Latvia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Indoboy (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Indoboy (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 64: Baris 64:
{{utama|Ekonomi Latvia}}
{{utama|Ekonomi Latvia}}


Latvia memiliki salah satu [[PDB]] terbesar di [[Eropa]] sejak tahun [[2000]]. Di tahun [[2004]], pertumbuhan [[PDB]] tahunan mencapai 8,5% dan inflasi sebesar 6,2%. Tingkat penganggurannya 8,5% namun belakangan ini turun menjadi 7% karena ada migrasi ke [[Irlandia]] dan [[Kerajaan Bersatu]]. Latvia menjalankan proses [[privatisasi]] yang hampir selesai, kecuali untuk beberapa cabang tertentu. Latvia adalah anggota [[WTO]] sejak [[1999]] dan [[Uni Eropa]] sejak [[2004]]. Pemerintahnya berusaha agar negaranya bisa menggunakan [[euro]] sebagai [[mata uang]] mulai [[1 Januari]] [[2008]], namun usaha ini agak diragukan dan kemungkinan Latvia masih belum menggunakan euro sampai [[2009]]
Latvia memiliki salah satu [[PDB]] terbesar di [[Eropa]] sejak tahun [[2000]]. Di tahun [[2004]], pertumbuhan [[PDB]] tahunan mencapai 8,5% dan inflasi sebesar 6,2%. Tingkat penganggurannya 8,5% namun belakangan ini turun menjadi 7% karena ada migrasi ke [[Irlandia]] dan [[Kerajaan Bersatu]]. Latvia menjalankan proses [[privatisasi]] yang hampir selesai, kecuali untuk beberapa cabang tertentu. Latvia adalah anggota [[WTO]] sejak [[1999]] dan [[Uni Eropa]] sejak [[2004]]. Pemerintahnya berusaha agar negaranya bisa menggunakan [[euro]] sebagai [[mata uang]] mulai [[1 Januari]] [[2008]], namun usaha ini agak diragukan dan kemungkinan Latvia masih belum menggunakan euro sampai [[2009]].

== Demografi ==
{{utama|Demografi Latvia}}
Sejak berabad-abad lalu, penduduk Latvia sudah terdiri dari berbagai [[etnis]] walaupun di [[abad ke-20]] ada perubahan yang cukup dramatis, disebabkan oleh [[Perang Dunia I]] dan [[Perang Dunia II|II]], repatriasi orang [[Jerman Baltik]], [[Holocaust]], dan pendudukan oleh [[Uni Soviet]].

Sensus pertama di tahun [[1897]] menunjukkan bahwa 68,3% dari 1,93 juta penduduk Latvia berasal dari [[bangsa Latvia]], 12% dari [[Bangsa Rusia|Rusia]], 7,4% [[Yahudi]], 6,2% [[Bangsa Jerman|Jerman]], dan 3,4% dari [[bangsa Polandia|Polandia]]. Sisanya terdiri dari berbagai kebangsaan lain.

=== Bahasa ===
Bahasa resmi Latvia adalah [[bahasa Latvia]] yang termasuk ke kelompok [[bahasa Baltik]] dalam [[rumpun bahasa Indo-Eropa]]. [[Bahasa Rusia]] adalah bahasa minoritas yang paling meluas, sebagian besar penduduknya yang bukan bangsa Rusia bisa mengerti bahasa tersebut.

=== Agama ===
Penduduk Latvia kebanyakan adalah pemeluk agama [[Kristen]]. Kelompok terbesar adalah [[Gereja Luteran Latvia|Luteran]], diikuti oleh [[Katolik Roma]] dan [[Gereja Ortodoks]]. Terdapat pula agama yang berakar pada mitologi di masa pra-Kristen, [[Dievturi]]. Selain itu, terdapat juga minoritas kaum [[Yahudi]].


==Lihat pula==
==Lihat pula==

Revisi per 24 September 2006 16.36

Latvijas Republika
SemboyanTēvzemei un Brīvībai
(Latvia: "Untuk Tanah Air dan Kebebasan")
Lokasi Latvia
Peta
Ibu kota
Riga
Bahasa resmiLatvia
PemerintahanRepublik
Kemerdekaan
 - Perairan (%)
1,5%
Penduduk
 - Perkiraan 2005
2.290.237 (138)
 - Sensus Penduduk -
-
PDB (KKB)2005
 - Total
US$27,78 miliar (95)
US$11.980 (55)
Mata uangLats
(LVA)
Zona waktu
(UTC+2)
 - Musim panas (DST)
UTC+3
Kode telepon371
Kode ISO 3166LV
Ranah Internet.lv
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Republik Latvia (bahasa Latvia: Latvijas Republika) adalah sebuah negara di Eropa Utara yang beribukota di Riga. Latvia mamiliki batas darat dengan dua negara Baltik, Estonia di utara dan Lituania di selatan, serta dengan Rusia dan Belarus di timur. Latvia juga memiliki batas maritim dengan Swedia. Negara ini bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Mei 2004 dan dengan NATO pada 29 Maret 2004.

