Salma Hayek: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Aldo samulo (bicara | kontrib)
←Membatalkan revisi 4155916 oleh 116.71.5.100 (Bicara)
ZéroBot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: be:Сальма Хаек
Baris 99: Baris 99:


[[ar:سلمى حايك]]
[[ar:سلمى حايك]]
[[be:Сальма Хаек]]
[[bg:Салма Хайек]]
[[bg:Салма Хайек]]
[[bn:সালমা হায়েক]]
[[bn:সালমা হায়েক]]

Revisi per 3 Juni 2011 21.24

Salma Hayek
Cannes 2005
LahirSalma Valgarma Hayek Jiménez
PekerjaanPemeran/Produser film
Tahun aktif1988–sekarang
Suami/istriFrançois-Henri Pinault (2009 - sekarang)

Salma Hayek Jiménez (lahir 2 September 1966) adalah seorang pemeran Meksiko. Hayek adalah aktris Amerika Latin yang paling sukses di Hollywood sejak Carmen Miranda, dan ia telah muncul dalam lebih dari 30 film, pernah dicalonkan untuk mendapatkan penghargaan Oscar, dan boleh dikatakan sebagai bintang Meksiko terpenting di Hollywood sekarang.

Biografi

Masa muda dan karier di Meksiko

Hayek dilahirkan di Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko dari seorang ayah Lebanon dan ibu Meksiko keturunan Spanyol.[1] Ia dibesarkan di lingkungan keluarga Katolik yang kaya dan saleh, dikirim untuk belajar di Akademi Hati Kudus, Grand Coteau Louisiana, pada usia 12 tahun. Ia juga seorang atlet senam yang sukses, dan berharap untuk suatu kali ikut bertanding di Olimpiade.

Setelah keluar dari sekolah itu karena konon masalah perilakunya dengan para biarawati yang mengelola sekolah itu, Hayek kembali ke Meksiko selama beberapa waktu, namun kemudian ia kembali dikirim ke Houston, Texas, untuk tinggal bersama bibinya, hingga ia berusia 17 tahun. Kemudian ia pindah kembali ke Mexico City untuk kuliah, dan ia mengambil studi Hubungan Internasional. Ia kemudian memutuskan untuk putus kuliah – hingga membuat keluarga kecewa – dan mengembangkan kariernya sebagai seorang aktris.[2]

Pada usia 23 tahun, Hayek memperoleh peranan dalam Teresa (1989), sebuah telenovela Meksiko yang sukses, yang memberikan kepadanya status sebagai bintang di negeri kelahirannya. Kemudian, pada 1994, Hayek berperan dalam El Callejón de los Milagros, yang memperoleh penghargaan jauh lebih banyak daripada film manapun dalam sejarah film Meksiko.

Karier di Hollywood

Meskipun bahasa Inggrisnya tidak begitu fasih, Hayek pindah ke Los Angeles, California, pada 1991 untuk belajar seni peran dengan harapan untuk memulai kariernya di Hollywood. Robert Rodriguez dan istrinya, seorang produser film, Elizabeth Avellan segera memberikan Hayek apa yang diharapkannya, berperan sebagai lawan main Antonio Banderas dalam film Desperado. (1995). Film ini membuat Hollywood mengarahkan perhatiannya kepada Hayek, karena para penonton film, seperti halnya juga dengan Rodriguez, ternyata terpesona akan peran yang dibawakan Hayek.

Hayek melanjutkan suksesnya dalam Desperado dengan sebuah peranan singkat namun tidak terlupakan dalam From Dusk Till Dawn. Pada 1999 ia ikut membintangi film Will Smith yang beranggaran besar Wild Wild West dan memainkan peranan pendukung dalam film Kevin Smith Dogma.

Frida, yang ikut diproduksi Hayek, diedarkan pada 2002. Hayek berperan sebagai Frida Kahlo, dan Alfred Molina sebagai suaminya yang tidak setia Diego Rivera. Film ini juga menampilkan serentetan bintang besar dalam peranan pendukung, termasuk Antonio Banderas, Ashley Judd, Geoffrey Rush, Edward Norton dan Valeria Golino, belum lagi penampilan telanjang Hayek yang paling banyak hingga saat ini. Penampilannya memenangkan nominasi Aktris Terbaik untuk Academy Award.

Pada 2003 ia mengulangi peranannya dari Desperado dengan tampil dalam film terakhir dari Trilogi Mariachi, Once Upon a Time in Mexico.

Pada Desember 2005 ia menyutradarai sebuah video musik untuk Prince, yang berjudul "Te Amo Corazon" ("Aku cinta padamu, sayangku").

Kehidupan pribadi

Hayek pernah berpacaran dengan rekan aktornya Edward Norton selama empat tahun, antara 1999 dan 2003, dabn kemudian dengan Josh Lucas dari 2003 hingga 2004. Tentang pernikahan Hayek pernah berkata, "Perempuan telah diajarkan bahwa untuk mendapatkan tempat di dunia, sebuah identitas, mereka harus menikah dan mempunyai anak. Bila itulah kehidupan yang sungguh-sungguh Anda harapkan, ya bagus. Tetapi bagi banyak perempuan, pernikahan hanyalah sekadar membutuhkan dunia untuk mengetahui bahwa ada orang yang cukup menginginkan mereka untuk megnatakan, ‘Inilah kontrak yang membuktikan bahwa aku mencintaimu dan akan terikat denganmu seumur hidupku.’ Bagi perempuan-perempuan ini, tidak ada kotnrak sama dengan tidak ada penghargaan – dan karena itu, tidak ada alasan untuk berada.” Saat ini Hayek sendirian dan mempunyai rumah di Los Angeles dan Meksiko.

Hayek kini fasih dalam bahasa Inggris, Spanyol, Arab, dan Portugis.

Filmografi

Film

Telenovela

Penampilan lain

Pranala luar