John Michael Bishop: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
TXiKiBoT (bicara | kontrib)
k bot Menambah: yo:J. Michael Bishop
Baris 67: Baris 67:
[[sv:J. Michael Bishop]]
[[sv:J. Michael Bishop]]
[[uk:Джон Майкл Бішоп]]
[[uk:Джон Майкл Бішоп]]
[[yo:J. Michael Bishop]]
[[zh:米高·畢曉普]]
[[zh:米高·畢曉普]]

Revisi per 14 November 2010 10.53

J. Michael Bishop
Lahir22 Februari, 1936
KebangsaanAmerika Serikat
Dikenal atasOnkogen Virus
PenghargaanPenghargaan Nobel bidang Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1989; National Medal of Science pada tahun 2003
Karier ilmiah
BidangVirologi

John Michael Bishop (lahir 22 Februari 1936) ialah seorang imunolog dan mikrobiolog Amerika Serikat yang memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 1989. Kini ia menjabat sebagai anggota staf tetap dan penasihat di University of California, San Francisco.

Bishop lahir di Pennsylvania. Ia menempuh pendidikan di Gettysburg College sebagai mahasiswa prasarjana, lalu menerima gelar MD dari Harvard University pada tahun 1962.

Ia memulai kariernya bekerja unutk National Institute of Allergy and Infectious Diseases, bagian dari National Institutes of Health. Lalu ia menghabiskan 1 tahun bekerja untuk Lembaga Heinrich-Pette di Hamburg, Jerman Barat sebelum bergabung sebagai staf di University of California, San Francisco. Bishop masih menjadi staf pengajar fakultas sejak tahun 1968, dan menjadi penasihat universitas pada tahun 1998.

Bishop dikenal untuk karya yang membuatnya memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran, yakni onkogen retrovirus. Bekerja dengan Harold Elliot Varmus pada tahun 1980-an, ia menemukan onkogen manusia pertama, v-Src. Penemuan mereka memungkinkan pemahaman bagaimana ganasnya tumor yang terbentuk dari perubahan ke gen sel normal. Perubahan itu bisa disebabkan oleh virus, radiasi, ataupun pajanan beberapa bahan kimia.

Bishop juga penerima National Medal of Science pada tahun 2003.

Pranala luar