Khthonik: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Alagos (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Alagos (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
Dalam [[mitologi Yunani]], '''Khthonik''' (dari [[bahasa Yunani]] ''χθόνιος'' – ''chthonios'', "di bawah, atau di dalam bumi", dari kata ''χθών'' – ''chthōn'' "bumi";<ref>[http://www.perseus.tufts.edu/cgi-bin/ptext?doc=Perseus%3Atext%3A1999.04.0057%3Aentry%3D%23113957 Chthonios], Henry George Liddell, Robert Scott, ''A Greek–English Lexicon'', di Perseus.</ref> berkenaan dengan Bumi, kebumian, subterania) bermakna memiliki kaitan dengan [[Dunia bawah]], misalnya dewa khthonik berarti [[dewa dunia bawah]].
Dalam [[mitologi Yunani]], '''Khthonik''' (dari [[bahasa Yunani]] ''χθόνιος'' – ''chthonios'', "di bawah, atau di dalam bumi", dari kata ''χθών'' – ''chthōn'' "bumi";<ref>[http://www.perseus.tufts.edu/cgi-bin/ptext?doc=Perseus%3Atext%3A1999.04.0057%3Aentry%3D%23113957 Chthonios], Henry George Liddell, Robert Scott, ''A Greek–English Lexicon'', di Perseus.</ref> berkenaan dengan Bumi, kebumian, subterania) bermakna memiliki kaitan dengan [[Dunia bawah]], misalnya dewa khthonik berarti [[Dewa dunia bawah Yunani|dewa dunia bawah]].


Dalam bahasa Yunani, ''khthon'' adalahs alah satu kata yang bermakna "bumi". Namun khthon biasanya merujuk pada bagian dalam bumi, dan bukan permukaan tanah tempat manusia hidup ([[Gaia]]), juga bukan tanah sebagai wilayah (''khora'').
Dalam bahasa Yunani, ''khthon'' adalah salah satu kata yang bermakna "bumi", namun khthon biasanya merujuk pada bagian dalam bumi, dan bukan permukaan tanah tempat manusia hidup ([[Gaia]]), juga bukan tanah sebagai wilayah (''khora'').


== Caatan kaki ==
== Caatan kaki ==
{{reflist}}
{{reflist}}

[[Kategori:Mitologi Yunani]]

[[af:Chtoniese gode]]
[[ast:Dioses ctónicos]]
[[bg:Хтонични божества]]
[[ca:Ctònic]]
[[de:Chthonische Götter]]
[[el:Χθόνιοι θεοί]]
[[es:Ctónico]]
[[fr:Divinités grecques chthoniennes]]
[[it:Divinità ctonie]]
[[he:אלים כתוניים]]
[[lt:Chtoninės dievybės]]
[[nl:Chtonische goden]]
[[no:Ktoniske guder]]
[[pl:Bóstwa chtoniczne]]
[[pt:Ctónico]]
[[ro:Htonic]]
[[ru:Хтонические божества]]
[[fi:Ktooniset jumalat]]
[[sv:Ktoniska gudar]]
[[tr:Kitonik]]
[[uk:Хтонічні божества]]
[[zh:克托尼俄斯]]

Revisi per 17 Juni 2011 13.54

Dalam mitologi Yunani, Khthonik (dari bahasa Yunani χθόνιοςchthonios, "di bawah, atau di dalam bumi", dari kata χθώνchthōn "bumi";[1] berkenaan dengan Bumi, kebumian, subterania) bermakna memiliki kaitan dengan Dunia bawah, misalnya dewa khthonik berarti dewa dunia bawah.

Dalam bahasa Yunani, khthon adalah salah satu kata yang bermakna "bumi", namun khthon biasanya merujuk pada bagian dalam bumi, dan bukan permukaan tanah tempat manusia hidup (Gaia), juga bukan tanah sebagai wilayah (khora).

Caatan kaki

  1. ^ Chthonios, Henry George Liddell, Robert Scott, A Greek–English Lexicon, di Perseus.