Agamemnon: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
ZéroBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: ga:Agaiméamnón
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: vi:Agamemnon
Baris 63: Baris 63:
[[tr:Agememnon]]
[[tr:Agememnon]]
[[uk:Агамемнон]]
[[uk:Агамемнон]]
[[vi:Agamemnon]]
[[zh:阿伽门农]]
[[zh:阿伽门农]]

Revisi per 20 November 2010 00.48

"Topeng Agamenon" yang ditemukan oleh Heinrich Schliemann pada tahun 1876 di Mikene.

Agamémnon (bahasa Yunani: Ἀγαμέμνων) adalah salah satu dari pahlawan paling terkenal dari mitologi Yunani. Agamémnon merupakan karya drama tragedi [1]. Ia adalah anak raja Atreus dari Mikene (atau Argos) dan ratu Aerope, dan saudara dari Menelaus.

Ayah Agamemnon, Atreus, dibunuh oleh Aegisthus, yang menjadi raja Mikene dan memerintah dengan ayahnya Thyestes. Agamemnon dan Menelaus berlindung pada Tyndareus, rajaSparta. Mereka kemudian menikah dengan anak-anak Tyndareus, Clytemnestra dan Helen. Agamemnon dan Clytemnestra memiliki lima anak: empat anak perempuan, Iphigeneia, Electra, Chrysothemis, dan Iphianissa dan satu anak laki-laki, Orestes.

Menelaus menjadi raja di Sparta setelah Tyndareus, sementara Agamemnon, dengan bantuan saudaranya, mengusir Aegisthus dan Thyestes untuk merebut kembali kerajaan ayahnya. Ia kemudian memperluas daerah kekuasaannya dan menjadi raja terkuat di Yunani.

Ketika Helen, istri Menelaus, diculik oleh Paris dari Troya, Agamemnon menjadi pemimpin armada Akhaea dalam Perang Troya. Setelah pulang dari Troya dia dibunuh oleh Aegisthus yang merupakan kekasih gelap istrinya, Klitemnestra. Klitemnestra juga membunuh Kassandra, selir Agamemnon.

Referensi

  1. ^ Margono dan dkk. Apresiasi Seni 2 Seni Rupa & Seni Teater. 2005. Jakarta. Penerbit: Yudhistira