Uni Penyiaran Eropa: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
637 bita ditambahkan ,  10 tahun yang lalu
k
tidak ada ringkasan suntingan
k
k
! Tahun
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Albania}} || [[Radio Televizioni Shqiptar|Albanian Public Radio and Television]] || ''Radio Televizioni Shqiptar'' || RTSH ||1999
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Andorra}} || [[Ràdio i Televisió d'Andorra|Radio and Television of Andorra]] || ''Ràdio i Televisió d'Andorra'' || RTVA ||2002
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Armenia}} || [[Armenian Public Television]] || ''Հայաստանի հանրային հեռուստաընկերություն'' || ARMTV||2005
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Austria}} || [[ORF (penyiar)|Austrian Broadcasting]] || ''Österreichischer Rundfunk'' || ORF ||1953
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Azerbaijan}} || [[İctimai Televiziya və Radio Yayımları Şirkəti|Public Television and Radio Broadcasting Company]] || ''İctimai Televiziya və Radio Yayımları Şirkəti'') || İTV || 2007
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Belarus}} || [[BelTeleRadioCompany]] || ''БелТэлеРадыёКампанія'' ||BTRC ||1993
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Belgium}} || [[Vlaamse Radio- en Televisieomroep|Flemish Radio- and Television Network]] || ''Vlaamse Radio- en Televisieomroep'' || VRT ||1950
|-
| [[RTBF|Radio-Télévision Belge de la Communauté Française]] || ''Radio-Télévision Belge de la Communauté Française'' || RTBF || 1950
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Bosnia and Herzegovina|name=Bosnia & Herzegovina}} || [[Radiotelevision of Bosnia-Herzegovina|Radiotelevision of Bosnia & Herzegovina]] || ''Radio-televizija Bosne i Hercegovine'' || BHRT || 1993
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Bulgaria}} || [[Bulgarian National Radio]] || ''Българско национално радио'' || BNR || 1993
|-
| [[Bulgarian National Television]] || ''Българска национална телевизия'' || BNT || 1993
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Croatia}} || [[Croatian Radiotelevision]] || ''Hrvatska Radiotelevizija'' || HRT || 1993
|-
| rowspan="2" align=left | {{flagflagcountry|Czech Republic}} || [[Český rozhlas|Czech Radio]] || ''Český Rozhlas'' || ČR ||1993
|-
| [[Česká televize|Czech Television]] || ''Česká Televize'' || ČT || 1993
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Cyprus}} || [[Cyprus Broadcasting Corporation]] || ''Ραδιοφωνικό Ίδρυμα Κύπρου'') (''Kıbrıs Yayın Kurumu'' || CY/CBC || 1968
|-
| align=left rowspan="2"| {{flagflagcountry|Denmark}} || [[Danmarks Radio|Danish Radio]] || ''Danmarks Radio'' || DR || 1950
|-
| [[TV 2 (Denmark)|TV2]] || ''TV2 AS'' || DK/TV2 || 1990
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Estonia}} || [[Eesti Rahvusringhääling|Estonian Public Broadcasting]] || ''Eesti Rahvusringhääling'' || ERR || 1993
|-
| rowspan="2" align=left | {{flagflagcountry|Finland}} || - [[YLE|Finnish Circle Radio]]{{br}}- [[YLE FST5|Swedish Broadcasting of Finland]] || ''Yleisradio Oy'' || YLE/FST5 || 1950
|-
| [[MTV3|Commercial Channel 3]] || ''Mainotelevisio 3'' || MTV3 || 1993
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|France}} ||- [[TF1|Télévision Française 1]]{{br}}- [[France Télévisions]]{{br}}- [[Canal+]]{{br}}- [[Radio France]]{{br}}- [[Radio France Internationale]]|| ''Groupement des Radiodiffuseurs Français de l’UER'' || GRF || 1950
|-
| [[Europe 1]] || ''Europe 1'' || E1 || 1978
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Georgia}} || [[Georgian Public Broadcasting]] || ''საქართველოს საზოგადოებრივი მაუწყებელი'' || GPB || 2005
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Germany}} || [[ARD (broadcaster)|German Broadcasting Corporation]] || ''Arbeitsgemeinschaft der öffentlich-rechtlichen Rundfunkanstalten'' || ARD || 1952
|-
| [[ZDF|German Second Television]] || ''Zweites Deutsches Fernsehen'' || ZDF || 1963
