Wikipedia:Warung Kopi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Serenity (bicara | kontrib)
→‎thread baru: tambah peraturan + tanggapan
Kisti (bicara | kontrib)
Baris 555: Baris 555:


Bri.
Bri.
: kl buat recent updates, halaman terbaru dan daftar riwayat halaman, link ke rss feed ada di kotak peralatan yg sebelah kiri halaman ini (RSS & Atom) [[Pengguna:Kisti|kisti]] 12:04, 10 November 2006 (UTC)

Revisi per 10 November 2006 12.04

Warung Kopi - {{{1}}}   kirim topik baru
Galat: tidak ada pintasan yang ditentukan |msg= parameter tidak ditentukan.
Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Warung Kopi
Kebijakan
Kebijakan
Usulan
Usulan
Teknis
Teknis
Bahasa
Bahasa
Berita
Berita
Lain-lain
Lain-lain
Komunitas
Komunitas
Semua
Semua
Kembali ke atas
Kembali ke atas

Selamat Idul Fitri

Buat yang merayakan, selamat Idul Fitri, semoga Allah menerima amal ibadah kita. Mohon maaf lahir dan batin, minal aidin wal faizin dan semoga Ramadhan kali ini berbekas ke bulan-bulan selanjutnya. Salam Wiendietry Japri 09:48, 22 Oktober 2006 (UTC)

Sama2x Wien. •• ivanlanin •• 12:00, 22 Oktober 2006 (UTC)

oh iya, lebarannya kapan ya? besok apa selasa?

ntar malem MUI ngumumin, klo gw sih gak pusing, Besok ^^ Bloodseeker 12:32, 22 Oktober 2006 (UTC)
Muhammadiyah dan Arab Saudi besok, Pemerintah dan Nahdlatul Ulama lusa, gw jadi lusa deh :D Wiendietry Japri 16:12, 22 Oktober 2006 (UTC)

Pemungutan suara untuk Rintojiang

Helo para birokrat, pemungutan suara untuk Rintojiang sudah jatuh tempo tuh. •• ivanlanin •• 12:04, 22 Oktober 2006 (UTC)

lagi pada mudik kali :-)--Ricky Setiawan (kirim pesan) 12:24, 22 Oktober 2006 (UTC)

Sudah diset. Selamat untuk Rintojiang. borgx(kirim pesan) 14:11, 22 Oktober 2006 (UTC)

Usulan dua kebijakan

Walaupun agak panjang, tolong review dua proposal yang saya ajukan: Wikipedia:Biografi tokoh yang masih hidup dan Wikipedia:Bukan riset asli‎ yang masing-masing merupakan terjemahan dari en:Wikipedia:Biographies of living persons dan en:Wikipedia:No original research. Kedua proposal ini sangat penting untuk disepakati sebagai kebijakan atau pedoman Wikipedia karena bisa menghilangkan (atau paling tidak mengurangi) ketidakjelasan konsensus dalam topik-topik tersebut. Bantuan untuk mengoreksi artikelnya (isi maupun format) juga sangat ditunggu. Thx. •• ivanlanin •• 18:24, 22 Oktober 2006 (UTC)

Gw kasih komentar tapi kayanya udah telat ya :( Hariadhi 18:13, 5 November 2006 (UTC)

Yang Setuju SteephenSulaiman Harus Dipecat dari Kepengurusan Wikipedia Indonesia, Silakan Berikan Komentar Anda disini.

Saya yakin saya tidak sendirian :) – komentar tanpa tanda tangan oleh Maglev (bk) pada 23 Oktober 2006 05:43 UTC.

wew apa nih? kok tiba2?--Ricky Setiawan (kirim pesan) 01:48, 23 Oktober 2006 (UTC)
Kalau ini jadi sensus sih, jawaban saya: Tidak Setuju. Dan pastinya saya juga tidak sendirian hehe.. Kang Ricky, sebetulnya ga tiba-tiba juga, mosi ini pastinya secara khusus karena Pak Stephen sering menghapus artikel yang dianggap kurang ensiklopedik ^^ ~Leo bicara 02:36, 23 Oktober 2006 (UTC)

Duh gak ada matinye. Ini kan sudah pernah dibahas sebelumnya. borgx(kirim pesan) 02:47, 23 Oktober 2006 (UTC)

ya, maksud saya, kok tiba-tiba di bahas lagi :-)--Ricky Setiawan (kirim pesan) 03:59, 23 Oktober 2006 (UTC)

Sorry glev, gw ngga pernah dikecewakan dan ngga pernah merasa dia terlalu sewenang2. jadi, ke laut aja dengan idemu. buat om stephen, jg males kasih peringatan sebelum menghapus, biar 'barisan sakit hati' di wiki id berkurang. sejelek2nya kontributor, mereka bagian dari komunitas. Kembangraps 07:04, 23 Oktober 2006 (UTC)

mas stephen kok jarang bicara ya?--Ricky Setiawan (kirim pesan) 09:24, 23 Oktober 2006 (UTC)

Stephen, setidaknya tolong dicantumin alasan penghapusannya di ringkasan suntingan ketika dikau menghapus suatu artikel. Thanks :) borgx(kirim pesan) 09:28, 23 Oktober 2006 (UTC)

Halaman-halaman yang dihapus oleh stephen adalah halaman-halaman yang terlalu pendek dan dibuat oleh pengguna anonim yang sudah terlalu sering diperingati. Artikel tersebut selain terlalu pendek sehingga nyaris tak berguna, juga sangat kacau terjemahannya sehingga malah mengacaukan makna. Lihat juga konsensus ini. Saya bukan penganut deletionisme, sehingga kadang terus terang penghapusan ini membuat saya "kurang nyaman". Tapi jika dipikir dengan mendalam, mungkin memang perlu untuk orang-orang yang tidak mau memperbaiki diri (apa susahnya sih daftar, toh Anda sudah lama sekali berkontribusi di sini, 202.78.194.11?). Saya tidak tahu apakah maglev punya kasus di mana artikelnya dihapus oleh stephen, tapi saya percaya, apa yang dilakukan stephen adalah dengan itikat baik untuk menjaga kualitas Wikipedia bahasa Indonesia. Mungkin sebaiknya, berikan alasan penghapusan seperti yang dikatakan oleh borgx. •• ivanlanin •• 13:03, 24 Oktober 2006 (UTC)

Saya bukan yang termasuk setuju atau tidak setuju, abstain aja... Jika saya menyatakan setuju untuk dipecat itu terlalu subyektif kebetulan saya kena kasus dengan stephen, tapi bila saya nggak setuju... masalahnya dia terlihat kurang adil.. terkhusus kasus saya jadi saya abstain saja. Cuman...memang ada artikel saya yang sudah masuk kategori hapus... tapi baru dalam hitungan hari dan memang belum ada komentar untuk menyatakan perlunya artikel saya... anehnya... ada beberapa artikel sejenis... yang masuk kategori hapus... dah berbulan-bulan nggak dihapus.... Saya hanya minta penjelasan mas Stephen mengapa hal ini terjadi...? sudah cukupkah... sebuah artikel baru... hanya dalam hitungan hari dibaca oleh banyak orang, sehingga dapat memberikan pandangan yang cukup... apalagi... beberapa hari kemarin.. itu hari libur... dimana saya yakin... sedikit sekali pembaca dari indonesia dibanding hari biasanya...Ahmaddani 00:29, 30 Oktober 2006 (UTC)

Mengenai artikel yg masuk dalam kategori hapus, intinya menurut saya bukan masalah berapa lama "menunggu" sampai akhirnya dihapus. sebaiknya penulis artikel yg artikelnya masuk ke dalam kategori hapus, sesegera mungkin memberi penjelasan/pembelaan/alasan kenapa artikelnya itu sebaiknya tidak dihapus. nah seandainya tidak ada alasan kuat untuk "mempertahankan artikel" tersebut (apalagi penulisnya jg diam saja), dan teman2 lainnya jg sepakat untuk dihapus, menurut saya wajar aja kalau akhirnya dihapus. -- Ciko bicara 09:01, 30 Oktober 2006 (UTC)

