Heondeok dari Silla: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
TjBot (bicara | kontrib)
k PW:RR - merapikan rintisan
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 9: Baris 9:
|mrborn=Kim Ŏnsŭng
|mrborn=Kim Ŏnsŭng
}}
}}

'''Heondeok dari Silla''' (r. 809-826, meninggal 826) adalah raja ke-41 kerajaan [[Silla]]. Ia memerintah dari tahun [[809]] hingga tahun [[826]].
'''Heondeok dari Silla''' (wafat di tahun 826) bertahta di tahun 809–826) merupakan raja ke-41 [[Silla]]. Ia merupakan adik laki-laki [[Soseong dari Silla|Raja Soseong]], dan bekerja sebagai wali raja di masa pemerintahan [[Aejang dari Silla|Aejang]].

Di tahun 790, Heondeok pergi ke [[Dinasti Tang|Tang Cina]] dimana dia menjadi terkenal dan menerima posisi yang tinggi. Ia kembali ke Silla, menjadi wali raja setelah kematian abangnya. Di tahun 809, ia membunuh Aejang dan merebut tahta tersebut untuk dirinya sendiri.

Di tahun 810, Heondeok memperbaiki fasilitas irigasi di dalam negara. Ia juga mengirimkan putranya [[Kim Heon-jang]] ke Tang dengan gambar-gambar Buddha yang terbuat dari emas dan perak untuk mendoakan raja agar mendapatkan kedamaian abadi.

Masa akhir pemerintahan Heondeok menghadapi pemberontakan [[Kim Heon-chang]] di tahun 822, dan dari putra Kim di tahun berikutnya. Keduanya dapat diredakan. Di tahun 824, kekacauan mengancam dari bagian utara, raja memerintahkan untuk membangun 300-''ri''- tembok yang panjang di dekat [[Sungai Taedong]], yang kemudian merupakan perbatasan di bagian utara negara tersebut.


== Lihat Pula ==
== Lihat Pula ==
Baris 15: Baris 22:
* [[Sejarah Korea]]
* [[Sejarah Korea]]
* [[Silla Bersatu]]
* [[Silla Bersatu]]

{{politikus-stub}}


[[Kategori:Raja Korea]]
[[Kategori:Raja Korea]]

Revisi per 18 November 2010 18.46

Heondeok dari Silla
Hangul
헌덕왕
Hanja
憲德王
Alih AksaraHeondeok wang
McCune–ReischauerHŏndŏk wang
Nama lahir
Hangul
김언승
Hanja
金彦昇
Alih AksaraGim Eon-seung
McCune–ReischauerKim Ŏnsŭng


Heondeok dari Silla (wafat di tahun 826) bertahta di tahun 809–826) merupakan raja ke-41 Silla. Ia merupakan adik laki-laki Raja Soseong, dan bekerja sebagai wali raja di masa pemerintahan Aejang.

Di tahun 790, Heondeok pergi ke Tang Cina dimana dia menjadi terkenal dan menerima posisi yang tinggi. Ia kembali ke Silla, menjadi wali raja setelah kematian abangnya. Di tahun 809, ia membunuh Aejang dan merebut tahta tersebut untuk dirinya sendiri.

Di tahun 810, Heondeok memperbaiki fasilitas irigasi di dalam negara. Ia juga mengirimkan putranya Kim Heon-jang ke Tang dengan gambar-gambar Buddha yang terbuat dari emas dan perak untuk mendoakan raja agar mendapatkan kedamaian abadi.

Masa akhir pemerintahan Heondeok menghadapi pemberontakan Kim Heon-chang di tahun 822, dan dari putra Kim di tahun berikutnya. Keduanya dapat diredakan. Di tahun 824, kekacauan mengancam dari bagian utara, raja memerintahkan untuk membangun 300-ri- tembok yang panjang di dekat Sungai Taedong, yang kemudian merupakan perbatasan di bagian utara negara tersebut.

Lihat Pula