Madeleine dari Valois: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
WikitanvirBot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: en:Magdalena of Valois
WikitanvirBot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: nl:Magdalena van Valois (1443-1495)
Baris 87: Baris 87:
[[it:Maddalena di Valois (1443-1495)]]
[[it:Maddalena di Valois (1443-1495)]]
[[ja:マドレーヌ・ド・フランス (ビアナ公妃)]]
[[ja:マドレーヌ・ド・フランス (ビアナ公妃)]]
[[nl:Magdalena van Valois (1443-1495)]]
[[pt:Madalena da França]]
[[pt:Madalena da França]]

Revisi per 23 Mei 2011 13.56

Magdalena dari Valois
Puteri Viana
Magdalena (kanan) dengan Ladislaus yang Anumerta
WangsaIstana Foix
Istana Valois
AyahCharles VII dari Perancis
IbuMarie dari Anjou
PasanganGaston, Pangeran Viana
AnakFrancis Phoebus
Catherine I dari Navarre

Magdalena dari Valois, juga disebut Madeleine de France (1 Desember 1443, Tours - 21 Januari 1495, Pamplona), merupakan putri Charles VII dari Perancis dan Marie dari Anjou, dan bertindak sebagai wali untuk anak-anaknya, Francis I dan Catherine I, yang sukses menjadi monarki Navarre.

Magdalena dijodohkan dengan Ladislaus yang Anumerta akan tetapi ia mati mendadak di Praha pada tanggal 23 Nopember 1457 sewaktu mempersiapkan pernikahannya. Diisukan pada saat itu oponen politiknya di Bohemia telah meracuninya; namun di abad ke-20 terbukti bahwa Ladislaus meninggal karena Leukemia, bukan suatu penyakit yang dikenali pada masa itu.

Ia menikah dengan Gaston, Pangeran Viana, putra dan pewaris Gaston IV, Pangeran Foix dan Eleanor dari Navarre, di Saint-Jean-d'Angély di tahun 1461. Mereka memiliki 2 orang anak:

Suaminya meninggal di tahun 1470, mendahului ayahnya; ketika Gaston IV meninggal di tahun 1472, hartanya diwariskan ke putra Magdalena, Francis Phoebus. Francis menjadi pewaris Navarre di tahun 1479 setelah kematian kakek buyutnya, John II dari Aragon dan Navarre, yang meninggalkan Navarre kepada pewaris yang berhak, ibu mertua Magdalena, Eleanor. Eleanor hanya menghabiskan beberapa minggu sebagai Ratu sebelum ia sendiri wafat; Francis Phoebus menjadi Raja, dan ibunya bertindak sebagai wali sampai kematiannya, diusianya yang ke-17 tahun, pada tahun 1483; Magdalena kemudian bertindak sebagai wali untuk putrinya, Catherine, sampai tahun 1494. Selama perwalian ini, ia terpaksa berlawanan dengan saudara iparnya, John dari Foix, yang menuntut tahta Navarre sebagai pewaris laki-laki Francis Phoebus.

Magdalena ditawan oleh Ferdinand II dari Aragon di tahun 1494. Ia meninggal di tahun berikutnya; kematiannya menimbulkan konflik yang baru.

Dengan kematian Charles VIII dari Perancis (keponakan Magdalena), keturunan Charles VI dari Perancis berhenti untuk menduduki tahta Perancis. Dengan kematian Anne dari Perancis, keturunan Magdalena, bersama dengan kakak perempuannya Yolande, istri Adipati Savoy menjadi keturunan sah terakhir Charles VII dari Perancis yang selamat. Keturunan dan pewarisnya, Henry III dari Navarre, akan menjadi Raja Perancis di tahun 1589, mengembalikan keturunan dan pewaris Charles VI dan Charles VII ke tahta Perancis.

Silsilah