Mohon maaf bila penjelasan saya berikut salah.. dan bila salah mohon dibetulkan. Mengapa saya tidak memberikan penjelasan kenapa artikel itu tidak dihapus? Dalam pandangan saya... komentar mengenai ketidaklayakan sebuah artikel untuk dihapus itu lebih ditujukan kepada khalayak umum, pembaca maksudnya, dan bukan penulis artikelnya. Mengapa? Agar pandangan ketidaklayakan untuk dihapus ini lebih obyektif... dan bukan subyektif dari si penulis saja... Nah untuk itu saya kira semua sepakat bahwa hal ini membutuhkan waktu yang cukup agar sudah cukup pembaca artikel tersebut... bila dalam beberapa hari, apalagi itu hari libur nasional, terus siapa yang mau baca dan ngasih komentar?...Yo ndak lucu... jika penulis itu sendiri yang ngasih komentar... dan sangat jelas setiap penulis punya alasan yang kuat untuk menganggap bahwa sebuah artikel itu layak dimuat... Nanti jadi debat kusir.. Tapi bila ada pandangan orang lain... maka akan lebih obyektif... Dan yang saya utamakan pada pertanyaan saya diatas, mengenai waktu penayangan... mengapa yang udah berbulan-bulan koq nggak segera dihapus? Kalau pengurus sok kuasa dan nggak adil kayak gitu apa pantes jadi pengurus? Ahmaddani 13:39, 30 Oktober 2006 (UTC)

bung Ahmaddani, mengenai penghapusan itu bukan masalah gak adil dan sok kuasa, semata2 ini demi kualitas wikipedia. seandainya penghapusannya tidak beralasan, toh bisa dikembalikan lagi artikel tersebut. btw, bisa tau judul artikel anda yg dihapus? -- Ciko bicara 05:00, 31 Oktober 2006 (UTC)
Menurut gw wajar aja kalau suatu saat ada artikel yang kita buat tiba2 dapat tag hapus dari user lain. Itu salah satu bentuk kontrol di wikipedia. Awal-awal gw bikin 2 artikel baru juga dikasi tag vanity dan terancam dihapus. But that's fine with me. Ketimbang ngehujat birokrat yang ngasih komentar negatif begitu, mending gw kasi penjelasan kenapa artikel itu bisa dianggap penting.
Terus kenapa juga harus merasa marah kalau artikel kita dihapus? Toh kalau memang artikel itu digarap serius bisa lihat lagi ke referensinya dan lebih dilengkapi lagi. Kalau memang kenyataannya referensinya kurang atau sama sekali ga ada, ya cobalah untuk cari. Artikel didelete bukan berarti pembuatnya dikasi cap arang di mukanya kan? Ga ada larangan untuk memperbaiki artikel itu lagi sampai pengurus yang sebelumnya kasih tag hapus mengakui kalau artikel itu udah layak. Saat artikel itu udah dianggap layak, lu udah jadi pemenangnya toh? Buatlah pesta, dan kalau perlu kirimin pengurus yang "rese" itu kue biar hatinya panas (hehehe ini ga disaranin).
Omong-omong setiap artikel memang harus dipertanggungjawabkan oleh pembuatnya itu sendiri. Jadi ga ada alasan untuk menolak memberi penjelasan kenapa suatu artikel lebih baik ga dihapus. Atau protes kenapa tiba2 artikelnya hilang disapu pengurus, padahal pembuat artikel sendiri memang lalai ngasih penjelasan.
Memang lebih menyenangkan kalau ada user lain yang ngebantu ngebela artikel kita, tapi itu juga ga bisa diharapin setiap saat. Gw sendiri misalnya harus selalu mengawasi: apa artikel-artikel yang gw buat dapat protes dari user lain? Dan itu hitungannya bukan 2 atau 3 artikel, tapi puluhan! Jadi kalau dibandingin banyaknya artikel di wikipedia yang harus terus menerus diperbaiki (dan kadang "terpaksa" dikasi tag hapus) dengan sedikitnya user penyumbang di sini, ya ga usah kecewa kalau kadang kita harus berjuang sendiri untuk mempertahanin artikel yang kita buat.Hariadhi 17:33, 3 November 2006 (UTC)

Ketik C spasi D .... cape dee... Udah dibahas panjang gitu loch! Ya sudahlah, nulis artikel disini memang musti ikhlas, udah susah susah ngetik, ya dirubah, ditambahin tabel lah *sigh*, dikutak-katik. Kalau tambah keren mah ok, kalau tambah ancur atau ilang sama sekali itu yang bikin darah tinggi. If there's any consolation, kata si stephen banyak hal yang di masjid granada (bener ngga nih artikelnya?) yang salah, dari jumlah mesjid and etc etc. Walaupun alasannya mencurigakan (whua ha ha) tetapi sebagai pengurus stephen banyak melakukan kebaikan dari pada kesalahan. Jadi gue mah ngga setuju, trus kalau subyek beginian muncul lagi, apus aja lah, cape gitu loh - Serenity 01:17, 7 November 2006 (UTC)

Ditto, ngga usah dibahas lagi. Dihapus sama pengurus = dicambuk supaya lebih bertanggung jawab nulis artikel, bukannya malah protes sana-sini. Udah untung ada yang ngingetin. Kembangraps 22:07, 7 November 2006 (UTC)

Penyeragaman Nama Paus?

Guys, nama Paus di Wiki-id masih kacau balau... >.< Ada yang punya referensi untuk penyeragaman? Gw ada buku 264 Takhta Suci, ada sumber lain? Andreas Erick 02:48, 24 Oktober 2006 (UTC)

40.000

Taruhan, hari ini wiki ID pasti mencapai 40K artikel :D. Selamat! --Ricky Setiawan (kirim pesan) 02:27, 26 Oktober 2006 (UTC)

Selamat lebaran. Mohon maaf lahir dan batin untuk semuanya. Mas Revo, matur nuwun kirimanipun. Nyuwun pangapunten, kula mboten saged basa Jawi krama inggil banget. ((Sorry nih yg buat yg jv:0). Wikipedia punya hadiah lebaran. Mas borgx ato yg pinter ngutak atik gambar, dirayakan nih, buat logo wikipedia yg dimodif pake 40000 dan ketupat :D. Kembangraps 06:19, 26 Oktober 2006 (UTC)
Sama2! Ngomong2 logo sudah jadi toh kok di IE saya nggak kelihatan gambar apa2? Meursault2004 10:27, 26 Oktober 2006 (UTC)

Logo berubah? Wong ngga ada perubahan apa-apa di firefox maupun IE sampai sekarang. ngambek kali .... Kembangraps 11:15, 26 Oktober 2006 (UTC)

Coba refresh browsernya (CTRL+R di Windows) atau kalau masih belum bisa juga, hapus cache browser (Tools > Internet Options). monobook saya memang menghilangkan logo ;) •• ivanlanin •• 11:21, 26 Oktober 2006 (UTC)

Logo, emang sudah diubah? borgx(kirim pesan) 14:25, 26 Oktober 2006 (UTC)

Nggak kok ternyata cuma masalah browser saya sendiri saja. Meursault2004 14:27, 26 Oktober 2006 (UTC)

Mohon pendapat mengenai kelayakan artikel Bitsmikro

Mohon pendapat di Pembicaraan:Bitsmikro. Tampaknya agak berkepanjangan. Thx. •• ivanlanin •• 11:44, 26 Oktober 2006 (UTC)

Bertanya : Pemuatan Gambar dan Halaman Pengguna

Dear semuanya, aku mau tanya bagaimana caranya memuat gambar? Apa saya boleh membuat halaman pengguna saya sendiri? Saya tanya tentang pemuatan (up load) gambar ini karena (jika diijinkan) saya mau membuat halaman pengguna saya sendiri. Juga saya mau mengupload gambar guna untuk artikel-artikel yang lain. Maaf kalau kepanjangan. Cepat Tidak Cepat Mohon Dibalas! Salam! Pengguna 05:55, 27 Oktober 2006 (UTC)

Maksudnya gambar untuk Halaman Pengguna sendiri? Tapi jangan lupa untuk memberikan jenis lisensinya juga yah.. jangan seperti :

Tapi itu nantinya masuk ke Orphan Images, apa ada aturan khusus untuk itu? , apa tidak menurunkan kualitas wikipedia?, yang terpenting tujuannya apa?. (untuk pamer aja..?hihihih) --•• Irwangatot 14:50, 3 November 2006 (UTC)