Geografi

Latvia banyak yang tertutup hutan dan memiliki lebih dari 12.000 sungai kecil serta 3000 danau. Kebanyakan merupakan dataran rendah yang subur dengan perbukitan di timur. Titik tertingginya adalah Gaiziņkalns yang mencapai 311,6 m. Iklim di Latvia adalah iklim maritim dan sedang. Biasanya, musim panas sejuk dan basah sedangkan musim dinginnya sedang.

Di bagian barat laut, ada bagian Laut Baltik yang menjorok ke darat, disebut Teluk Riga. Di sepanjang pesisirnya terdapat beberapa kota seperti Riga, Daugavpils, dan Liepāja.

Politik

Parlemen Latvia, Saeima, adalah sebuah parlemen unikameral dengan 100 anggota yang dipilih langsung tiap empat tahun sekali. Presiden dipilih oleh Saeima dalam pemilihan yang berbeda tiap empat tahun sekali. Kemudian, presiden akan menunjuk seorang perdana menteri. Perdana menteri dan kabinetnya membentuk badan eksekutif pemerintah dengan syarat harus diterima oleh Saeima.

Pada 20 September 2003, diadakan sebuah referendum nasional untuk menentukan masuk tidaknya Latvia ke Uni Eropa. Hasilnya, 66,9% memilih untuk bergabung dengan Uni Eropa. Latvia menjadi anggota penuh pada 1 Mei 2004. Latvia sudah menjadi anggota NATO sejak 29 Maret 2004.

Pembagian Administratif

Latvia terbagi menjadi 26 distrik (rajoni) dan 7 kota (lielpilsētas)

Ekonomi

Latvia memiliki salah satu PDB terbesar di Eropa sejak tahun 2000. Di tahun 2004, pertumbuhan PDB tahunan mencapai 8,5% dan inflasi sebesar 6,2%. Tingkat penganggurannya 8,5% namun belakangan ini turun menjadi 7% karena ada migrasi ke Irlandia dan Kerajaan Bersatu. Latvia menjalankan proses privatisasi yang hampir selesai, kecuali untuk beberapa cabang tertentu. Latvia adalah anggota WTO sejak 1999 dan Uni Eropa sejak 2004. Pemerintahnya berusaha agar negaranya bisa menggunakan euro sebagai mata uang mulai 1 Januari 2008, namun usaha ini agak diragukan dan kemungkinan Latvia masih belum menggunakan euro sampai 2009.

Demografi

Sejak berabad-abad lalu, penduduk Latvia sudah terdiri dari berbagai etnis walaupun di abad ke-20 ada perubahan yang cukup dramatis, disebabkan oleh Perang Dunia I dan II, repatriasi orang Jerman Baltik, Holocaust, dan pendudukan oleh Uni Soviet.

Sensus pertama di tahun 1897 menunjukkan bahwa 68,3% dari 1,93 juta penduduk Latvia berasal dari bangsa Latvia, 12% dari Rusia, 7,4% Yahudi, 6,2% Jerman, dan 3,4% dari Polandia. Sisanya terdiri dari berbagai kebangsaan lain.

Bahasa

Bahasa resmi Latvia adalah bahasa Latvia yang termasuk ke kelompok bahasa Baltik dalam rumpun bahasa Indo-Eropa. Bahasa Rusia adalah bahasa minoritas yang paling meluas, sebagian besar penduduknya yang bukan bangsa Rusia bisa mengerti bahasa tersebut.

Agama

Penduduk Latvia kebanyakan adalah pemeluk agama Kristen. Kelompok terbesar adalah Luteran, diikuti oleh Katolik Roma dan Gereja Ortodoks. Terdapat pula agama yang berakar pada mitologi di masa pra-Kristen, Dievturi. Selain itu, terdapat juga minoritas kaum Yahudi.

Lihat pula

Pranala luar

 Uni Eropa