Alitalia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Borgx (bicara | kontrib)
Indoboy (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Alitalia''' ([[Kode IATA]]: '''AZ''', [[Kode ICAO|ICAO]]: '''AZA''') adalah [[maskapai penerbangan nasional]] [[Italia]]. Maskapai penerbangan ini melayani penerbangan domestik dan internasional dari pusatnya di [[Bandara Internasional Malpensa]], [[Milan]] dan [[Bandara Internasional Leonardo Da Vinci]], [[Roma]]. Alitalia tergabung dalam [[aliansi penerbangan]] [[SkyTeam]].
'''Alitalia''' adalah maskapai penerbangan utama [[Italia]]. Dengan kode [[IATA]] '''AZ''' dan kode [[ICAO]] '''AZA'''. Maskapai penerbangan ini berdiri pada tahun [[1946]].

== Sejarah ==
Alitalia didirikan pada [[16 September]] [[1946]] dengan nama lengkap Aerolinee Italiane Internazionali. Operasi dimulai dengan penerbangan pertama antara [[Roma]] dan [[Torino]] pada [[5 Mei]] [[1947]], dan kemudian mengangkut lebih dari 10.000 penumpang di tahun itu. Penerbangan internasional pertama Alitalia dimulai di tahun berikutnya dengan penerbangan antara [[Milan]] dan kota-kota di [[Amerika Selatan]]. Pada [[31 Oktober]] [[1957]], Alitalia bergabung dengan Linee Aeree Italiane dan menggunakan nama '''Alitalia Linee Aeree Italiane'''.

Dimulai sejak [[September]] [[2004]], Alitalia diterpa berbagai masalah. Pertama, manajemen menyatakan tidak cukup dana untuk membayar [[gaji]] pekerjanya setelah bulan itu. Karenanya, muncullah rencana untuk merumahkan 5000 orang pegawai dan membagi perusahaan menjadi dua, [[maskapai penerbangan]] dan layanan darat. Pada [[24 September]], Alitalia membuat kesepakatan dengan serikat pekerja untuk pinjaman dari pemerintah [[Italia]]. Maskapai ini berhasil menyelamatkan diri dari kebangkrutan.

Setalah itu, maskapai ini didenda oleh agensi ''antitrust'' Italia sebesar 30.000 [[euro]] karena menyesatkan konsumen dengan mengiklankan penerbangan ''round-trip'' tetapi hanya menunjukkan harga tiket sekali jalan di situs webnya pada [[Desember]] [[2005]]. Kemudian, [[Komisi Eropa]] menyelenggarakan investigasi mengenai rencana Italia untuk merestrukturisasi Alitalia untuk memastikan bahwa maskapai ini tidak mendapatkan [[subsidi]] ilegal. Rencana [[rekapitalisasi]] ini, termasuk juga PHK besar-besaran, diperkirakan berlangsung pada musim semi [[2006]].

== Tujuan ==
{{utama|Bandara tujuan Alitalia}}

== Armada ==
* 12 [[Airbus A319|Airbus A319-100]]
* 11 [[Airbus A320|Airbus A320-200]]
* 23 [[Airbus A321|Airbus A321-100]]
* 13 [[Boeing 767|Boeing 767-300ER]]
* 10 [[Boeing 777|Boeing 777-200ER]]
* 74 [[McDonnel Douglas MD-82|MD-82]]

== Pranala luar ==
* [http://www.alitalia.com/ Situs web Alitalia]


{{stub}}
[[Kategori:Maskapai penerbangan di Italia]]
[[Kategori:Maskapai penerbangan di Italia]]
[[Kategori:SkyTeam]]
[[Kategori:SkyTeam]]

Revisi per 20 Oktober 2006 08.53

Alitalia (Kode IATA: AZ, ICAO: AZA) adalah maskapai penerbangan nasional Italia. Maskapai penerbangan ini melayani penerbangan domestik dan internasional dari pusatnya di Bandara Internasional Malpensa, Milan dan Bandara Internasional Leonardo Da Vinci, Roma. Alitalia tergabung dalam aliansi penerbangan SkyTeam.

Sejarah

Alitalia didirikan pada 16 September 1946 dengan nama lengkap Aerolinee Italiane Internazionali. Operasi dimulai dengan penerbangan pertama antara Roma dan Torino pada 5 Mei 1947, dan kemudian mengangkut lebih dari 10.000 penumpang di tahun itu. Penerbangan internasional pertama Alitalia dimulai di tahun berikutnya dengan penerbangan antara Milan dan kota-kota di Amerika Selatan. Pada 31 Oktober 1957, Alitalia bergabung dengan Linee Aeree Italiane dan menggunakan nama Alitalia Linee Aeree Italiane.

Dimulai sejak September 2004, Alitalia diterpa berbagai masalah. Pertama, manajemen menyatakan tidak cukup dana untuk membayar gaji pekerjanya setelah bulan itu. Karenanya, muncullah rencana untuk merumahkan 5000 orang pegawai dan membagi perusahaan menjadi dua, maskapai penerbangan dan layanan darat. Pada 24 September, Alitalia membuat kesepakatan dengan serikat pekerja untuk pinjaman dari pemerintah Italia. Maskapai ini berhasil menyelamatkan diri dari kebangkrutan.

Setalah itu, maskapai ini didenda oleh agensi antitrust Italia sebesar 30.000 euro karena menyesatkan konsumen dengan mengiklankan penerbangan round-trip tetapi hanya menunjukkan harga tiket sekali jalan di situs webnya pada Desember 2005. Kemudian, Komisi Eropa menyelenggarakan investigasi mengenai rencana Italia untuk merestrukturisasi Alitalia untuk memastikan bahwa maskapai ini tidak mendapatkan subsidi ilegal. Rencana rekapitalisasi ini, termasuk juga PHK besar-besaran, diperkirakan berlangsung pada musim semi 2006.

Tujuan

Armada

Pranala luar