Thx atas bantuannya. Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin. Juga mengucapkan (sorry terlalu awal) selamat Hari Natal 25 Desember 2006 dan Tahun Baru 2007! Pengguna 02:06, 29 Oktober 2006 (UTC)

Pembersihan artikel lama

Guys, artikel-artikel lama terutama yang dibuat oleh (maaf menyebut nama) Tengku syariful tampaknya harus dibersihkan. Ada beberapa pembersihan saya usul untuk dilakukan:

Bagaimana? Setuju? •• ivanlanin •• 15:06, 28 Oktober 2006 (UTC)

Setuju, sebenarnya peribahasa sempat saya pindahin bertahap cuma belum selesai dan sempat kelupaan :) borgx(kirim pesan) 15:23, 28 Oktober 2006 (UTC)

setuju...ada panduannya gak? gimana sih mindahin kesana? kan bingung...:) --Irwangatot 20:08, 28 Oktober 2006 (UTC)

untuk sementara saya beri tag {{pindah}} saja dulu, nanti kalo sudah tau caranya, saya pindahkan ...:) --•• Irwangatot 01:23, 5 November 2006 (UTC)

Suku bangsa vs. etnik

Kelihatannya Kategori:Suku bangsa (seharusnya) berinterwiki ke en:Category:Ethnic groups. Apakah "etnik" ("etnis"?) bukan merupakan bahasa Indonesia baku sehingga kita menggunakan istilah "suku bangsa"? Mohon informasi jika ada yang tahu. Thx sebelumnya. •• ivanlanin •• 15:35, 28 Oktober 2006 (UTC)

Kalau aku bilang sih lebih baik "Etnis" (langsung kepada orangnya), tetapi kalau Etnik itu lebih pas untuk budaya. Misal :

       Penonton karapan sapi +adalah orang-orang dari Etnis Madura 

(suku bangsa Madura).

       Masjid Muhammad Cheng Hooo adalah masjid beretnik Tionghoa. 

(berbudaya Tionghoa).

Begitu penjelasan dari saya; jika ada pendapat lain silahkan. Pengguna 02:10, 29 Oktober 2006 (UTC)

Wikimania 2007 Team Bulletin

Published by the Wikimania 2007 Taipei Team, Wikimania 2007 Team Bulletin provides the latest news of the Team's organizing work to everyone who is interested in Wikimania; it also gives the Team chances to announce calls for help/participation, so assistance in human and other resources can be sought in a wider range. Team Bulletin is published at the official website of Wikimania 2007 and released to the public domain. Issue 1 and Issue 2 has already published.--192.168.1.1 01:57, 29 Oktober 2006 (UTC)


Selamat Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru

Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin.

  Selamat Hari Raya Idhul Fitri! 

bagi yang merayakan

Di hari yang suci dan fitri ini, marilah kita memaafkan segala orang-orang yang bersalah kepada kita, baik itu kesalahan kecil maupun berat.

Juga mengucapkan

  Selamat Hari Raya Natal 

bagi yang merayakan

Semoga Tuhan selalu memberkati kita.


Juga mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2007!

  HAPPY NEW YEAR & HAPPY WIKIPEDIA ARTIKEL KE 40.000!

(sorry tulisan di atas di campur-campur antara Bhs. Inggris dgn Bhs. Indonesia)

Pengguna 02:16, 29 Oktober 2006 (UTC)

Hari Natal dan Tahun baru masih lama >.< Hehehe Andreas Erick 08:13, 29 Oktober 2006 (UTC)


Support proposal Wikipedia Bali & wikibooks jawa

Baru saja "berkelana" di meta. Ada proposal untuk wikipedia bahasa Bali:

http://meta.wikimedia.org/wiki/Requests_for_new_languages#Balinese_Wikipedia

dan wikibuku Jawa! (telat lihat, ada di bawah). Mungkin kita bisa bantu mendukung? Bagaimana caranya, jika jawabnya 'ya'? Musti punya akun di en: dulukah? :( Kembangraps 16:50, 29 Oktober 2006 (UTC)

Bukan di en tapi di meta. Kemudian di halaman pengguna dicantumkan "saya aktif di id.wikipedia" (dlm bahasa Inggris tentunya). Kalau bisa berikan juga pranala ke halaman pengguna di id.wikipedia borgx(kirim pesan) 00:05, 30 Oktober 2006 (UTC)

Sudah tak taruh namaku buat support --Andri.h 00:58, 30 Oktober 2006 (UTC)

Thanks Dab! Btw, pengusulnya tidak aktif di Wiki id: ya kayaknya? Kembangraps 07:17, 30 Oktober 2006 (UTC)

Lho ini kan dulu sudah pernah diusulkan ??? Meursault2004 18:41, 30 Oktober 2006 (UTC)

Wah, mulai hangat nih. Bisa ditunjukin ke kita Mas Meursault, dokumen persetujuannya (utk pengajuan yg lama). Kalo ada, saya tarik dukungannya, biar ngga terjadi dualisme. Kalau dua versi dengan aksara berbeda masih bisa diterima. (Cuma yg dulu kok ya ngga mulai2, kalau sudah disetujui?). Kembangraps 06:48, 31 Oktober 2006 (UTC)
Ternyata ada yang menghapus yang jelas saya lihat saya pernah vote OK pada tanggal 11 Februari 2006. Coba lihat di sini. Meursault2004 10:39, 31 Oktober 2006 (UTC)

Yang bisa disimpulkan dari link yang disampaikan: (1) Tidak terlihat ada keputusan, diterima atau tidak proposalnya; (2) Pengusulnya "ngumpet", pantas nggak muncul2 wikinya; (3) Kalau yg ditampilkan itu situasi terakhir, sedikit amat peminatnya (cuma 6! 4 setuju 2 keberatan). Jadi saya belum akan menarik dukungan. Meskipun demikian, aneh, pengusul yg sekarang tidak "pasang badan" (malu mungkin?). Juga dia tidak aktif di wiki id: (gimana mau komunikasi dg calon2 pendukung?); jadi agak ragu2 thd niatnya (serius ngga sih dia, jangan2 mentah lagi). **MODE BINGUNG: ON** Kembangraps 11:06, 31 Oktober 2006 (UTC)

Bukan dihapus, tapi diarsipkan ke bagian (subpage) "need support from native speakers". Lihat halaman ini. Asal jangan seperti Wikipedia Bugis, sudah dibuat tapi tidak ada aktivitas. borgx(kirim pesan) 00:44, 1 November 2006 (UTC)

Kalau ada pengajuan dobel begini, terus yang lama bisa 'dibangkitkan' lagi dan digabung dg proposal baru? Kalau bisa dibangkitkan lagi, itu kan lebih bagus, sekarang paling tidak ada tiga penutur asli (sayang hanya satu yang tampaknya jelas siap). Btw, thanks borgx for showing us the link. Looks like Madurese needs repromotion. (But MAD.wikipedia? and GAY.wikipedia for Gayo? why indonesian languages have such funny abbrev. :-D ) Kembangraps 08:33, 1 November 2006 (UTC)

Kayaknya suara di halaman proposal yang lama gak bisa ditambahin gitu deh. BTW kalau mau cepat disetujui, langsung saja dibuat di incubator.wikimedia.org, jadi langsung saja buat halaman-halaman berbahasa Bali (dll) di situ, jika sudah berpuluh-puluh halamannya, biasanya cepat dibuat Wikinya. Jv.wikibooks juga sudah ada di situ. Lebih cepat lagi jika ada native speakernya yang agak "wikimaniak" yang koordinasi semuanya. Lebih-lebih cepat lagi jika si "wikimaniak" tsb bisa online di irc untuk satroni si developer wiki (yang ngebuat wiki-wiki itu). Gak susah kalo tau triknya, id.wikisource berdiri hanya dalam 2 minggu walaupun cuma disupport 4 orang :) Bukan menyombongkan diri lho. :) borgx(kirim pesan) 09:44, 1 November 2006 (UTC)

