Provinsi Satun: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k r2.5.2) (bot Menambah: sco:Satun Province
ChuispastonBot (bicara | kontrib)
Baris 60: Baris 60:


[[ace:Propinsi Satun]]
[[ace:Propinsi Satun]]
[[bo:ས་ཊུན་ཞིང་ཆེན།]]
[[bpy:চাংৱাত সাতুন]]
[[bpy:চাংৱাত সাতুন]]
[[de:Satun (Provinz)]]
[[de:Satun (Provinz)]]

Revisi per 8 Februari 2011 15.38

สตูล
Satun
Lokasi Satun di Thailand
Luas:2,479.0 km²
Jumlah penduduk247,875 (tahun 2000)
Kepadatan:100 inh./km²

Satun (Bahasa Thailand สตูล) merupakan salah satu provinsi (changwat) di Thailand Selatan. Provinsi-provinsi yang berdekatan (dari arah utara searah jarum jam) adalah Trang, Phattalung dan Songkhla. Di bagian selatan, Satun berbatasan dengan Malaysia. Provinsi ini beribukota di Satun.

Geografi

Satun terletak di Semenanjung Malaysia dan berpantai dengan Laut Andaman.

Taman laut Ko Tarutao dan Phetra terdapat di provinsi ini. Berdekatan dengan perbatasan Malaysia adalah Thale Ban, sebuah taman yang memiliki sebuah rawa air tawar yang besar.

Sejarah

Hingga tahun 1813, Satun merupakan sebuah kampung di Kedah Darul Aman di Malaya, dikenal sebagai Mukim Setul. Akibat perjanjian Britania dengan Siam pada tahun 1909, Britania menyerahkan Setul kepada Siam karena mayoritas penduduknya adalah bangsa Thai. Satun pada mulanya dimasukkan bersama Phuket dan pada tahun 1925 disertakan dalam Provinsi Nakhon Si Thammarat. Satun mulai diatur secara mandiri pada tahun 1933.

Demografi

Satun merupakan salah satu dari 4 provinsi di Thailand yang mayoritas penduduknya beragama Islam; 67,8% adalah Muslim dan 31,9% adalah penganut Buddha. 9,9% rakyat Satun adalah orang Melayu.

Simbol

Lambang wilayah Satun Lambang wilayah Satun memaparkan dewa Pra Samut Thewaa yang sedang duduk di atas batu dan berlatarkan laut dan matahari yang sedang membenam. Dewa Pra Samut Thewaa adalah penjaga laut dan matahari melambangkan Laut Andaman, yang terletak di sebelah barat wilayah tersebut.

Simbol-simbol yang lain termasuk pohon kayu mawar Thai (Dalbergia bariensis), dan bunga pohon anggrek salju (Bauhinia acuminata). Slogan wilayah adalah, "Aman, Bersih dan Alam Semulajadi".

Pembagian administratif

Pattani terbagi atas 6 kawasan administratif (Amphoe), dibagikan lagi kepada 36 daerah swapraja (tambon) dan 257 buah kampung (mubaan).

Amphoe King Amphoe
  1. Mueang Satun
  2. Khuan Don
  3. Khuan Kalong
  1. Tha Phae
  2. La-ngu
  3. Thung Wa
  1. Manang

Pranala luar