's dan cairan luria (LB). Medium minimal Sistrom's digunakan dalam setiap keperluan pertumbuhan bakteri ini, sedangkan cairan luria untuk persiapan isolasi DNA. Pada medium cair maupun padat, bakteri ini ditumbuhkan pada suhu 28-30°C selama 3-4 hari.
''Rhodobacter sphaeroides'' merupakan kelompok [[proteobakteria]] subdivisi alfa. Kelompok ini merupakan kelompok bakteri dengan keragaman metabolisme yang paling tinggi, sehingga dapat tumbuh pada berbagai variasi kondisi pertumbuhan. Medium pertumbuhan yang digunakan untuk mengkulturkan bakteri ini biasanya adalah medium minimal Sistrom's dan cairan luria (LB). Medium minimal Sistrom's digunakan dalam setiap keperluan pertumbuhan bakteri ini, sedangkan cairan luria untuk persiapan [[isolasi DNA]]. Pada medium cair maupun padat, bakteri ini ditumbuhkan pada suhu 28-30°C selama 3-4 hari.


Bakteri yang memiliki koloni berwarna ungu ini memiliki kemampuan mendetoksifikasi sejumlah logam sehingga banyak dimanfaatkan untuk bioremediasi. Galur ini merupakan yang pertama kali ditemukan sebagai bakteri yang hidup bebas dengan aktifitas quorum sensing.
Bakteri yang memiliki koloni berwarna ungu ini memiliki kemampuan mendetoksifikasi sejumlah logam sehingga banyak dimanfaatkan untuk [[bioremediasi]]. Galur ini merupakan yang pertama kali ditemukan sebagai bakteri yang hidup bebas dengan aktifitas [[''quorum sensing'']].


==Fotosintesis==
==Fotosintesis==
Pada saat kondisi oksigen rendah, bakteri ungu menginduksi diferensiasi intraseluler sehingga terbentuk membran intrasitoplasma. Dengan demikian terjadi fotosintesis yang merupakan konversi energi cahaya menjadi energi kimia.
Pada saat kondisi oksigen rendah, bakteri ungu menginduksi diferensiasi intraseluler sehingga terbentuk membran intrasitoplasma. Dengan demikian terjadi [[fotosintesis]] yang merupakan konversi energi cahaya menjadi energi [[kimia]].


Galur ini memiliki genom yang terdiri atas dua kromosom sirkuler yaitu kromosom I yan berukuran sekitar 3 Mbp dan kromosom II yang berukuran sekitar 0.9 Mbp, serta lima replikon lainnya.
Galur ini memiliki [[genom]] yang terdiri atas dua [[kromosom]] sirkuler yaitu kromosom I yan berukuran sekitar 3 Mbp dan kromosom II yang berukuran sekitar 0.9 Mbp, serta lima replikon lainnya.<ref name="b">Mackenzie, C. et al. Multiple Chromosome in Bacteria: The Yin and Yang of trp Gene Localization in Rhodobacter sphaeroides 2.4.1. Genetics 1999 October; 153(2): 525-538</ref>
Gen fotosintetik tersusun dalam kluster gen fotosintetik yang membentuk superoperon yang mengkodekan biosintesis bakterioklorofil, biosintesis karoten, polipeptida L, M, dan H yang mengikat pusat reaksi, serta kompleks pemanen cahaya.
Gen fotosintetik tersusun dalam kluster gen fotosintetik yang membentuk superoperon yang mengkodekan [[biosintesis]] bakterioklorofil, biosintesis karoten, polipeptida L, M, dan H yang mengikat pusat reaksi, serta kompleks pemanen cahaya.


Struktur fotosintetik bakteri ungu terdiri dari pusat reaksi, pemanen cahaya, sitokrom bc1, dan kompleks Adenosin trifosfatase (ATPase). Dalam membran fotosintetik, bakterioklorofil berasosiasi dengan protein membentuk kompleks antara 50-300 molekul. Hanya sebagian kecil yang berfungsi mengkonversi energi cahaya menjadi Adenosin trifosfat (ATP), yaitu pusat reaksi. Pusat reaksi ini dikelilingi oleh antena klorofil yang berfungsi memanen cahaya dan meneruskannya ke pusat reaksi. Pusat reaksi terdiri atas tiga polipeptida subunit L,M, dan H yang berfungsi mengikat kompleks pusat reaksi. Kompleks pusat reaksi terdiri dari empat buah bakterioklorofil, bakteriofeofitin, beberapa kuinon, dan karotenoid.
Struktur fotosintetik bakteri ungu terdiri dari pusat reaksi, pemanen cahaya, sitokrom bc1, dan kompleks [[Adenosin trifosfatase]] (ATPase). Dalam membran fotosintetik, bakterioklorofil berasosiasi dengan [[protein]] membentuk kompleks antara 50-300 molekul. Hanya sebagian kecil yang berfungsi mengkonversi energi cahaya menjadi [[Adenosin trifosfat]] (ATP), yaitu pusat reaksi. Pusat reaksi ini dikelilingi oleh antena klorofil yang berfungsi memanen cahaya dan meneruskannya ke pusat reaksi. Pusat reaksi terdiri atas tiga [[polipeptida]] subunit L,M, dan H yang berfungsi mengikat kompleks pusat reaksi. Kompleks pusat reaksi terdiri dari empat buah bakterioklorofil, bakteriofeofitin, beberapa [[kuinon]], dan [[karotenoid]].