Kalo diliat dari progres sampe hari ini, kayanya bakalan susah. Lagian yang ngusulin kayanya iseng (menurut saya pribadi). Saya pribadi selaku yang native Balinese juga agak bingung dengan pemakaian bahasanya nanti, apakah akan pake Bahasa Bali Alus Sor, Bahasa Bali Alus Singgih, Bahasa Bali Alus Madya, atau Bahasa Bali Kasar? Beda fungsi/kepentingan beda bahasa. Sebagai contoh: Bila berkomunikasi dengan para sulinggih (kaum brahmana/ulama, penuntun agama) orang bali menggunakan basa bali alus sor, jika dalam berkomunikasi dengan orang yang keturunan ksatriya/ningrat keluarga puri/keraton, memakai basa alus singgih, kalo dengan orang tua/yang lebih tua menggunakan alus madya. Nah dalam pergaulan sehari-hari dikalangan bawah, baru berlaku basa kasar. Pengalaman saya di karang taruna (sekehe taruna) dalam pertemuan formal kita menggunakan basa alus madya. Apa ini akan dipake sebagai standar..? mengingat basa alus yang lebih tinggi, agak jarang yang menguasai. Mohon juga sharing dari teman-teman wiki:jv yang telah sukses membangun wikinya.. winana(ngobrol) 16:30, 3 November 2006 (UTC)

Kalau di jv: bisa/boleh menggunakan dua-duanya untuk menulis artikel. Kata sambutan pada halaman utama ditulis dalam dua varian. Bahkan subjudul Wikipedia pada setiap halaman berada dalam bahasa ngoko dan krama. Menurut saya tingkatan bahasa pada artikel terserah saja, kecuali nanti kalau konversasi atau diskusi menggunakan bahasa halus. Meursault2004 16:34, 3 November 2006 (UTC)

sekedar info, saya menemukan di incubator sudah ada tes wiki bali, tidak tahu siapa yang membuatnya. angbicara 11:22, 9 November 2006 (UTC)

Bagus tuh. Terus terang saya merasa agak sungkan karena support yang bisa diberikan cuma dukungan moril. Bahasa Bali saya nol. Jadi silakan diteruskan oleh yang mampu. Maaf nih. Kembangraps 12:14, 9 November 2006 (UTC)

Tata Bahasa Indonesia Baku

Bagaimana bisa kita menyusun ensiklopedia ber-Bahasa Indonesia sedangkan masih banyak pertentangan terhadap penggunaan kata-kata, istilah-istilah atau struktur bahasa baku?

Biasanya di sini kalau terjadi pertentangan istilah dll dilakukan diskusi untuk menentukan pilihan yang sebaiknya digunakan. Hayabusa future (\0-0/) 06:17, 30 Oktober 2006 (UTC)

Kapan lagi kita sebagai bangsa punya ensiklopedia kalau harus menunggu bahasanya dibereskan dulu? Yang menantang dalam proyek ini: cukup ambisius dan digerakkan oleh orang-orang muda. Yang saya ingat: bahkan semua pakar Bahasa Indonesia sepakat, bahasa ini masih dalam tahap perkembangan. Jadi, mari berkembang bersama-sama. Kembangraps 07:23, 30 Oktober 2006 (UTC)

Bahasa ga masalah. Setiap ada masalah tatabahasa atau kebakuan istilah dalam satu artikel, biasanya langsung diomongin kan? Jadi ga dibiarin berlarut-larut sampai akhirnya masuk ke ribuan artikel, misalnya.

Lagian memang kesalahan udah jadi makanan sehari-hari di wikipedia. Justru semakin malas user memperbaiki masalah, kesalahannya akan makin besar. Hariadhi 18:19, 5 November 2006 (UTC)

tanya cara setting artikel sejenis

Mohon pencerahan, bagaimana caran setting agar dua atau lebih artikel otomatis ter-direct ke salah satu artikel yang sudah ada, dimana mempunyai arti yang sama tapi dengan kiword berbeda. Misalnya: Publisher dan Publishing di Wikipedia Inggris langsung terdirect ke Publishing. Terima kasih...Ahmaddani 13:49, 30 Oktober 2006 (UTC)

Coba ketik #REDIRECT[[nama artikel]] pada halaman yang ingin dialihkan. Meursault2004 14:01, 30 Oktober 2006 (UTC)

Terima kasih.... done.Ahmaddani 18:36, 30 Oktober 2006 (UTC)

Pengguna 87.79.3.249

Ada yg tahu gak siapa ini kog ngerusak di Halaman Pengguna saya DJ Ujuin 14:28, 30 Oktober 2006 (UTC)

itu pengguna anonim. Meursault2004 18:41, 30 Oktober 2006 (UTC)

Ini kan salah satu "antek" si 202.78.194.11, halaman pembicaraan saya sudah sering diobok-oboknya tapi cuekin saja.. dihapus saja. Sudah sering diblok sih, cuma kelihatannya gak kapok (atau memang niatnya untuk vandal), blok permanen saja, gimana? borgx(kirim pesan) 23:55, 30 Oktober 2006 (UTC)

Setuju.. termasuk silumannya?Stephensuleeman 17:38, 31 Oktober 2006 (UTC)

Logo baru

Saya memuat logo baru dengan menambahkan "40.000", tapi agak kasar, maklum bukan graphic designer. Mungkin ada yang bisa membantu dengan disain yang lebih "wah". Jika logonya sekarang masih yang lama, mungkin perlu tekan F5 :) borgx(kirim pesan) 05:42, 31 Oktober 2006 (UTC)

Bung borgx, sekedar input, di link-link bahasa seperti Bahasa Perancis, logonya terpaut ke logo yang baru (dipakainya di bawah, yang bagian Wikipedia juga mempunyai edisi Bahasa xxx). Nah dengan logo baru yang ada angka 40000nya, bahasa-bahasa tersebut kesannya juga 40000 padahal kan banyak yang tidak sampai segitu, dan banyak yang lebih banyak juga. Saran saya untuk logo kita, dibikin khusus, dan yang netral tetap ada untuk link-link bahasa & yg lain2. Taman kodok 06:02, 31 Oktober 2006 (UTC)

Wah iya, saya tidak aware bahwa gambar tsb dipakai dibanyak templat. Ok nanti disesuaikan. borgx(kirim pesan) 06:06, 31 Oktober 2006 (UTC)

mau tanya, jenis font yang dipakai pada tulisan "Ensiklopedia Bebas" itu apa namanya? --Ricky Setiawan (kirim pesan) 10:30, 31 Oktober 2006 (UTC)
Wow bagus lho! Trims! Meursault2004 10:32, 31 Oktober 2006 (UTC)

Beberapa contoh:

Hayabusa future (\0-0/) 10:49, 31 Oktober 2006 (UTC)

Saya kira kelak kita bisa menggunakan Berkas:Wiki40k50k.jpg. Meursault2004 10:51, 31 Oktober 2006 (UTC)
Setuju dengan punya Hayabusa, ah!! hehehe... 58.178.221.70 12:28, 31 Oktober 2006 (UTC)

IMHO, jangan warna merah, soalnya terlalu kontras dengan warna logo wiki yang hitam-putih --Ricky Setiawan (kirim pesan) 13:40, 31 Oktober 2006 (UTC)

Setuju dengan Meursault2004 untuk pengunaan Berkas:Wiki40k50k.jpg, dan dengan Ricky, jangan yang warna merah Leo••bicara•• 17:12, 31 Oktober 2006 (UTC)

Wah bagus. Saya setuju dengan font yang warna hitam. Ayo Hayabusa, dimuat saja. Eh, tapi bagaimana kalau "40.000+" (ada plus-nya), kalau misalnya sudah 48.000/49.000 kan aneh logonya "40.000" :) borgx(kirim pesan) 00:35, 1 November 2006 (UTC)

Mestinya sekarang logonya pakai tag "menuju 50.000" Leo••bicara•• 04:29, 1 November 2006 (UTC)

Kalau itu sih kepanjangan ntar bola Wikinya ketutup tulisan :) borgx(kirim pesan) 06:02, 1 November 2006 (UTC)

OK skrg sdh diupdate logonya. Maju terus Wiki :id!! Hayabusa future (\0-0/) 10:01, 1 November 2006 (UTC)

mantap :D --Ricky Setiawan (kirim pesan) 10:04, 1 November 2006 (UTC)

Di halaman mana logo baru-nya ditaruh?? --Andri.h 13:01, 1 November 2006 (UTC)

Coba lihat di Berkas:Wiki.png. Meursault2004 13:03, 1 November 2006 (UTC)

