Æthelbald dari Wessex: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: en:Æthelbald of Wessex
Baris 53: Baris 53:
[[de:Æthelbald (Wessex)]]
[[de:Æthelbald (Wessex)]]
[[el:Έθελμπαλντ του Ουέσσεξ]]
[[el:Έθελμπαλντ του Ουέσσεξ]]
[[es:Ethelbaldo de Wessex]]
[[en:Æthelbald of Wessex]]
[[eo:Ethelbald (Wessex)]]
[[eo:Ethelbald (Wessex)]]
[[es:Ethelbaldo de Wessex]]
[[fa:اتلبالد وسکس]]
[[fa:اتلبالد وسکس]]
[[fr:Ethelbald de Wessex]]
[[fr:Ethelbald de Wessex]]
[[it:Ethelbald del Wessex]]
[[he:אתלבאלד, מלך וסקס]]
[[he:אתלבאלד, מלך וסקס]]
[[hu:Æthelbald wessexi király]]
[[it:Ethelbald del Wessex]]
[[ka:ეთელბალდ I (უესექსი)]]
[[ka:ეთელბალდ I (უესექსი)]]
[[lb:Ethelbald vu Wessex]]
[[lb:Ethelbald vu Wessex]]
[[hu:Æthelbald wessexi király]]
[[nl:Ethelbald van Wessex]]
[[nl:Ethelbald van Wessex]]
[[no:Ethelbald av Wessex]]
[[no:Ethelbald av Wessex]]

Revisi per 6 Januari 2011 22.40

Æthelbald
Raja Wessex
Berkuasa856 - 20 Desember 860
PendahuluÆthelwulf
PenerusÆthelbert
Informasi pribadi
Pemakaman
WangsaIstana Wessex
AyahÆthelwulf
IbuOsburga

Raja Æthelbald dari Wessex atau Ethelbald (Inggris kuno Æþelbald) (secara kasar berarti 'Nobel yang Lancang') merupakan Raja Wessex dari tahun 856 sampai dengan tahun 860. Ia merupakan putra kedua dari lima anak Raja Æthelwulf dari Wessex dan Osburga.[1].

Di tahun 850, ia menerima ranking Ealdorman. Di tahun 855 ia menjadi wali di Wessex ketika ayahnya, Æthelwulf, mengunjungi Roma, abangnya Æthelstan meninggal sekitar tahun 851. Tinggal adiknya Æthelbert yang bertanggung jawab atas Kent.

Æthelwulf kembali setahun kemudian, mengambil istri keduanya, putri Raja Karoling Charles yang Botak yang berusia tiga belas tahun Judith.[2] Menurut Asser, selama Æthelwulf absen kemungkinan terdapat rencana untuk menghalangi raja kembali baik oleh Æthelbald, atau oleh Ealhstan, Uskup Sherborne dan Eanwulf, Ealdorman dari Somerset, atau dari ketiganya. Kemungkinan Æthelbald terlibat di dalam rencana tersebut karena mendengar pernikahan ayahnya dengan Judith. Pernikahan dengan puteri Frankish yang memiliki garis keturunan kebangsawanannya sendiri dapat menghasilkan keturunan lebih berharga atas tahta daripada Æthelbald.

Untuk menghindari perang saudara, Æthelwulf mengijinkan Æthelbald untuk melanjutkan memerintah Wessex sendiri sewaktu ia menahan Kent dan bagian timur lainnya di kerajaan.[2] Keabsenan dari koin dengan nama Æthelbald selama periode ini menganjurkan pembuatan koin atas nama Æthelwulf sampai kematiannya. Setelah kematian Æthelwulf, Æthelbald menjadi raja tunggal dari Sachen Barat, dengan adik laki-lakinya menjadi Raja Kent.

Ia dimahkotai di Kingston upon Thames dan kemudian membuat dirinya sendiri menjadi tidak populer di gereja dengan menikahi Judith, janda muda ayahnya. Hubungan tersebut dianggap bertentangan dan kontraversi langsung dari hukum gereja. Ayahnya yang marah, Charles yang Botak, campur tangan dan memaksa putrinya masuk ke dalam biara. Ia kemudian kawin lari dengan Baldwin, Count Flandria, membuatnya menjadi leluhur dari Ratu Inggris lain, Matilda dari Flandria, permaisuri Raja Norman pertama di Inggris, William sang Penakluk.

Dibalik semua ini, Æthelbald merupakan seorang raja yang populer. Ia wafat di Sherborne di Dorset pada tanggal 20 Desember 860, berusia sekitar 26 atau 27 tahun[1], setelah empat tahun memerintah. Rakyat sangat berduka atas kematiannya, meskipun Uskup Asser menjelaskannya sebagai orang yang 'keras kepala dan sewenang-wenang'. Namun, opini Asser menunjukkan bias karena pernikahan Æthelbald yang tidak kanonikal.

Lihat Pula

Referensi

  1. ^ a b c Weir, Alison (1999), Britain's Royal Family: A Complete Genealogy, London, U.K.: =The Bodley Head, hlm. 6 
  2. ^ a b Stenton, Frank (1971), Anglo-Saxon England (edisi ke-3rd), Oxford: Clarendon, hlm. 245 
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Æthelwulf
Raja Wessex
856–860
Diteruskan oleh:
Æthelbert