Atlanta: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: mi:Atlanta, Georgia
WikitanvirBot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Mengubah: tr:Atlanta
Baris 102: Baris 102:
[[th:แอตแลนตา]]
[[th:แอตแลนตา]]
[[tl:Atlanta, Georgia]]
[[tl:Atlanta, Georgia]]
[[tr:Atlanta, Georgia]]
[[tr:Atlanta]]
[[ug:Atlanta]]
[[ug:Atlanta]]
[[uk:Атланта (Джорджія)]]
[[uk:Атланта (Джорджія)]]

Revisi per 28 April 2011 07.01

Atlanta adalah ibukota negara bagian Georgia, Amerika Serikat. Pada tahun 2008, penduduknya berjumlah 538.000 jiwa. Kota dengan daerah metropolitan berjumlah sekitar 5,5 juta jiwa, merupakan wilayah metropolitan terbesar di Georgia atau urutan kedelapan di AS.

Atlanta adalah pusat perkeretaapian di AS selatan dan salah satu pusat distribusi, industri, perdagangan dan kebudayaan. Pabrik-pabrik tekstil, alat-alat rumah tangga, minyak biji kapas, mesin, alat-alat listrik, sepatu dan obat-obatan. Saat berdiri (1837) dinamai Terminus (akhir jalan KA); nama diubah pada 1845.

Gedung yang terkenal di Atlanta termasuk Museum Kesenian, Gedung Arsip Negara, Katedral Kristus Raja, gedung dengan "Cyclorama Pertempuran dekat Atlanta", tempat penyimpanan ternak, pasar petani dan Fort McPherson, benteng kuno. Banyak lembaga pendidikan seperti universitas dan college, antara lain Institut Teknologi Georgia, Universitas Oglethorpe, Universitas Emory dan untuk bangsa kulit hitam: College Morris Brown (1885), Sistem Universitas Atlanta (1929); College Clark (1870).

Bandara Internasional Hartsfield adalah bandar udara tersibuk di dunia. Bandara ini terletak 11km di selatan dari tengah kota.

Markas perusahaan minuman Coca-cola juga terletak di Atlanta.

Referensi

  • 1991.Ensiklopedi Umum.Yogyakarta:Kanisius