Tapi kok latar belakangnya jadi berwarna biru kehijau-hijauan, tidak transparan lagi. --Ricky Setiawan (kirim pesan) 14:06, 1 November 2006 (UTC)

coba lihat di sini --Irwangatot 14:16, 1 November 2006 (UTC)

Lho, kan gak perlu link-link khusus, logo Wikipedia dihalaman mana? di setiap halaman! Itu lho yang dikiri atas. Kalau masih yang lama, refresh dulu browsernya. borgx(kirim pesan) 23:42, 1 November 2006 (UTC)

Pengguna 213.214.155.64

Saya mendapatkan pesan berikut:

  • Hi, could you please block this IP per my comment here? --Dost 10:07, 2 November 2006 (UTC)

Apakah pengguna ini harus diblokir secara permanen? Meursault2004 10:51, 2 November 2006 (UTC)

iya lah, sebaiknya diblok permanen saja, atau minimal 6 bulan/1 tahun. kisti 21:20, 2 November 2006 (UTC)

Hahaha..ternyata aku pernah dikerjain sama ni orang (atau setan?). Sejak 20 Januari 2006 kerjaannya cuma nge-vandal doang. Kalo ga ngosongin halaman, dia ngasih gambar vi***tor. Aku mendukung pemblokiran! Salam geboy 22:33, 2 November 2006 (UTC)

Terima kasih, kalau begitu sudah saya turuti saran mas Kisti dan saya blokir 6 bulan. Meursault2004 11:51, 3 November 2006 (UTC)

Batrik - Patriark

Saya perlu pendapat mengenai penerjemahan resmi istilah "Patriarch" (Gereja Katolik), apakah Patriark atau Batrik?

  • Saya menemukan istilah Batrik ini di situs resmi Konferensi Waligereja Indonesia (KWI)[1] dan di sebuah majalah paroki Kompak[2].
  • Tetapi saya juga menemukan istilah Patriark di situs KWI yang sama di halaman ini.

Leo••bicara•• 03:35, 3 November 2006 (UTC)

Kelihatannya sama, tapi saya belum berani memastikan karena kebetulan sedang di kantor tidak ada kamus. Nampaknya kata "batrik" adalah kata pinjaman Yunani dalam bahasa Arab dari kata "Patriark". Dalam bahasa Arab tidak ada fonem /p/.
BTW agama Kristen di Indonesia banyak meminjam peristilahan agama tidak secara langsung dari bahasa Yunani tapi dari bahasa Arab. Contoh lain ialah kata "Uskup" (bahasa Yunani: episkopos (επίσκοπος)). Meursault2004 11:57, 3 November 2006 (UTC)
Untuk patriarchy, media2 di indonesia (kompas, dll) banyak yg memakai istilah patriarki [3], jadi mungkin yg tepat adalah patriark, dan kata om google, ini jg lebih banyak digunakan [4] daripada Batrik [5]. -- Ciko bicara 02:16, 7 November 2006 (UTC)

Templat:Harvard Reference

Mohon bantuan temen-temen, pemakaian Templat:Harvard reference yang di disini kok gak bisa sama dengan yang versi inggris. Pusing saya..! salam, winana(ngobrol) 16:43, 3 November 2006 (UTC)

sudah dibetulkan sekarang. kisti 16:54, 3 November 2006 (UTC)

Hari raya dan hari besar

Apakah tepat jika kita menerjemahkan en:anniversary sebagai hari raya (hari merayakan) dan en:holiday sebagai hari besar (hari yang suci, agung, besar)? Saat ini masalahnya, hari raya justru memiliki interwiki ke en:holiday. Dan bagaimana pula dengan "hari libur"? •• ivanlanin •• 17:09, 5 November 2006 (UTC)

bukannya anniversary lebih cocok diterjemahin jadi Perayaan, atau Perayaan tahunan? Masalahnya anniversary bukan cuma Hari Raya kan? (dengan analogi Hari raya berhubungan dengan hari besar agama). Di dalamnya kan termasuk juga hari besar nasional, hari pahlawan, hari sumpah pemuda, etc.
Holiday? Gw pikir Lebih cocok hari libur. Memangnya asal kata holiday dari Holy + day?Hariadhi 18:30, 5 November 2006 (UTC)

"Perayaan" oke juga, kata dasarnya sama dengan "hari raya", kok :) Untuk "holiday", lihat artikel di en nya deh. •• ivanlanin •• 18:32, 5 November 2006 (UTC)

nniversary bukannya ulang tahun?? Bloodseeker 07:42, 9 November 2006 (UTC)

Mainan dan permainan

Minta pendapat lagi :) Saat ini di WBI, en:toy diterjemahkan menjadi mainan, sedangkan en:game menjadi permainan. Apakah ini tepat? •• ivanlanin •• 17:31, 5 November 2006 (UTC)

Gw pikir gw ga punya masalah dengan 2 istilah itu. Kayanya nyambung2 aja. Ga tau kalau yang lain punya pendapat beda.Hariadhi 18:31, 5 November 2006 (UTC)

Game dalam beberapa piranti elektronik berbahasa Indonesi diterjemahkan sbagai permainan, ada juga yang mengindonesiakannya menjadi "gim". Permainan dan mainan adalah dua hal yang berbeda kok. Salam Andreas (張俊豪) 14:40, 6 November 2006 (UTC)

Menurut saya, mainan adalah alat untuk bermain (termasuk di dalamnya alat dalam permainan), sedangkan permainan adalah mainan yang dilengkapi dengan aturan (suatu sistem).
  • mainan: bola, dadu, alat game boy (sebagai benda yg dilempar-lempar misalnya)
  • permainan: cing gebok (pake bola), ular tangga (pake dadu), permainan komputer (make game boy).
Entahlah, dunia ini luas. N/A(bicara) 18:40, 9 November 2006 (UTC)

Aktor vs Aktris

Kalau di en.wikipedia, category "actor" itu tidak membedakan gender. Sedangkan di id.wikipedia dibedakan aktor dan aktris. 'Bagaimana jika digabungkan saja ke kategori aktor? Mengutip: en:Wikipedia:Categorization_of_people A good name is generic, gender-neutral, and neither too long nor too short.. Juga kategori profesi lainnya tidak kita bedakan atas gender; kita hanya memiliki kategori "Politikus" (tidak ada "politikus wanita"), "wartawan" (tidak ada "wartawati"), "seniman" (tidak ada seniman wanita), dll. Pengecualian kepada pragawati (justru pragawan yang tidak ada) karena mayoritas profesi ini dilakoni oleh wanita. borgx(kirim pesan) 00:00, 6 November 2006 (UTC)

IMHO, disatuin aja dengan nama [[kategori: artis]] --Ricky Setiawan (kirim pesan) 04:11, 6 November 2006 (UTC)

Wah kalo artis sih terlalu luas karena termasuk seniman, pelukis, penari dsb. borgx(kirim pesan) 04:17, 6 November 2006 (UTC)

Btw apakah dlm bahasa Indonesia "artis" = "seniman"? Biasa utk seniman spt pelukis, pemahat dll tidak pernah disebut artis melainkan seniman saja, sementara untuk para aktor dll pula mereka rasanya hampir tak pernah disebut "seniman" kecuali utk yg telah melegenda (misalnya Christine Hakim). Apakah dalam KBBI memang artis disamakan dengan seniman atau artis merupakan subbagian dari seniman? Hayabusa future (\0-0/) 07:50, 6 November 2006 (UTC)
Setuju dengan borgx, aktor dan aktris digabungkan saja ke Kategori:Aktor. Kalau perlu, disub-kategorikan lagi ke Kategori:Artis.
Dan menurut kamus saya, artis itu sama dengan seniman. ~Leo••bicara•• 08:24, 6 November 2006 (UTC)
wah.. setau gw actor dan actress itu pembedaan berdasarkan gender? Bukannya memang kadang bahasa inggris mengalami beberapa anomali seperti misalnya Kata "HE" saja bisa dipakai untuk menunjuk orang yang ga jelas laki-laki atau perempuan? Kita sendiri kadang memakai istilah "para siswa" untuk mengacu kepada kumpulan siswa dan siswi?
Tapi gw setuju sih, sebenarnya kurang bermanfaat kalau kedua kategori itu dipisah berdasarkan gender. No use at all. Artikel aktor dan aktris sendiri mengacu ke dalam 1 artikel tunggal.
Sebenarnya perbaikan kategori Aktris dan Aktor sesuai kesepakatan sebelumnya: Istilah artis yang udah lama disalahkaprahin jadi mengacu ke Aktor, Aktris, Musisi, dan Selebriti lain, sudah saatnya dikembalikan sesuai asal katanya. Artis kan serapan dari Artist, yang berarti seniman (yang berarti seluruh pekerjaan seni seperti Pelukis, Pematung, Penyanyi, sastrawan, termasuk aktris dan aktor).
Seharusnya istilah artis sekarang dialihkan ke aktor&Aktris (gw sendiri lebih setuju dengan istilah pemeran, lebih Indonesia, bebas gender, dan lebih jelas makna katanya).
Jadi gini kesimpulannya, sekarang ada beberapa artikel yang diperbaiki sesuai tata bahasa:
  1. Artikel artis diubah judulnya menjadi Pemeran
  2. Kata aktris dan aktor dialihkan ke Pemeran
  3. Kata Artis dialihkan ke artikel "Seniman"
Nah sekarang yg jadi masalah kategorisasinya yang ternyata ruwet.
Sekalian ini sebagai penjelasan dari gw tentang kekacauan ini hehehe =P~ Hariadhi 17:22, 7 November 2006 (UTC)


