Karnivor: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Kevdave (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Puz-muz 050206 078 ed.jpg|thumb|Kucing kampung memangsa seekor tikus rumah (''Rattus rattus diardii'')]]
[[Berkas:Puz-muz 050206 078 ed.jpg|thumb|Kucing kampung memangsa seekor tikus rumah (''Rattus rattus diardii'')]]
'''Karnivora''' atau '''maging'''<ref>Istilah ini umum digunakan di Malaysia dan merupakan singkatan dari "pemakan daging"</ref> adalah hewan yang makanannya kebanyakan adalah daging, baik yang dimakan hidup-hidup atau berasal dari daging hewan yang sudah mati. Kata karnivora berasal dari [[bahasa Latin]] ''carne'' yang berarti [[daging]] dan ''vorare'' yang berarti "memakan"). Kata ini juga dapat digunakan untuk menyebut [[mamalia]] dalam ordo [[Carnivora]] yang pada umumnya sesuai dengan definisi pertama. Karnivora yang memakan [[serangga]] sebagai makanan utamanya disebut [[insektivora]], sedangkan karnivora yang memakan [[ikan]] sebagai makanan utamanya disebut [[piskivora]].
'''Satwaboga'''<ref name="satwaboga">[http://books.google.com/books?hl=id&id=hVo2ZDYbL6gC&q=antiseptic#v=snippet&q=satwaboga&f=false Kamus Lengkap Indonesia Inggris]. Diambil pada tanggal 1 Juni 2011.</ref>, '''karnivora''' atau '''maging'''<ref>Istilah ini umum digunakan di Malaysia dan merupakan singkatan dari "pemakan daging"</ref> adalah hewan yang makanannya kebanyakan adalah daging, baik yang dimakan hidup-hidup atau berasal dari daging hewan yang sudah mati. Kata karnivora berasal dari [[bahasa Latin]] ''carne'' yang berarti [[daging]] dan ''vorare'' yang berarti "memakan"). Kata ini juga dapat digunakan untuk menyebut [[mamalia]] dalam ordo [[Carnivora]] yang pada umumnya sesuai dengan definisi pertama. Satwaboga yang memakan [[serangga]] sebagai makanan utamanya disebut [[insektivora]], sedangkan satwaboga yang memakan [[ikan]] sebagai makanan utamanya disebut [[piskivora]].


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==
* [[Herbivora|Lataboga]] (Herbivora)
* [[herbivora]]
* [[Insektivora|Pemakan serangga]] (Insektivora)
* [[insektivora]]
* [[Omnivora|Sarwaboga]] (Omnivora)
* [[omnivora]]
* [[daftar genus karnivora]]
* [[Daftar genus karnivora|Daftar genus satwaboga]]


{{wikispecies|Carnivora}}
{{wikispecies|Carnivora}}

Revisi per 1 Juni 2011 09.28

Kucing kampung memangsa seekor tikus rumah (Rattus rattus diardii)

Satwaboga[1], karnivora atau maging[2] adalah hewan yang makanannya kebanyakan adalah daging, baik yang dimakan hidup-hidup atau berasal dari daging hewan yang sudah mati. Kata karnivora berasal dari bahasa Latin carne yang berarti daging dan vorare yang berarti "memakan"). Kata ini juga dapat digunakan untuk menyebut mamalia dalam ordo Carnivora yang pada umumnya sesuai dengan definisi pertama. Satwaboga yang memakan serangga sebagai makanan utamanya disebut insektivora, sedangkan satwaboga yang memakan ikan sebagai makanan utamanya disebut piskivora.

Lihat pula

Catatan kaki

  1. ^ Kamus Lengkap Indonesia Inggris. Diambil pada tanggal 1 Juni 2011.
  2. ^ Istilah ini umum digunakan di Malaysia dan merupakan singkatan dari "pemakan daging"