Tembikar glasir bening: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Faience Plate Traditional.jpg|thumb|260px|<center>Bahan keramik berkualitas tinggi (''[[maiolica]]'') dalam pola tradisional, yang dibuat di [[Faenza]].</center>]]
[[Berkas:Faience Plate Traditional.jpg|thumb|260px|<center>Bahan keramik berkualitas tinggi (''[[maiolica]]'') dalam pola tradisional, yang dibuat di [[Faenza]].</center>]]


'''Faience''' atau '''faïence''' ([[bahasa Perancis]]) adalah istilah dalam [[bahasa Inggris]] untuk barang-barang tembikar berkualitas tinggi serta mengkilat di bagian luarnya, dan seringkali diasosiasikan dengan kota [[Faenza]], bagian [[utara]] dari [[Italia]].<ref>Untuk penjelasan lebih jelas dan detail, bisa dibaca di [[Tin-glazed earthenware]]; baca Alan Caiger-Smith, [[1973]]. ''Tin-Glazed Pottery'' ([[London]]: Faber and Faber).</ref> Penemuan tembikar glasir putih yang cocok untuk dekorasi bercat, ditambah dengan penambahan zat ''[[stannous oxide|oxide of tin]]'' untuk memberikan efek mengkilat, adalah bagian sejarah yang penting dari tembikar. Penemuan ini pertama kali berasal dari [[Iran]] atau [[Timur Tengah]] sebelum abad ke-[[2000|19]]. Sebuah tempat pembakaran tembikar mampu menghasilkan pembakaran dengan temperatur lebih panas dari 1.000 derajat Celcius, suhu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil terbaik pembuatan barang tembikar berkualitas tinggi, yang sudah diwariskan turun temurun dalam peradaban mereka.
'''Faience''' atau '''faïence''' ([[bahasa Perancis]]) adalah istilah dalam [[bahasa Inggris]] untuk barang-barang tembikar berkualitas tinggi serta mengkilat di bagian luarnya, dan seringkali diasosiasikan dengan kota [[Faenza]], bagian [[utara]] dari [[Italia]].<ref>Untuk penjelasan lebih jelas dan detail, bisa dibaca di [[Tin-glazed earthenware]]; baca Alan Caiger-Smith, [[1973]]. ''Tin-Glazed Pottery'' ([[London]]: Faber and Faber).</ref> Penemuan tembikar glasir putih yang cocok untuk dekorasi bercat, ditambah dengan penambahan zat ''[[stannous oxide|oxide of tin]]'' untuk memberikan efek mengkilat, adalah bagian sejarah yang penting dari tembikar. Tembikar ini pertama kali berasal dari [[Iran]] atau [[Timur Tengah]] sebelum abad ke-[[2000|19]]. Sebuah tempat pembakaran tembikar mampu menghasilkan pembakaran dengan temperatur lebih panas dari 1.000 derajat Celcius, suhu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil terbaik pembuatan barang tembikar berkualitas tinggi, yang sudah diwariskan turun temurun dalam peradaban mereka.


Secara teknis, ''lead-glazed earthenware'', seperti tembikar yang ditemukan dari peradaban [[Perancis]] di abad [[1700|16]] ''[[Saint-Porchaire ware]]'', tidak masuk dalam kualitas '''faience'''.
Secara teknis, ''lead-glazed earthenware'', seperti tembikar yang ditemukan dari peradaban [[Perancis]] di abad [[1700|16]] ''[[Saint-Porchaire ware]]'', tidak masuk dalam kualitas '''faience'''.

Revisi per 24 Desember 2010 03.15

Bahan keramik berkualitas tinggi (maiolica) dalam pola tradisional, yang dibuat di Faenza.

Faience atau faïence (bahasa Perancis) adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk barang-barang tembikar berkualitas tinggi serta mengkilat di bagian luarnya, dan seringkali diasosiasikan dengan kota Faenza, bagian utara dari Italia.[1] Penemuan tembikar glasir putih yang cocok untuk dekorasi bercat, ditambah dengan penambahan zat oxide of tin untuk memberikan efek mengkilat, adalah bagian sejarah yang penting dari tembikar. Tembikar ini pertama kali berasal dari Iran atau Timur Tengah sebelum abad ke-19. Sebuah tempat pembakaran tembikar mampu menghasilkan pembakaran dengan temperatur lebih panas dari 1.000 derajat Celcius, suhu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil terbaik pembuatan barang tembikar berkualitas tinggi, yang sudah diwariskan turun temurun dalam peradaban mereka.

Secara teknis, lead-glazed earthenware, seperti tembikar yang ditemukan dari peradaban Perancis di abad 16 Saint-Porchaire ware, tidak masuk dalam kualitas faience.

Catatan kaki

  1. ^ Untuk penjelasan lebih jelas dan detail, bisa dibaca di Tin-glazed earthenware; baca Alan Caiger-Smith, 1973. Tin-Glazed Pottery (London: Faber and Faber).

Pranala luar