Usul #1. Artis jadi pemeran? ngga salah? Artis ya seniman (apa saja). Aktor dan aktris jadi 'pemeran' atau 'pelakon', setuju. Kembangraps 22:01, 7 November 2006 (UTC)

That's the point! Dulunya sebelum perubahan, isi artikel artis itu sebenarnya membahas tentang pemeran. Nah sekarang kan sudah dikaji kalau artis itu maknanya lebih luas dari pemeran, makanya isinya diganti jadi artikel seniman. Sementara isi artikel artis yang lama dialihkan ke istilah yang lebih sempit: pemeran. Gitu lho.... Hariadhi 15:35, 9 November 2006 (UTC)

Oh gitu. baru ngeh. sorry om, sabar ya om. Kembangraps 00:28, 10 November 2006 (UTC)

Gambar berhak cipta (pertanyaan gambar lagi)

Eh, kalau gambar dengan ijin berhak cipta itu sebetulnya boleh kan dipasang disini? Untuk ilustrasi? Walaupun untuk pembacanya tidak boleh disebar luaskan? Contohnya kalau gue scan dari national geo magzn dan menyatakan hak ciptanya etc etc... boleh dong? (whoopsy doodles lupa login Serenity ) 02:13, 7 November 2006 (UTC) 02:12, 7 November 2006 (UTC)

Sepengetahuanku, gambar berhak cipta (apalagi komersil) tidak bisa digunakan di wikipedia (Wikipedia:Kebijakan_penggunaan_gambar). khusus untuk national geographic, media ini terkenal ketat dalam menjaga hak ciptanya. media massa umum biasanya menghindari memakai sumber dari national geographic (jika tidak berlangganan resmi) karena media ini suka menuntut kerugian dalam jumlah yang besar jika ada pelanggaran hak cipta. maklum, kelebihan mereka ada pada grafis-nya. ang 09:20, 7 November 2006 (UTC)

Iya, I know it is a stupid question. Tapi maksudku, euh, apa kita ngga bisa pasang aja (toh tag ijin bahwa gambar ini berhak cipta ada) dan tunggu sampai ada yang nuntut baru delete (hihihi) - abis ilustrasinya bagus banget dan jelas :D - Oh well, I've tried. Serenity 01:49, 8 November 2006 (UTC)

Berhak cipta atau tidak, kita bisa gunakan tag "fairuse" kan? "Fairuse" itu sakti lho, tapi cuma bisa 1 gambar bertag fairuse untuk 1 halaman, kalau lebih tidak "fair" lagi lho. borgx(kirim pesan) 05:45, 8 November 2006 (UTC)

Bisa aja memuat gambar berhak cipta, tapi masalahnya harus minta izin ke pembuatnya/pemegang hak cipta. Kalau bisa diberi surat izin tertulis. Nah ngurus beginian repot kan?Hariadhi 15:38, 9 November 2006 (UTC)

Public Research University

Temans, Kalo universitas yang berjenis Public Research University ini dalam istilah/bahasa indonesia-nya apa yah...? soalnya saya cuma tau Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta doang.. Bingung...!!!! winana(ngobrol) 07:41, 7 November 2006 (UTC)

Universitas Riset Negeri? kalau ga salah ITB pernah mendeklarasikan akan berusaha meningkatkan mutunya menjadi Universitas Riset.Hariadhi 16:30, 9 November 2006 (UTC)

Sekolah di Indonesia

Saya nggak sreg dan terus terang "agak kaget" melihat beberapa artikel tentang Sekolah di Indonesia. Bikin geregetan aja 'n jadi males pas mau ngeditnya :P ~Leo••bicara•• 18:03, 7 November 2006 (UTC)

Itu kayaknya jadi risiko wikipedia indo yang mulai jadi rujukan banyak siswa dan mahasiswa. Pada mulai pengen ikut ngedit dan promosi identitas diri: 'kalau taruna nusantara layak, kenapa sekolah saya tidak?'. Apa boleh buat (bayangin, ada berapa ratus ribu sekolah di Indonesia dan semuanya pengin ditulis!). Tinggal pengurus yang musti rajin ngedit dan bikin batasan, info mana yang boleh masuk dan yang engga. Gue indifferent aja, walau dalam hati pengennya ngapus sekalian. Kembangraps 21:58, 7 November 2006 (UTC)

Ah, my fellow agonized friend :D, we CAN'T say NO but we CAN make it difficult >:) Kata eke sih gampang aja. Pilih artikel tentang sekolah yang bagus dengan standarisasi umum, artikel lainnya musti bisa ngekor persis sesuai standar atau lebih. Tapi kita bisa delete yang kurang dari standar. Gimane? Serenity 01:51, 8 November 2006 (UTC)

Ayo buat aturan mainnya. borgx(kirim pesan) 05:45, 8 November 2006 (UTC)
Asik, asik: Voting lagi? :D ~Leo••bicara•• 07:01, 8 November 2006 (UTC)

Usul utk aturan:

  1. hanya untuk SLTA. SLTP sangat dibatasi.
  2. SLTA peringkat 1-3 di utk kabupaten, kecuali di 10 kota besar Indonesia: peringkat 1-5. Kelemahan: Data Dinasdiknas susah diakses.
  3. Sekolah unggulan pasti layak masuk (question: kriteria objektifnya? nanti ada merasa sekolahnya unggulan padahal ada pihak luar yg ngga sepakat).
  4. Isi ngga boleh kelewat 'funky' kayak di SMA 70 Jkt itu (bahasa balikan, ngga penting amat!).

Silakan dipermanis usulannya. :-)) Kembangraps 08:27, 8 November 2006 (UTC)

*smile* he he... kok ogut disagree yah sama usul 1,2,3 bang kraps. Tadi sempet mampir bentar ke SMA 70 dan ketawa ketiwi. Inget sepokat-pembokat-dokat- dan OMG do'i (catatan si boy bangedh ngga seeh). Sampai sekarang kalau ada yang nyebut sepenggal kata itu, bulu roma (irama) gue berdiri semua. Ih yang ngarang siapa sih NGGA penting banget.

Tapi to be honest kalau mau di relate secara budaya, dan subjeknya diganti penggunaan bahasa pergaulan sub bagian bahasa remaja pada tahun 2006 - kok jadi penting yah?

  • Orang film selalu butuh informasi beginian kalau mau flash back
  • Anak SMA di daerah lain juga bisa lihat - remaja jakarta ngapain aja sih? Bahasa begituan kok dianggap penting.

In short, menurut gue malah bagus kalau ada tambahan tambahannya seperti itu, authentic. Protes gue hanya, gambarnya SMA 70 - what the h*** - gambar apaan sih tuh?

