Klub Rotary: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: el:Διεθνές Ρόταρυ
Baris 4: Baris 4:


== Sejarah ==
== Sejarah ==
Rotary Club pertama didirikan pada [[1905]] di [[Chicago]] oleh Paul Harris. ''National Association of Rotary Clubs'' (Asosiasi Rotary Club Nasional) dibentuk pada [[1910]]. Namanya kemudian diganti menjadi ''Rotary International'' pada 1922 karena telah terbentuknya cabang-cabang di luar negeri. Kini ia telah menyebar ke 168 negara dan mempunyai lebih dari 1,2 juta anggota di sekitar 32.000 klub. Nama Rotary dipilih karena rapat klub aslinya dirotasikan di antara klub-klub yang menjadi anggota organisasi ini. Anggota dari sebuah klub bertemu setiap pekan untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam, yang selain menjadi saat mereka dapat menyusun tugas mereka untuk mencapai tujuan suatu kegiatan, juga merupakan sebuah even sosial.
Rotary Club pertama didirikan pada [[1905]] di [[Chicago]] oleh Paul Harris. ''National Association of Rotary Clubs'' (Asosiasi Rotary Club Nasional) dibentuk pada [[1910]]. Namanya kemudian diganti menjadi ''Rotary International'' pada 1922 karena telah terbentuknya cabang-cabang di luar negeri. Kini ia telah menyebar ke 168 negara dan mempunyai lebih dari 1,2 juta anggota di sekitar 32.000 klub. Menurut para anggota Rotary Club, nama Rotary dipilih karena rapat klub aslinya dirotasikan di antara klub-klub yang menjadi anggota organisasi ini. Tetapi hal tersebut benar-benar keliru karena Rotary mempunyai arti "pergantian" atau pengganti dari Freemasonry yang mulai kehilangan pengaruhnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat anggota dari Rotary Club saat Organisasi ini baru didirikan lebih dari 40% anggota aktifnya adalah seorang Freemason yang juga merupakan organisasi bawah tanah Yahudi.


[[Berkas:RotaractLogo.png|left|Logo Rotaract]]
[[Berkas:RotaractLogo.png|left|Logo Rotaract]]

Revisi per 27 Mei 2011 23.34

Logo Rotary International
Logo Rotary International

Rotary International atau biasanya dikenal sebagai Rotary Club adalah sebuah Club yang tersebar di seluruh dunia. Anggota Rotary Club dipanggil Rotarian dan adalah para pemimpin bisnis dan profesional yang memberikan jasa kemanusiaan, mendorong adanya standar etika yang tinggi dalam setiap kegiatan sukarela, dan membantu membangun kebersamaan dan kedamaian di dunia. Motto mereka adalah "Service above Self" (Mementingkan Kegiatan Saling Membantu daripada Kepentingan Diri Sendiri).

Sejarah

Rotary Club pertama didirikan pada 1905 di Chicago oleh Paul Harris. National Association of Rotary Clubs (Asosiasi Rotary Club Nasional) dibentuk pada 1910. Namanya kemudian diganti menjadi Rotary International pada 1922 karena telah terbentuknya cabang-cabang di luar negeri. Kini ia telah menyebar ke 168 negara dan mempunyai lebih dari 1,2 juta anggota di sekitar 32.000 klub. Menurut para anggota Rotary Club, nama Rotary dipilih karena rapat klub aslinya dirotasikan di antara klub-klub yang menjadi anggota organisasi ini. Tetapi hal tersebut benar-benar keliru karena Rotary mempunyai arti "pergantian" atau pengganti dari Freemasonry yang mulai kehilangan pengaruhnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat anggota dari Rotary Club saat Organisasi ini baru didirikan lebih dari 40% anggota aktifnya adalah seorang Freemason yang juga merupakan organisasi bawah tanah Yahudi.

Logo Rotaract
Logo Rotaract
Logo Interact
Logo Interact

Rotary tidak berpihak kepada pihak manapun dan merupakan organisasi tanpa sekretariat. Keanggotaanya biasanya lebih berpihak kepada orang-orang yang berusia menengah dan kaya, meski ia juga terbuka terhadap pemimpin bisnis dari segala umur dan kekayaan bukan merupakan syarat keanggotaan. Setelah perdebatan panjang, kaum wanita diperbolehkan untuk menjadi anggota pada 1989, dan kini membentuk hampir 12% dari organisasi ini. Sebelumnya, para wanita dapat menjadi anggota sebuah organisasi terkait untuk para istri dan putri para Rotarian, Inner Wheel. Banyak kelompok Inner Wheel masih eksis hingga kini. Organisasi Rotary Club lainnya termasuk: Rotaract, Interact, dan Rotary Community Corps.

Keanggotaan hanya terbatas melalui undangan dari seorang Rotarian, kepada para profesional yang bekerja dalam berbagai bidang. Setiap klub hanya mempunyai satu anggota yang mewakili satu bidang pekerjaan. Tujuan klub adalah untuk mempromosikan jasa kepada masyarakat tempat mereka bekerja, sekaligus kepada dunia. Banyak dari proyeknya yang disusun untuk komunitas lokal oleh sebuah klub namun ada juga yang disusun secara global.

Rotary merayakan perayaan 100 tahunnya pada 23 Februari 2005.

Program penting

  • Polio-Plus - membantu menghapuskan polio.
  • Rotary Youth Exchange - program pertukaran pelajar.
  • Ambassadorial Scholarships - program tertua Rotary Club, sebuah program beasiswa.

Rotary Club di Indonesia

Rotary Club pertama di Indonesia didirkan pada 1927 di Yogyakarta. Hingga 1941 telah ada 26 klub dengan 219 anggota. Kegiatan Rotary dihentikan pada masa Perang Dunia II dan dilanjutkan mulai 1946.

Hingga 1961 jumlah klub mencapai 17 dengan anggota sebesar 533 orang. Kegiatan klub kembali terhenti dari 1961-1970. Sejak saat itu, Distrik 3400 (sebagaimana Rotary Club Indonesia dikenal) telah berkembang hingga mempunyai 87 klub dan 1.850 anggota.

Referensi

Pranala luar