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Greece}} || [[Ellinikí Radiofonía Tileórasi|Hellenic Radio Television]] || ''Ελληνική Ραδιοφωνία Τηλεόραση'' || ERT || 1950
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Hungary}} || [[Magyar Rádió|Hungarian Radio]] || ''Magyar Rádió'' || MR || 1993
|-
| [[Magyar Televízió|Hungarian Television]] || ''Magyar Televízió'' || HU/MTV || 1993
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Iceland}} || [[RUV|National Broadcasting Service]] || ''Ríkisútvarpið'' ||RÚV || 1956
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Ireland}} || [[RTÉ|Irish Public Service Broadcaster]] || ''Radio Telefís Éireann'' || RTÉ || 1950
|-
| [[TG4|Gaelic Television]] || ''Teilifís na Gaeilge'' || TG4 || 2007
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Italy}} || [[RAI|Radiotelevisione Italiana]] || ''Radiotelevisione Italiana'' || RAI || 1950
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Latvia}} || [[Latvijas Televīzija|Latvian Television]] || ''Latvijas Televīzija'' || LR || 1993
|-
| align=left | [[Latvijas Televīzija|Latvian Radio]] || ''Latvijas Radio'' || LTV || 1993
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Lithuania}} || [[Lithuanian National Radio and Television]] || ''Lietuvos Radijas ir Televizija'' || LRT || 1993
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Luxembourg}} || [[Compagnie Luxembourgeoise de Télédiffusion|CLT Multi Media]] || ''Compagnie Luxembourgeoise de Télédiffusion'' || RTL || 1950
|-
| [[Radio 100,7]] || ''Radio 100,7'' || ERSL || 1996
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Macedonia|name=Macedonia}} || [[Macedonian Radio-Television]] || ''Македонска Радио Телевизија'' || MKRTV || 1993
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Malta}} || [[Public Broadcasting Services]] || ''Public Broadcasting Services'' || MT/PBS || 1969
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Moldova}} || [[Teleradio-Moldova]] || ''Teleradio-Moldova'' || TRM || 1993
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Monaco}} || [[Radio Monte-Carlo]] || ''Groupement de Radiodiffuseurs Monégasques'' || TMC || 1950
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Montenegro}} || [[RTCG|Radio Television of Montenegro]] || ''Радио Телевизија Црне Горе'' || RTCG || 2001
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Netherlands}} || [[Netherlands Public Broadcasting]] || ''Nederlandse Publieke Omroep'' || NPO || 1950
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Norway}} || [[Norsk Rikskringkasting|Norwegian Broadcasting Corporation]] || ''Norsk Rikskringkasting'' || NRK || 1950
|-
| [[TV 2 (Norway)|TV2]] || ''TV2 AS'' || NO/TV2 || 1992
|-
| rowspan="2" align=left | {{flagflagcountry|Poland}} || [[Telewizja Polska|Polish Television]] || ''Telewizja Polska'' || TVP || 1993
|-
| [[Polskie Radio|Polish Radio]] || ''Polskie Radio'' || PR || 1993
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Portugal}} || [[Rádio e Televisão de Portugal|Radio and Television of Portugal]] || ''Rádio e Televisão de Portugal'' ||RTP || 1950
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Romania}} || [[Romanian Radio Broadcasting Company]] || ''Societatea Română de Radiodifuziune'' || ROR || 1993
|-
| [[Romanian Television]] || ''Televiziunea Română'' || TVR || 1993
|-
| align=left rowspan="3" | {{flagflagcountry|Russia}} || [[C1R|Channel One Russia]] || ''Первый канал'' || C1R || 1993
|-
| [[RDO|Radio House Ostankino]] || ''Радиодом Останкино'' || RDO || 1993
| [[Russia TV Channel]] || ''Телеканал Россия'' || RTR || 1993
|-
| align=left | {{flagflagcountry|San Marino}} || [[San Marino RTV]] || ''San Marino Radio and Television'' || SMRTV || 1995
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Serbia}} || [[Radio Television of Serbia]] || ''Радио-телевизија Србије'' || RTS || 2001
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Slovakia}} || [[Slovenský rozhlas|Slovak Radio]] || ''Slovenský Rozhlas'' || SK/SR || 1993
|-
