Muhammad Shahib Mirbath: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Naval Scene (bicara | kontrib)
perbaikan
Naval Scene (bicara | kontrib)
perbaikan
Baris 1: Baris 1:
Syekh '''Muhammad Shahib Mirbath''' adalah ulama besar yang berasal dari [[Hadramaut]], [[Yaman]] di abad ke-12 Masehi. Nama julukan selengkapnya adalah al-Imam Waliyullah Muhammad bin Ali bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir.
Syekh '''Muhammad Shahib Mirbath''' adalah ulama besar yang berasal dari [[Hadramaut]], [[Yaman]] di abad ke-12 Masehi. Nama julukan selengkapnya adalah '''al-Imam Waliyullah Muhammad bin Ali bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir'''. Gelar 'Shahib Mirbath' diberikan karena beliau bermukim di suatu tempat yang disebut Mirbath di Dhafar, setelah pindah dari Tarim. Kata ''shahib'' yang bersinonim dengan kata ''maula'', berarti seseorang yang bermukim atau berkuasa di suatu tempat.

Gelar ''Shahib Mirbath'' diberikan karena beliau bermukim di suatu tempat yang disebut Mirbath di Dhafar, setelah pindah dari Tarim. Kata ''shahib'' yang bersinonim dengan kata ''maula'', berarti seseorang yang bermukim atau berkuasa di suatu tempat.

Syekh Muhammad Shahib Marbat dilahirkan di kota Tarim. Ia dikaruniai empat orang anak laki-laki, yaitu Abdullah, Ahmad, Alwi dan Ali. Abdullah dan Ahmad tidak menurunkan keturunan, sedangkan Alwi dan Ali menjadi cikal-bakal keturunan semua Sayyid dari kaum Alawiyin (Habib), termasuk yang berada di kawasan Asia Tenggara. Syekh Muhammad Shahib Marbat diperkirakan wafat di Mirbath pada tahun 556 Hijriah.

Sebagaimana disebut oleh penulis buku ''al-Masyra' al-Rawy'', Syekh Muhammad Shahib Mirbath adalah ''Syaikh Masyayikhil Islam'' (guru besar ilmu agama Islam) dan ''Ilmul-'Ulama al-A'lam'' (ilmunya kaum ulama kenamaan). Penulis juga menyatakan bahwa Syekh Muhammad Sahib Mirbath adalah "Seorang ulama ahli [[syariat]] dan [[tarekat]] dan guru besar terkemuka bagi kaum penghayat ilmu hakikat, ahli fiqih dan mufti negeri Yaman, seorang penasihat berbagai cabang ilmu dan pengetahuan agama di negeri itu …".


Syekh '''Muhammad Shahib Mirbath''' adalah ulama besar yang berasal dari [[Hadramaut]], [[Yaman]] di abad ke-12 Masehi. Nama julukan selengkapnya adalah adalah al-Imam Waliyullah Muhammad bin Ali bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir.

Gelar 'Shahib Mirbath' diberikan karena beliau bermukim di suatu tempat yang disebut Mirbath di Dhafar, setelah pindah dari Tarim. Kata ''shahib'' yang bersinonim dengan kata ''maula'', berarti seseorang yang bermukim atau berkuasa di suatu tempat.


Sebagaimana disebut oleh penulis buku ''al-Masyra' al-Rawy'', Sayyid Muhammad bin Ali adalah ''Syaikh Masyayikhil Islam'' (guru besar ilmu agama Islam) dan ''Ilmul-'Ulama al-A'lam'' (ilmunya kaum ulama kenamaan). Penulis tersebut juga menyatakan bahwa Syekh Sahib Mirbath adalah "Seorang ulama ahli syariat dan thariqat dan guru besar terkemuka bagi kaum penghayat ilmu hakikat, ahli fiqih dan mufti negeri Yaman, seorang penasihat berbagai cabang ilmu dan pengetahuan agama di negeri itu …".
Sebagaimana disebut oleh penulis buku ''al-Masyra' al-Rawy'', Sayyid Muhammad bin Ali adalah ''Syaikh Masyayikhil Islam'' (guru besar ilmu agama Islam) dan ''Ilmul-'Ulama al-A'lam'' (ilmunya kaum ulama kenamaan). Penulis tersebut juga menyatakan bahwa Syekh Sahib Mirbath adalah "Seorang ulama ahli syariat dan thariqat dan guru besar terkemuka bagi kaum penghayat ilmu hakikat, ahli fiqih dan mufti negeri Yaman, seorang penasihat berbagai cabang ilmu dan pengetahuan agama di negeri itu …".

Revisi per 6 Oktober 2006 19.10

Syekh Muhammad Shahib Mirbath adalah ulama besar yang berasal dari Hadramaut, Yaman di abad ke-12 Masehi. Nama julukan selengkapnya adalah al-Imam Waliyullah Muhammad bin Ali bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir. Gelar 'Shahib Mirbath' diberikan karena beliau bermukim di suatu tempat yang disebut Mirbath di Dhafar, setelah pindah dari Tarim. Kata shahib yang bersinonim dengan kata maula, berarti seseorang yang bermukim atau berkuasa di suatu tempat.

Sebagaimana disebut oleh penulis buku al-Masyra' al-Rawy, Sayyid Muhammad bin Ali adalah Syaikh Masyayikhil Islam (guru besar ilmu agama Islam) dan Ilmul-'Ulama al-A'lam (ilmunya kaum ulama kenamaan). Penulis tersebut juga menyatakan bahwa Syekh Sahib Mirbath adalah "Seorang ulama ahli syariat dan thariqat dan guru besar terkemuka bagi kaum penghayat ilmu hakikat, ahli fiqih dan mufti negeri Yaman, seorang penasihat berbagai cabang ilmu dan pengetahuan agama di negeri itu …".

Syekh Muhammad Shahib Marbat dilahirkan di kota Tarim, Yaman. Ia dikaruniai empat orang anak laki-laki, yaitu Abdullah, Ahmad, Alwi dan Ali. Abdullah dan Ahmad tidak menurunkan keturunan, sedangkan Alwi dan Ali menjadi cikal-bakal keturunan para Sayyid dari kaum Alawiyin (Habaib), termasuk yang berada di kawasan Asia Tenggara. Syekh Muhammad Shahib Mirbath diperkirakan wafat di Mirbath pada tahun 556 Hijriah.

Di Indonesia, banyak para kyai pesantren yang dianggap merupakan keturunan Syekh Shahib Mirbath melalui jalur keturunan para Walisongo. Sedangkan para keturunannya dari kaum Alawiyin yang memakai gelar-gelar Syarif, Sayid, Sidi, Habib, Wan, dan lain-lain banyak yang pula yang menjadi pemuka agama Islam terkenal dan raja-raja di berbagai kerajaan Islam di Nusantara.

Pranala Luar