Alekto: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: Penggantian teks otomatis (-Kronus +Kronos)
Alagos (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Aleeko''' ({{lang-el|Ἀληκτώ}}) adalah salah satu dari tiga [[Erinya]], dewi angkara murka, dalam [[mitologi Yunani]]. Menurut [[Hesiodos]], dia adalah putri dari [[Gaia]] yang dibuahi oleh darah [[Uranus (mitologi)|Uranus]] ketika [[penis|alat kelamin]] Uranus dipotong oleh [[Kronos]]. Alekto adalah saudari [[Tisifon]] dan [[Megara]]. Dia, bersama para saudarinya, bertugas menyiksa orang-orang yang telah melakukan kejahatan tertentu. Mereka mengejar-ngejar dan menimpakan kegilaan pada target mereka.
'''Aleeko''' ({{lang-el|Ἀληκτώ}}) adalah salah satu dari tiga [[Erinyes]], dewi angkara murka, dalam [[mitologi Yunani]]. Menurut [[Hesiodos]], dia adalah putri dari [[Gaia]] yang dibuahi oleh darah [[Uranus (mitologi)|Uranus]] ketika [[penis|alat kelamin]] Uranus dipotong oleh [[Kronos]]. Alekto adalah saudari [[Tisifon]] dan [[Megara]]. Dia, bersama para saudarinya, bertugas menyiksa orang-orang yang telah melakukan kejahatan tertentu. Mereka mengejar-ngejar dan menimpakan kegilaan pada target mereka.


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==
Baris 5: Baris 5:
* {{en}} [http://www.mythindex.com/greek-mythology/A/Alecto.html Alekto di Greek Myth Index]
* {{en}} [http://www.mythindex.com/greek-mythology/A/Alecto.html Alekto di Greek Myth Index]


[[Kategori:Erinya]]
[[Kategori:Erinyes]]
[[Kategori:Dewi personifikasi]]
[[Kategori:Dewi personifikasi]]
[[Kategori:Dewa-Dewi Yunani]]
[[Kategori:Dewa-Dewi Yunani]]

Revisi per 9 Desember 2010 02.25

Aleeko (Yunani: Ἀληκτώ) adalah salah satu dari tiga Erinyes, dewi angkara murka, dalam mitologi Yunani. Menurut Hesiodos, dia adalah putri dari Gaia yang dibuahi oleh darah Uranus ketika alat kelamin Uranus dipotong oleh Kronos. Alekto adalah saudari Tisifon dan Megara. Dia, bersama para saudarinya, bertugas menyiksa orang-orang yang telah melakukan kejahatan tertentu. Mereka mengejar-ngejar dan menimpakan kegilaan pada target mereka.

Pranala luar