Mikroorganisme: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: la:Microrganismus
MastiBot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Membuang: la:Microrganismus
Baris 83: Baris 83:
[[ko:미생물]]
[[ko:미생물]]
[[ku:Hûrjînewer]]
[[ku:Hûrjînewer]]
[[la:Microrganismus]]
[[ln:Mikɔlɔ́bɛ]]
[[ln:Mikɔlɔ́bɛ]]
[[lt:Mikroorganizmai]]
[[lt:Mikroorganizmai]]

Revisi per 2 Juni 2011 22.27

Cawan agar yang ditumbuhi mikroorganisme yang diisolasi dari perairan dalam

Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan. [1] Mikroorganisme disebut juga organisme mikroskopik [1]. Mikroorganisme seringkali bersel tunggal (uniseluler) maupun bersel banyak (multiseluler) [1]. Namun, beberapa protista bersel tunggal masih terlihat oleh mata telanjang dan ada beberapa spesies multisel tidak terlihat mata telanjang.[butuh rujukan] Virus juga termasuk ke dalam mikroorganisme meskipun tidak bersifat seluler [1].


Ilmu yang mempelajari mikroorganisme disebut mikrobiologi [1]. Orang yang bekerja di bidang ini disebut mikrobiolog.[butuh rujukan]

Mikroorganisme biasanya dianggap mencakup semua prokariota, protista dan alga renik.[butuh rujukan] Fungi, terutama yang berukuran kecil dan tidak membentuk hifa, dapat pula dianggap sebagai bagiannya meskipun banyak yang tidak menyepakatinya.[butuh rujukan] Kebanyakan orang beranggapan bahwa yang dapat dianggap mikroorganisme adalah semua organisme sangat kecil yang dapat dibiakkan dalam cawan petri atau inkubator di dalam laboratorium dan mampu memperbanyak diri secara mitosis.[butuh rujukan]

Mikroorganisme berbeda dengan sel makrooganisme.[butuh rujukan] Sel makroorganisme tidak bisa hidup bebas di alam melainkan menjadi bagian dari struktur multiselular yang membentuk jaringan, organ, dan sistem organ.[butuh rujukan] Sementara itu, sebagian besar mikrooganisme dapat menjalankan proses kehidupan dengan mandiri, dapat menghasilkan energi sendiri, dan bereproduksi secara independen tanpa bantuan sel lain [1].

Referensi

  1. ^ a b c d e f Madigan, MT. Brock Biology of Microorganisms (edisi ke-Edisi ke-12). San Francisco: Pearson Benjamin Cummings. hlm. hlm. 2. ISBN 9780321536150. 

fjhghgtjgjhkgjhk,hkhyk khghgngj km,nhjgmgmj jvnvk

Lihat pula

Pranala luar