| [[Slovenská televízia|Slovak Television]] || ''Slovenská Televízia'' || SK/STV || 1993
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Slovenia}} || [[Radiotelevizija Slovenija|Radio-Television Slovenia]] || ''Radiotelevizija Slovenija'' || RTVSLO || 1993
|-
| align=left rowspan="3" | {{flagflagcountry|Spain}} || [[RTVE|Corporación Radiotelevisión Española]] || ''Radiotelevisión Española'' || RTVE || 1955
|-
| [[Cadena SER]] || ''Sociedad Española de Radiodifusión'' || SER || 1982
| [[Cadena COPE]] || ''Cadena de Ondas Populares de España'' || COPE || 1998
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Sweden}} ||- [[Sveriges Television|Swedish Television]]{{br}}- [[Sveriges Radio|Swedish Radio]] {{br}}- [[Utbildningsradion|Swedish Educational Broadcasting]] || ''Sveriges Television och Radio Grupp'' || SVT || 1950
|-
| [[TV4 (Sweden)|TV4]] || ''TV4 AB'' || TV4 || 2004
|-
| {{flagflagcountry|Switzerland}} || - [[SRG SSR idée suisse]] {{br}}- [[Radiotelevisione Svizzera di lingua Italiana]] || ''Société suisse de radiodiffusion et télévision'' || SSR SRG|| 1950
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Turkey}} || [[Turkish Radio and Television Corporation]] || ''Türkiye Radyo-Televizyon Kurumu'' || TRT|| 1950
|-
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Ukraine}} || [[National Television Company of Ukraine]] || ''Національна Телекомпанія України'' ||NTU || 1993
|-
| [[Radio Ukraine|National Radio Company of Ukraine]] || ''Національна радіокомпанія України'' || NRU || 1993
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|United Kingdom}} ||- [[BBC|British Broadcasting Corporation]] || ''British Broadcasting Corporation'' || BBC || 1950
|-
| - [[ITV|Independent Television]]{{br}}- [[Channel 4]]{{br}}- [[S4C|Welsh Fourth Channel]]{{br}} || ''United Kingdom Independent Broadcasting'' || UKIB || 1959
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Vatican City}} || [[Vatican Radio]] || ''Radio Vaticana'' || RV || 1950
|-
|}
! Tahun
|-
| align=left rowspan="3" | {{flagflagcountry|Algeria}} || [[Entreprise nationale de Télévision|National Television Company]] ||align=right|المـؤسـسـة العمومية للتـلـفزيـون || ENTV || 1969
|-
| [[Entreprise nationale de Radiodiffusion sonore|National Sound-broadcasting Company]] ||align=right|الإذاعة الجزائري || ENRS || 1969
| [[Télédiffusion d'Algérie|Television of Algeria]] ||align=right|التلفزيون في الجزائر || TDA || 1969
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Egypt}} || [[ERTU|Egyptian Radio and Television Union]] ||align=right|التلفزيون المصري || ERTU || 1950-1958, 1984
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Israel}} || [[Israel Broadcasting Authority]] ||align=right|רָשׁוּת השׁידוּר || IBA || 1957
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Jordan}} || [[JRTV|Jordan Radio and Television Corporation]] ||align=right|الفضائية || JRTV || 1969
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Lebanon}} || [[Télé Liban]] ||align=center| - || TL || 1950
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Libya}} || [[Libya Jamahiriya Broadcasting]] ||align=center| - || LJB|| 1974
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Morocco}} || [[Société Nationale de Radiodiffusion et de Télévision]] ||align=center| الشركة الوطنبة للإذاعة والتلفرة || SNRT|| 1950-1961, 1968
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Tunisia}} || [[Etablissement de la Radiodiffusion-Télévision Tunisienne]] ||align=center| - || ERTT|| 1950
|-
|}
! Tahun
|-
| align=left rowspan="2" | {{flagflagcountry|Australia}} || [[Australian Broadcasting Corporation|National Television Company]] || ABC Australia ||
|-
| [[Special Broadcasting Service|SBS Australia]] || SBS||
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Bangladesh}} || [[National Broadcasting Authority of Bangladesh]] || ||
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Canada}} || [[Canadian Broadcasting Corporation]] (Societé Radio Canada) || CBC/SRC||