On top of my head: Semua sekolah bisa ditulis disini selama memenuhi standar penulisan, yaitu:

  1. Lokasi
  2. Luas sebuah sekolah dan kapasitasnya (berapa tenaga pengajar, berapa murid dan siapa kepala sekolahnya)
  3. Kurikulumnya dan apakah ada hal yang spesifik tambahan pada kurikulumnya (termasuk ekstra kurikuler yang dibanggakan)
  4. Prestasi sekolah itu (menang paduan suara se jabotabek contohnya)

Personal interest gue sih : kalau saja kita bisa menjelaskan standar kompetensi dan kompetensi dasar sebuah kurikulum itu apa. Gue punya sih tinggal paste and copy untuk pendidikan kewarga negaraan. Ada yang mau bantuin bikin tabelnya ngga? Euh... bulan depan :D - Serenity 02:28, 9 November 2006 (UTC)

boleh naro tentang eks-kul gak --Ricky Setiawan (kirim pesan) 12:07, 9 November 2006 (UTC)

Masalahnya, kalau semua SLTA boleh tampil, jadi berapa artikel? Banyak betul. Ensiklopedia mana yang memuat info tentang sekolahan (gw mempertanyakan kelayakan untuk dimuat di suatu 'ensiklopedia')? Kalau daftar sekolah mungkin, tapi info untuk tiap sekolah? Boring.

Let me quote, "Tapi to be honest kalau mau di relate secara budaya, dan subjeknya diganti penggunaan bahasa pergaulan sub bagian bahasa remaja pada tahun 2006 - kok jadi penting yah". Nah, sudah dijawab sendiri. Bukan di bawah subjek suatu SLTA, tapi di bawah artikel lain. Kembangraps 12:19, 9 November 2006 (UTC)


Kalau daftar sekolah mungkin, tapi info untuk tiap sekolah? Boring

masalah boring gak boring mah tergantung isi artikelnya.. mungkin untuk kakak2 yang udah pernah melewati jenjang ini, info SMA gak kerasa begitu penting yee.. tapi gimana untuk anak2 SMP yang sedang mencari SMA yang cocok untuknya? yang ingin mengetahui lebih jauh kualitas "calon SMA" nya?.. --Ricky Setiawan (kirim pesan) 13:10, 9 November 2006 (UTC)

Ya terserah... bikinlah artikel sebanyakn-banyaknya dan biarkan user lain yang mengerubuti supaya artikel itu makin berkualitas. Tapi kalau udah dikerubuti jangan protes yaaaa...
Usul gw, buat daftar do and dont untuk artikel sekolah:
  1. Do
    1. Membuat keterangan nama sekolah
    2. Sejarah sekolah yang ontentik dan bermanfaat
    3. Nama ekstrakurikuler (cukup nama, jgn yang lain!)
    4. Prestasi di Tingkat nasional dan nama siswa /guru/ ekskul yang meraih prestasi tersebut.
    5. Keterangan: desa, kota, kelurahan, kecamatan, kabupaten, propinsi tempat sekolah berada.
    6. Logo sekolah, website.
    7. keunikan kurikulum (bukan ekstra kurikulumnya!)
  1. Dont
    1. Membuat visi dan misi sekolah (percaya deh, rata-rata isinya bakalan sami mawon dan ga lebih dari salinan isi P4!
    2. Budaya sekolah. (Budaya apalagi selain belajar? Budaya peloncoan?, kumpul-kumpul?, tawuran? nyiksa junior?? That is absolutely unecessary information!)
    3. Daftar nama guru
    4. Daftar fasilitas sekolah (jangan sampai artikel jadi ajang pamer!
    5. Prestasi di tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi. (believe me, gw sekolah di sekolah favorite dan gw ga pernah bangga sama prestasi ginian. Pialanya aja udah menuh2in ruang kepsek, apalagi mau ditulis di wikipedia!)
    6. Alamat lengkap sekolah, telepon (lu ga mau sekolah lu digangguin telepon orang iseng kan?), email address (jangan sampe tugas kepsek keganggu spam dari internet!)
Ga usah maksain atikel jadi panjang kalau isinya malah jadi banyak bacotnya daripada informasinya. Make it short and clear enough, supaya ga menuh2in server wikipedia dan orang2 ga males baca.Hariadhi 15:55, 9 November 2006 (UTC)

"anak2 SMP yang sedang mencari SMA yang cocok untuknya? yang ingin mengetahui lebih jauh kualitas "calon SMA" nya?.." Maaf sebelumnya buat yang masih di sekolah. Setahu saya, sebagian besar siswa SMP yang akan masuk SLTA akan memilih SLTA yang ada di lingkungannya (sekabupaten atau sepropinsi). Begitu sulitkah mencari info SLTA di lingkungan sekitarnya? Jaman saya dulu mau masuk SLTA, info2 beginian sudh beredar luas, sekolah mana yang bagus, mana yang jangan dipilih, gak usah pake internet (oh, skrg sudah jaman internet sih jd apa2 juga bisa masuk internet). Alasan lain saya kurang mendukung: sekolah2 akan bersaing dan situasinya akan berubah cepat. Kriteria yang dibuat di wikipedia harus dipantau terus. Siapa di wiki id: yg mau mendata sekolahan se-Indonesia. Yang kita bicarakan Indonesia, bukan Jawa atau Sumatera saja.

Saya bangga dengan eks-SMA saya. Banyak lulusannya jadi 'orang'. Tapi, apa itu juga hasil dari mutu SLTAnya? Mungkin dengan sistem 'kurikulum berbasis kompetensi' suatu sekolah bisa membusungkan dadanya akan kualitas lulusannya. Pertanyaannya, berapa sekolah di Indonesia yang bisa dan sudah menerapkan dengan sukses? Kalau mau diperhatikan, kriteria artikel untuk universitas saja kita belum punya. Saya sering kali prihatin, artikel universitas di wiki sudah seperti iklan. Ini cuma pendapat saja. Kalau memang wiki id mau bebas, silakan saja semua slta se-Indonesia dimuat, tapi tolong jaga kualitas isinya, biar Om ~Leo••bicara•• di atas ngga geregetan pas mau ngedit. Kembangraps 18:04, 9 November 2006 (UTC)

Saya lagi cari mana votingnya, kok g ada ya? Eh emang belum voting ya? Hehehe. Btw bagi gw yg penting dari sekolah TK/SD/SMP/SMA itu hanya cara mengajarnya, apa ada metoda2 yang baik dan juga materi ajarnya. Bukan kurikulum, karena dengan adanya satuan pengajaran, bisa2 mirip2. Apalagi yang bukan di kota besar. Hanya sekolah2 tettentu yg saat ini berani melanggar kurikulum. Entah sekarang.

thread baru

ABGMODE ON
Btw, jika info sekolah penting, emang mau masuk sekolah karena:
  • lambangnya keren
  • lokasinya strategis (dekat mal, kuburan, penjara)
  • kepala sekolahnya macho
  • perpeloncoannya keren (klo g lulus, mati, gimana?)
Mungkin lebih penting:
  • uang bayarannya (dan ada tidaknya tarikan2 lain :-p)
  • buku2 yg digunakan (siapa tahu bisa menghemat dgn pinjem dari kakak dari sekolah lain)
  • apa kurikulumnya suka berubah-ubah (mengikuti trend, sehingga buku hanya bisa sekali pakai)
  • jam pelajaran - sekolah pagi/siang Serenity 11:00, 10 November 2006 (UTC)
  • seragam (private atau standar - batiknya bagaimana - ada potonya ngga?) Serenity 11:00, 10 November 2006 (UTC)
  • apa ya - aktifitas deh: kayak hari jum'at musti olahraga pagi, kesegaran jasmani, upacara ngga hari senen. kalo sekola katolik mungkin pembukaan pelajaran bedo'a dulu. Gue dulu di St. Theresia hormat benderanya di dalam kelas. Lucu juga kalo di taro, hehe Serenity 11:00, 10 November 2006 (UTC)
  • ada tidaknya beasiswa
  • cara mencapai sekolah itu (mudah untuk negara bagian mana saja)
  • prosentase kehadiran guru
  • prosentase tawuran
  • prosentase palak/ preman Serenity 11:00, 10 November 2006 (UTC)
  • rasio jumlah murid/ruang (kepadatan)
  • rasio guru/murid
  • yg baik2 (di atas udah disebutin semua)
Kyknya perlu ada batasan apa2 yg penting. Penting untuk pembaca atau penting untuk aktualisasi diri penulisnya. Kok jaman dulu belum ada wikipedia ya :-p.
ABGMODE OFF
N/A(bicara) 18:35, 9 November 2006 (UTC)

