Peirithos: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Alagos (bicara | kontrib)
k memindahkan Pirithos ke Peirithos
Alagos (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
Dalam [[mitologi Yunani]], '''Pirithos''' (Πειρίθοος) adalah raja [[Lapith]] di [[Thessaly]] dan suami [[Hippodameia (istri Pirithos)|Hippodameia]]. Dia adalah anak dari [[Dia (mitologi)|Dia]], dan ayahnya kemungkinan adalah [[Iksion]] atau [[Zeus]]<ref>[[Homeros]], ''[[Iliad]]'', 14.317.</ref>. Teman baiknya adalah [[Theseus]].
Dalam [[mitologi Yunani]], '''Peirithos''' (Πειρίθοος) adalah raja [[Lapith]] di [[Thessaly]] dan suami [[Hippodameia (istri Peirithos)|Hippodameia]]. Dia adalah anak dari [[Dia (mitologi)|Dia]], dan ayahnya kemungkinan adalah [[Iksion]] atau [[Zeus]]<ref>[[Homeros]], ''[[Iliad]]'', 14.317.</ref>. Teman baiknya adalah [[Theseus]].


== Dalam mitologi ==
== Dalam mitologi ==
Pirithos telah lama mendengar mengenai kehebatan Thesseus tetapi dia ingin bukti. Oleh karena itu Pirithos mencuri ternak milik Thesseus sehingga Theseus mengejarnya. Mereka kemudian saling berhadapan dan terkesan satu sama lain sehingga mereka kemudian bersahabat.
Peirithos telah lama mendengar mengenai kehebatan Thesseus tetapi dia ingin bukti. Oleh karena itu Peirithos mencuri ternak milik Thesseus sehingga Theseus mengejarnya. Mereka kemudian saling berhadapan dan terkesan satu sama lain sehingga mereka kemudian bersahabat.


Suatu hari Pitithous menginginkan [[Persefon]], pasangan [[Hades]], menjadi istrinya. Dia dan Thesseus kemudian pergi ke [[dunia bawah]] dan berencana menculik Persefon. Namun Hades telah mengetahui rencana mereka dan mengurung mereka dengan batu. [[Herakles]] membebaskan Thesseus dari batu tersebut tapi tidak mampu menyelamatkan Pirithos. Pirithos akhirnya dihukum di dunia bawah.
Suatu hari Pitithous menginginkan [[Persefon]], pasangan [[Hades]], menjadi istrinya. Dia dan Thesseus kemudian pergi ke [[dunia bawah]] dan berencana menculik Persefon. Namun Hades telah mengetahui rencana mereka dan mengurung mereka dengan batu. [[Herakles]] membebaskan Thesseus dari batu tersebut tapi tidak mampu menyelamatkan Peirithos. Peirithos akhirnya dihukum di dunia bawah.


== Referensi ==
== Referensi ==
Baris 10: Baris 10:


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==
* {{en}}[http://www.pantheon.org/articles/p/pirithous.html Pirithous di Encyclopedia Mythica]
* {{en}}[http://www.pantheon.org/articles/p/pirithous.html Peirithous di Encyclopedia Mythica]
* {{en}}[http://www.mlahanas.de/Greeks/Mythology/Pirithous.html Pirithos di Hellenica]
* {{en}}[http://www.mlahanas.de/Greeks/Mythology/Pirithous.html Peirithos di Hellenica]
* {{en}}[http://www.maicar.com/GML/Pirithous.html Pirithos di Greek Mythology Link]
* {{en}}[http://www.maicar.com/GML/Pirithous.html Peirithos di Greek Mythology Link]


[[Kategori:Raja dalam mitologi Yunani]]
[[Kategori:Raja dalam mitologi Yunani]]

Revisi per 28 April 2011 13.53

Dalam mitologi Yunani, Peirithos (Πειρίθοος) adalah raja Lapith di Thessaly dan suami Hippodameia. Dia adalah anak dari Dia, dan ayahnya kemungkinan adalah Iksion atau Zeus[1]. Teman baiknya adalah Theseus.

Dalam mitologi

Peirithos telah lama mendengar mengenai kehebatan Thesseus tetapi dia ingin bukti. Oleh karena itu Peirithos mencuri ternak milik Thesseus sehingga Theseus mengejarnya. Mereka kemudian saling berhadapan dan terkesan satu sama lain sehingga mereka kemudian bersahabat.

Suatu hari Pitithous menginginkan Persefon, pasangan Hades, menjadi istrinya. Dia dan Thesseus kemudian pergi ke dunia bawah dan berencana menculik Persefon. Namun Hades telah mengetahui rencana mereka dan mengurung mereka dengan batu. Herakles membebaskan Thesseus dari batu tersebut tapi tidak mampu menyelamatkan Peirithos. Peirithos akhirnya dihukum di dunia bawah.

Referensi

  1. ^ Homeros, Iliad, 14.317.

Pranala luar