Sintesis ATP selama aliran elektron fotosintesis terjadi karena adanya daya dorong proton sebagai akibat aliran elektron dan aktivitas ATPase. Aliran elektron yang membentuk ATP ini berbentuk sirkuler, sehingga disebut fosforilasi siklik.
Sintesis ATP selama aliran elektron fotosintesis terjadi karena adanya daya dorong proton sebagai akibat aliran elektron dan aktivitas ATPase. Aliran elektron yang membentuk ATP ini berbentuk sirkuler, sehingga disebut [[fosforilasi]] siklik.

==Referensi==
{{reflist}}

[[Kategori:Bakteri]]
[[Kategori:Mikrobiologi]]

[[en:Rhodobacter sphaeroides]]
[[nl:Rhodobacter sphaeroides]]

Revisi per 29 Juni 2011 06.28

Rhodobacter sphaeroides
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Genus:
(van Niel 1944) Imhoff et al.

Rhodobacter sphaeroides atau bakteri ungu adalah salah satu bakteri yang dapat berfotosintesis. Pigmen yang berperan menangkap cahaya untuk fotosintesis adalah bakterioklorofil yang berada pada membran fotosintesis. Bakteri ini memiliki sistem membran yang terbentuk akibat invaginasi membran sitoplasma. Rhodobacter sphaeroides diisolasi pada danau dan perairan tenang [1]. Bakteri ini dapat hidup pada kondisi aerob maupun anaerob, dapat melakukan fotosintesis maupun fermentasi. Bakteri ini juga dapat melakukan fiksasi nitrogen dan karbondioksida serta sintesis tetrapiroles, klorofil, heme, dan vitamin B12.

Rhodobacter sphaeroides merupakan kelompok proteobakteria subdivisi alfa. Kelompok ini merupakan kelompok bakteri dengan keragaman metabolisme yang paling tinggi, sehingga dapat tumbuh pada berbagai variasi kondisi pertumbuhan. Medium pertumbuhan yang digunakan untuk mengkulturkan bakteri ini biasanya adalah medium minimal Sistrom's dan cairan luria (LB). Medium minimal Sistrom's digunakan dalam setiap keperluan pertumbuhan bakteri ini, sedangkan cairan luria untuk persiapan isolasi DNA. Pada medium cair maupun padat, bakteri ini ditumbuhkan pada suhu 28-30°C selama 3-4 hari.

Bakteri yang memiliki koloni berwarna ungu ini memiliki kemampuan mendetoksifikasi sejumlah logam sehingga banyak dimanfaatkan untuk bioremediasi. Galur ini merupakan yang pertama kali ditemukan sebagai bakteri yang hidup bebas dengan aktifitas ''quorum sensing''.

Fotosintesis

Pada saat kondisi oksigen rendah, bakteri ungu menginduksi diferensiasi intraseluler sehingga terbentuk membran intrasitoplasma. Dengan demikian terjadi fotosintesis yang merupakan konversi energi cahaya menjadi energi kimia.

Galur ini memiliki genom yang terdiri atas dua kromosom sirkuler yaitu kromosom I yan berukuran sekitar 3 Mbp dan kromosom II yang berukuran sekitar 0.9 Mbp, serta lima replikon lainnya.[2] Gen fotosintetik tersusun dalam kluster gen fotosintetik yang membentuk superoperon yang mengkodekan biosintesis bakterioklorofil, biosintesis karoten, polipeptida L, M, dan H yang mengikat pusat reaksi, serta kompleks pemanen cahaya.

Struktur fotosintetik bakteri ungu terdiri dari pusat reaksi, pemanen cahaya, sitokrom bc1, dan kompleks Adenosin trifosfatase (ATPase). Dalam membran fotosintetik, bakterioklorofil berasosiasi dengan protein membentuk kompleks antara 50-300 molekul. Hanya sebagian kecil yang berfungsi mengkonversi energi cahaya menjadi Adenosin trifosfat (ATP), yaitu pusat reaksi. Pusat reaksi ini dikelilingi oleh antena klorofil yang berfungsi memanen cahaya dan meneruskannya ke pusat reaksi. Pusat reaksi terdiri atas tiga polipeptida subunit L,M, dan H yang berfungsi mengikat kompleks pusat reaksi. Kompleks pusat reaksi terdiri dari empat buah bakterioklorofil, bakteriofeofitin, beberapa kuinon, dan karotenoid.

Sintesis ATP selama aliran elektron fotosintesis terjadi karena adanya daya dorong proton sebagai akibat aliran elektron dan aktivitas ATPase. Aliran elektron yang membentuk ATP ini berbentuk sirkuler, sehingga disebut fosforilasi siklik.

Referensi

  1. ^ De Universiteit van Texas over Rhodobacter sphaeroides
  2. ^ Mackenzie, C. et al. Multiple Chromosome in Bacteria: The Yin and Yang of trp Gene Localization in Rhodobacter sphaeroides 2.4.1. Genetics 1999 October; 153(2): 525-538