Sebagai perbandingannya, di en.wikipedia banyak juga artikel sekolahnya. Tapi saya setuju dengan usulan "Do"s dan "Don't"s-nya Hariadhi di atas. Kita buat proposal aturannya saja ok? borgx(kirim pesan) 00:01, 10 November 2006 (UTC)

Setuju deh borgx. Gak usah voting. Arah pendapat di diskusi ini kayaknya juga jelas: biarkan artikel tentang sekolah (apa saja, SD-SLTA, SLB, Sekolah Paket A-C, seminari, madrasah, pesantren, kursus, dst.) ditulis, tapi harus ada kriteria penulisan (bukan kualitas sekolah) yang jelas, supaya yg ngedit semangat (ngapusnya, hue hue heu). Kembangraps 00:18, 10 November 2006 (UTC)
Haha, benar2 deh, saya belum ngomong vote lho tapi sudah diantisipasi :) ("voting freak ;)"), bukannya saya itu voting freak atau voting maniak, nanti kalau langsung ditetapin jadi kebijakan, kalau kedepannya diprotes atas dasar apa persetujuannya, gimana ngejawabnya? voting itu kan artinya suatu kebijakan sudah disetujui bersama (setidaknya mayoritas). Jadi biar tertib saja, kalau kedepannya pengurusnya sudah banyak, masing-masing main tetapin kebijakannya sendiri-sendiri gimana. Atau pengurus bisa buat kebijakan langsung tanpa voting? Bagus juga sih biar cepat dan tidak bertele-tele. borgx(kirim pesan) 01:11, 10 November 2006 (UTC)
Nah-nah- saya setuju dengan borgx (biarin deh borgx dibilang "voting freak" -- tapi for good koq :D), kebijakan mesti dibuat, disetujui, dan dilaksanakan oleh para pengguna (walaupun masing-masing tidak sempurna, kan ada pengguna lain yang bisa saling mengingatkan/menyunting/mengkoreksi), jadi semuanya lebih terarah dan ada dasarnya. Sama aja dengan perusahaan - ada batas-batasnya.
Generally, lebih banyak bikin proposal dan voting lebih baik. Lebih tahu lagi apa maunya mainstream users di sini. Tapi, kalau pengurus bisa buat kebijakan sendiri, belum setuju - masih banyak pengguna aktif yang kompeten mengomentari kebijakan walaupun bukan pengurus.
Dan, bang Kembangraps, no "Om", "Leo" saja cukup :P ~Leo••bicara•• 02:51, 10 November 2006 (UTC)
Saya suka nih. Kalau perlu setiap hari ada voting, lama-lama id.wikipedia menyamai en.wikipedia kok. Hehe :)

Voting juga ngga apa2, terutama utk pengesahan. Gw ngga nuduh voting freak lho. Maksudnya ngga usah voting itu tentang hapus atau tidak dihapus. Kalau aturan sudah dibuat dan ngga ada usulan perbaikan baru yg disepakati. Votinglah (lagian gimana mau tahu kalau aklamasi di wikipedia, wong kita ngga bisa saling lihat, ya kan?). Kembangraps 07:45, 10 November 2006 (UTC)

Idih itu yang namain voting freak siapa sih? ngga sopan banget. Gantung aja gantung... (Deuh borgx banyak yang ngebelain euy)
Yo Not Available, bagian lokasi gue ngga setuju - menurut gue itu penting. Dalam perkenalan (apa lagi cowok ke cewek) bukannya salah satu pertanyaan pentingnya adalah
ABG mode on
" Uhm... sekolahnya dimana? " --- gimana sih...ck ck ck. Bagian "perpeloncoannya keren" - bukannya kalau ada yang mati malah harus ditulis? Kalo ngga ditulis entar banyak yang ketipu. Kalo ditulis, malah bagus untuk some kind of "warning". Trus apalagi yah, kalo visi dan misi - gue setuju utk di delete (whueek). Mbang Kraps da bukannya apa-apa. Kalo sekolah teu ditulis teh, dianggap teu penting, da susah. Disini banyak artikel tentang game yang panjang panjang, kalo game boleh ditulis tapi sekolah teu beunang, ceuk abdi teh - teu asup diakal. Serenity 11:00, 10 November 2006 (UTC)

Ngedit Judul

Editin judul dong, kok mau nulis badan, munculnya badan (organisasi) yah? Serenity 02:52, 8 November 2006 (UTC)

...? Halaman badan masih kosong kok. Hayabusa future (\0-0/) 02:54, 8 November 2006 (UTC)

Udah kok ini tapi maksud gue ngedit badan yang itu... kenapa munculnya di organisasi ya? *garuk garuk kepala*

Nanya tentang Portal:Indonesia

Wah, sudah lama nggak aktif di Wikipedia berbahasa Indonesia, ternyata sekarang udah ada embel-embel "40000" di logo! Selamat ya buat komunitas Wiki-id.

Btw baru tahu juga ada Portal:Indonesia. Cuma belum tahu itu sebenarnya apa? Semacam Wikipedia kecil mengenai Indonesia? Lalu isinya apa saja? Dan saya bertanya-tanya mengapa berita di sana baru sampai tanggal 18 Oktober. Thx. sentausa 04:37, 8 November 2006 (UTC)

Karena kekurangan kontributornya? borgx(kirim pesan) 05:42, 8 November 2006 (UTC)

Wikipedia sumber yang terpercaya

(Tulisan ini dipindahkan dari Bak Pasir oleh ~Leo••bicara•• 05:31, 8 November 2006 (UTC))

Mencari informasi di internet membutuhkan sumber yang harus terpercaya, Wikipedia adalah salah satu sumber yang terpercaya itu serta . Terima menyajikan berita - berita yang hangat. kasih. terima kasih wikipedia Susila permana 02:59, 8 November 2006 (UTC)

Zia Chaudhry

Zia Chaudhry ini merupakan kasus serius. Saya kira baru pertama kali ada hal seperti ini di Wikipedia Indonesia. Untung halaman ini sedang diproses. Meursault2004 17:20, 8 November 2006 (UTC)

Halaman ini sudah kebijakan resmi lho ;) •• ivanlanin •• 17:57, 8 November 2006 (UTC)

Wah sorry mas nggak konsen nich :-) Meursault2004 15:12, 9 November 2006 (UTC)

hapus aja. Selain fitnah yang ga jelas asal usulnya itu, ga ada lagi informasi lain yang penting. Lagipula informasinya terlalu private (hah...? Ngapain wikipedia ngurusin orang mau nginap di hotel mana?)Hariadhi 16:16, 9 November 2006 (UTC)

TediBot

TediBot yang dioperasikan oleh Pengguna:Mssetiadi saya set bot. Bot ini digunakan untuk membuat banyak artikel baru sehingga agak memenuhi halaman perubahan terbaru. Jika ada yang tidak setuju bisa diutarakan di sini. Terima Kasih. borgx(kirim pesan) 06:24, 9 November 2006 (UTC)

namun setidaknya bisa di re-check (bot ini juga masih menggunakan manusia) :) --•• Irwangatot 07:48, 9 November 2006 (UTC)

Semua bot ada unsur manusia-nya. Yang buat pywikipedia juga manusia kan. Pertanyaannya sejauh mana si pengguna bot itu dipercaya, jika sudah dipercayai rasanya tidak masalah. Terus terang saya tidak pernah melewati 1 suntingan pun di perubahan terbaru, jadi bayangkan saja jika halaman pengguna baru dipenuhi oleh suntingan bot. borgx(kirim pesan) 00:06, 10 November 2006 (UTC)

maksud saya, seperti juga di su pengguna ini mengunakan bot(bukan status) untuk membuat artikel baru, kadang ada typo, belum kategori., intinya sih kita sama-sama check, gitu loh, (bukan meragukan status bot) --•• Irwangatot 10:45, 10 November 2006 (UTC)

RSS feed

hi wikiman wikiwati yang budiman

ada pertanyaan nih, gimana caranya dapetin RSS fedd dari wikipedia?. buat update terbaru atau even2 apa lah... thx b4..

Bri.

kl buat recent updates, halaman terbaru dan daftar riwayat halaman, link ke rss feed ada di kotak peralatan yg sebelah kiri halaman ini (RSS & Atom) kisti 12:04, 10 November 2006 (UTC)