Wikipedia:Tanya jawab (Umum): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k bot kosmetik perubahan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 14: Baris 14:


== Mengapa disebut Wikipedia? ==
== Mengapa disebut Wikipedia? ==
:'Wikipedia' merupakan singkatan dari 'Wiki' dan 'ensiklopedia'.
:'[[Wikipedia]]' merupakan singkatan dari '[[Wiki]]' dan '[[ensiklopedia]]'.


== Apa tujuan Wikipedia? ==
== Apa tujuan Wikipedia? ==

Revisi per 16 Januari 2011 12.45

Halaman ini berisi daftar pertanyaan mengenai Wikipedia yang sering diajukan oleh pengguna baru. Periksalah apakah pertanyaan yang akan Anda ajukan telah terjawab di halaman ini atau belum, jika belum maka Anda dapat mengajukannya di Warung Kopi.

Apa itu Wiki?

Wiki merupakan kumpulan halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Konsep dan piranti lunak Wiki diciptakan oleh Ward Cunningham. Anda boleh mengubah semua halaman yang ada di situs web ini, bahkan halaman yang sedang Anda baca sekarang (dengan cara mengklik "sunting" di bagian atas atau bawah halaman ini). Jika Anda hanya penasaran dan ingin melihat dengan mata sendiri bagaimana cara kerja Wiki, Anda dipersilakan bereksperimen dengan bak pasir.

Apa itu Wikipedia?

Wikipedia adalah suatu ensiklopedia online yang bebas disunting oleh siapa saja. Pendiri Wikipedia Jimmy Wales pernah menggambarkan Wikipedia sebagai "sebuah usaha untuk menciptakan dan menyebarkan sebuah ensiklopedia bebas dalam berbagai bahasa berkualitas tinggi kepada setiap orang di planet ini dalam bahasanya sendiri". Wikipedia hadir untuk membawa pengetahuan bagi orang yang memerlukannya.

Siapa yang memiliki Wikipedia?

Wikipedia dimiliki oleh sebuah organisasi nirlaba yang bernama Yayasan Wikimedia yang juga mengatur jalannya proyek-proyek Wiki lainnya seperti KamusWiki (sebuah kamus), Wikibooks, dll. Yayasan Wikimedia adalah pemilik nama-nama domain tersebut. Awalnya situs Wikipedia dilayani oleh server-server Bomis, Inc., sebuah perusahaan yang mayoritas dimiliki oleh Jimmy Wales. Seiring dengan berdirinya Yayasan Wikimedia pada 20 Juni 2003, kepemilikan semua nama domain Wikipedia dan proyek-proyeknya dipindahkan ke yayasan. Situs ini dioperasikan oleh komunitas Wikipedia dan diatur oleh prinsip-prinsip yang dibuat oleh Jimmy Wales, termasuk antara lain kebijakan mengenai sudut pandang netral.
Semua artikel dalam situs ini dirilis oleh penulis-penulisnya di bawah lisensi GNU Free Documentation License atau lisensi bebas, sehingga keseluruhan artikel merupakan konten bebas dan dapat direproduksi kembali secara bebas dengan lisensi yang sama.

Mengapa disebut Wikipedia?

'Wikipedia' merupakan singkatan dari 'Wiki' dan 'ensiklopedia'.

Apa tujuan Wikipedia?

Tujuan Wikipedia adalah untuk menciptakan ensiklopedi gratis untuk semua pengguna--- ensiklopedi yang terbesar dan terlengkap. Tujuan ini tidak mudah dicapai dan mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun.

Siapa yang bertanggungjawab atas isi Wikipedia?

Wikiwan dan Wikiwati, atau anggota-anggota Wikipedia. Wikipedia merupakan suatu kolaborasi. Ribuan orang telah memberikan sumbangsih terhadap bagian-bagian dari proyek ini. Siapapun dapat memberikan sumbangsih, termasuk Anda.

Mengapa artikel saya diusulkan untuk dihapus?

Artikel yang Anda buat dapat diusulkan oleh siapa saja untuk dihapus, tetapi hanya seorang Pengurus yang dapat menghapusnya. Alasan penghapusan bisa berupa:
  • isinya belum masuk kriteria bisa dimasukkan ke dalam ensiklopedia
  • topiknya tidak notable
  • isi artikel tidak berbobot
  • mengandung penyesatan dan fitnah
  • keseluruhan isinya hanya berupaya merusak isi wikipedia
Lihat Wikipedia:Kebijakan dalam menghapus halaman untuk penjelasan lebih lanjut.
Artikel yang dihapus tidak menjadikan anda seorang penulis yang buruk. Ia hanya dianggap belum memenuhi standar untuk penulisan wikipedia. Halaman diskusi bisa anda gunakan untuk meyakinkan pengguna lain dan pengurus bahwa keterangan tersebut layak dimasukkan ke wikipedia, dan bila alasan tersebut diterima, selanjutnya bersama-sama mengembangkannya agar lebih baik.
Bila Anda menemukan artikel yang layak untuk dihapus, maka silakan klik tab "Sunting" di atas halaman dan Anda dapat menambahkan tag berikut ini di bagian atas dari artikel tersebut:
{{hapus}}
Pada kotak suntingan, ketikkan ringkasan singkat "{{hapus}}".
Setelah Anda menyimpannya, maka di atas artikel tersebut akan muncul label ini:
Artikel bermasalah

Ini adalah halaman proyek yang memenuhi kriteria penghapusan cepat, tetapi tidak ada alasan yang diberikan untuk memenuhinya. Pastikan bahwa alasan Anda telah memenuhi salah satu syarat KPC. Ganti tag dengan {{db|1=alasan Anda}}.

Jika halaman proyek ini tidak memenuhi syarat KPC, atau Anda ingin memperbaikinya, silakan hapus pemberitahuan ini, tetapi tidak dibenarkan menghapus pemberitahuan ini dari halaman yang Anda buat sendiri. Jika Anda membuat halaman ini tetapi Anda tidak setuju, Anda boleh mengeklik tombol di bawah ini dan menjelaskan mengapa Anda tidak setuju halaman itu dihapus. Silakan kunjungi halaman pembicaraan untuk memeriksa jika sudah menerima tanggapan pesan Anda.

Ingat bahwa halaman proyek ini dapat dihapus kapan saja jika sudah tidak diragukan lagi memenuhi kriteria penghapusan cepat, atau penjelasan dikirim ke halaman pembicaraan Anda tidak cukup meyakinkan kami.

Kepada nominator: Tempatkan templat:
{{subst:db-reason-notice|Wikipedia:Tanya jawab (Umum)|header=1|tidak ada alasan yang diberikan}} ~~~~
pada halaman pembicaraan pembuat/pengunggah.

Kepada pengurus: halaman ini memiliki isi pada halaman pembicaraannya yang harus diperiksa sebelum dihapus.

Pengurus: periksa pranala balik, riwayat (beda), dan catatan sebelum dihapus. Periksa di Google.
Halaman ini terakhir disunting oleh Sardo Samuel Erick Limbong (kontribusi | log) pada 12:45, 16 Januari 2011 (UTC) (13 tahun lalu)