Distrik Lautém: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: ms:Lautem
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: ru:Лаутен
Baris 30: Baris 30:
[[pl:Dystrykt Lautém]]
[[pl:Dystrykt Lautém]]
[[pt:Lautém]]
[[pt:Lautém]]
[[ru:Лаутен]]
[[tet:Lautein]]
[[tet:Lautein]]
[[war:Lautém (distrito)]]
[[war:Lautém (distrito)]]

Revisi per 14 November 2010 15.55

Desa di Lautém
Desa di Lautém

Lautem (Tetum:Lautein) ialah salah satu distrik di Timor Leste, di ujung timur pulau Timor. Berpenduduk 57.453 (sensus 2004) dan memiliki luas 1.702 km². Ibu kotanya ialah Lospalos, yang membentang 248 km dari timur ibukota nasinal, Dili. Subdistriknya ialah Iliomar, Lautém, Lospalos, Luro, dan Tutuala.

Di baratnya distrik ini dibatasi oleh distrik Baucau dan Viqueque. Di utara terbentang Laut Banda, dan ke selatan Laut Timor. Distrik ini juga termasuk bagian timur pulau ini, Kap Cutcha di subdistrik Tutuala, dan pulau kecil Jaco.

Distrik Lautém identik dengan dewan yang namanya sama di Timor Portugis. Saat itu, banyak orang lokal punya nama Portugis, seperti Vila Nova de Malaca (kini Lautém), Nova Nazaré (Com), Nova Sagres (Tutuala), Nova Âncora (Laivai) dan Silvícola (Loré).

Lautém memiliki pantai pasir yang cantik dan lanskap yang liar, bergunung-gunung, dan perawan. Banyak burung endemik Timor Leste tinggal di sini. Dekat kota Lautém ada lukisan gua.

Di samping bahasa resminya Portugis dan Tetum, di distrik ini ada 30.000 penutur bahasa Papua Fataluku, banyak dari mereka tak bercakap bahasa kedua.

Pranala luar