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Chile}} || [[Canal 13 (Chile)]] || UC13||
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Cuba}} || [[Cuban Television]] || ICRT||
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Gambia}} || [[Gambia Radio & Television Service]] || GRTS||
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Greenland}} || [[Kalaallit Nunaata Radioa]] || KNR||
|-
| align=left | {{flagflagcountry|Hong Kong}} || [[Radio Television Hong Kong]] || RTHK||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|India}} || [[All India Radio]] || AIR||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Iran}} || [[Islamic Republic of Iran Broadcasting]] || IRIB||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Japan}} || [[Nippon Hoso Kyokai]] || NHK||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Malaysia}} || [[Radio Television Malaysia]] || RTM||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Mauritania }} || [[TV de Mauritanie]] || MR/TVM||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Mauritius}} || [[Mauritius Broadcasting Corporation]] || MBC||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Nepal }} || [[Nepal Television]] || NTVC||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|New Zealand }} || [[Radio New Zealand]] || RNZ||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|New Zealand }} || [[Television New Zealand|Television New Zealand Ltd]] || TVNZ||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Oman }} || [[Oman Directorate General of Radio and Television]] || ODGRT||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Pakistan }} || [[Pakistan Television Corporation]] || PK/PTV||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Qatar }} || [[Al Jazeera Children's Channel]] || JCC||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|South Africa }} || [[South African Broadcasting Corporation]] || SABC||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|United States}} || [[NBC|National Broadcasting Company]]<ref name="associates">[http://www.ebu.ch/en/ebu_members/associates/index.php European Broadcasting Union list of Associate Members]</ref> || NBC||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|United States}} || [[American Broadcasting Company]]<ref name="associates" /> || ABC||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|United States}} || [[CBS|Columbia Broadcasting System]]<ref name="associates" /> || CBS||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|United States}} || [[National Public Radio]]<ref name="associates" /> || NPR||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|United States}} || [[American Public Media]]<ref name="associates" /> || APM||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|United States}} || [[WFMT|WFMT 98.7 FM]], [[Chicago, Illinois]]<ref name="associates" /> || WFMT||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Venezuela }} || [[RCTV|Radio Caracas Televisión / Radio Caracas Radio]] || RCTV||
|-
|align=left | {{flagflagcountry|Zimbabwe }} || [[Zimbabwe Broadcasting Corporation]] || ZBC||
|-
|}
 
=== Anggota EBU yang berpotensi ===
* {{flagflagcountry|Liechtenstein}}: [[1FLTV]] adalah satu-satunya penyiar televisi Liechtenstein yang mulai mengudara sejak [[15 Agustus]] [[2008]].
* {{flagflagcountry|Morocco}}: Saluran komersial kedua Maroko [[2M TV]] telah diundang untuk bergabung dengan EBU.
* {{flagflagcountry|Syria}}: [[ORTAS]] (Organisme de la Radio-Télévision Arabe Syrienne) - saat ini hanya anggota terkait (1950-58).
* {{flagflagcountry|Palestine}}: [[Palestine Radio and TV Corporation|PRTV]] tertarik bergabung dengan EBU.
* {{flagflagcountry|Kosovo}}: [[Radio Television of Kosovo|RTK]] tertarik bergabung dengan EBU.
* {{flagflagcountry|Kazakhstan}}: [[El Arna]], anggta dair perusahaan media [[Khabar]] bukanlah anggota, tapi memperoleh hak siar [[Kontes Lagu Eurovision 2008]], acara yang diselenggarakan oleh EBU.
 
== Lihat pula ==

Menu navigasi