Kerajaan Kandis: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
3 bita ditambahkan ,  10 tahun yang lalu
k
bot kosmetik perubahan
k (bot kosmetik perubahan)
Dt. Rajo Tunggal memerintah dengan adil dan bijaksana. Pada puncak kejayaannya terjadilah perebutan kekuasaan oleh bawahan Raja yang ingin berkuasa sehingga terjadi fitnah dan hasutan. Orang-orang yang merasa mampu dan berpengaruh berangsur-angsur pindah dari Bukit Bakar ke tempat lain di antaranya ke Bukit Selasih dan akhirnya berdirilah kerajaan Kancil Putih di Bukit Selasih tersebut.
 
== Berdirinya Kerajaan Kancil Putih dan Kerajaan Koto Alang ==
Air laut semakin surut sehingga daerah Kuantan makin banyak yang timbul. Kemudian berdiri pula kerajaan Koto Alang di Botung (Desa Sangau sekarang) dengan Raja Aur Kuning sebagai Rajanya. Penyebaran penduduk Kandis ini ke berbagai tempat yang telah timbul dari permukaan laut, sehingga berdiri juga Kerajaan Puti Pinang Masak/Pinang Merah di daerah Pantai (Lubuk Ramo sekarang). Kemudian juga berdiri Kerajaan Dang Tuanku di Singingi dan kerajaan Imbang Jayo di Koto Baru (Singingi Hilir sekarang).
 
* [http://melayuonline.com/ind/history/dig/350 '''Kerajaan Kandis'''] di [[melayuonline.com]]
* [http://mozaikminang.wordpress.com/2009/10/17/kerajaan-kandis-kerajaan-tertua-di-sumatera/ Kerajaan Kandis kerajaan tertua di sumatera di mozaikminang.wordpress.com]
* http://www.sungaikuantan.com/2009/10/mitologi-lubuk-jambi.html
 
[[Kerajaan di Sumatera]]
254.415

suntingan

Menu navigasi