Alif lam makrifah: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: ar, ja, la, ru, sv
Ariyanto (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{Distinguish|Lam Alif}}
[[file:al-Bahrain.svg|thumb|Alif Lam makrifah bukan merupakan bagian dari kata dasar, seperti pada lafaz al-Bahrain yakni ''Alif lam'' yang ditambah ''bahrain''yang bermakna [[Bahrain]].]]

[[file:al-Bahrain.svg|thumb|Alif Lam makrifah bukan merupakan bagian dari kata dasar, seperti pada lafaz al-Bahrain yakni ''Alif lam'' yang ditambah ''bahrain'' yang bermakna [[Bahrain]].]]


Alif lam makrifah adalah dua huruf yang ditambah pada pangkal/awal dari kata yang bermakna ''nama'' atau ''isim'' .Terdapat dua jenis alif lam ma'rifah yaitu ''qamariah'' dan ''syamsiah''.
Alif lam makrifah adalah dua huruf yang ditambah pada pangkal/awal dari kata yang bermakna ''nama'' atau ''isim'' .Terdapat dua jenis alif lam ma'rifah yaitu ''qamariah'' dan ''syamsiah''.

Revisi per 11 Januari 2011 08.08

Alif Lam makrifah bukan merupakan bagian dari kata dasar, seperti pada lafaz al-Bahrain yakni Alif lam yang ditambah bahrain yang bermakna Bahrain.

Alif lam makrifah adalah dua huruf yang ditambah pada pangkal/awal dari kata yang bermakna nama atau isim .Terdapat dua jenis alif lam ma'rifah yaitu qamariah dan syamsiah.

Alif lam qamariah ialah lam yang diikuti oleh 14 huruf hijaiah, seperti: alif/hamzah(ء), ba' (ب), jim (ج), ha' (ح), kha' (خ), 'ain (ع), ghain (غ), fa' (ف), qaf (ق), kaf (ك), mim (م), wau (و), ha' () dan ya' (ي). Hukum alif lam qamariah diambil dari bahasa arab yaitu al-qamar (ﺍﻟﻘﻤﺮ) yang artinya adalah bulan. Maka dari itu, cara membaca alif lam ini adalah dibacakan secara jelas tanpa meleburkan bacaannya.

Alif lam syamsiah ialah lam yang diikuti oleh 14 huruf hijaiah seperti: ta' (ت), tha' (ث), dal (د), dzal (ذ), ra' (ر), zai (ز), sin (س), syin (ش), sod (ص), dhod (ض), tho (ط), zho (ظ), lam (ل) dan nun (ن). Nama asy-syamsiah diambil dari bahasa Arab (ﺍﻟﺸﻤﺴﻴﻪ) yang artinya adalah matahari. Maka dari itu, cara membaca alif lam ini tidak dibacakan melainkan dileburkan kepada huruf setelahnya.

Lihat pula