Putatnganten, Karangrayung, Grobogan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Sutoto (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Sutoto (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 14: Baris 14:


== Dusun ==
== Dusun ==

Desa putatnganten terdiri dari 6 dusun, yakni:
Desa putatnganten terdiri dari 6 dusun, yakni:
# Bogor
# Bogor

Revisi per 18 Oktober 2010 09.59

Putatnganten
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenGrobogan
KecamatanKarangrayung
Kode Kemendagri33.15.02.2014
Luas-
Jumlah penduduk-
Kepadatan-

Putatnganten adalah sebuah desa di kecamatan Karangrayung, Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia. Berdekatan dengan Termas di sebelah timur, Temurejo di sebelah barat, hutan jati milik Perhutani di sebelah selatan, dan Latak di sebelah utara. Dikitari hamparan sawah di sisi utara.

Dusun

Desa putatnganten terdiri dari 6 dusun, yakni:

  1. Bogor
  2. Putat
  3. Nganten
  4. Sambirejo
  5. Jawong
  6. Singkilan

Mata Pencaharian

Mata pencaharian warga desa adalah petani, kecuali mereka yang mengadu nasib di perkotaan sebagai buruh bangunan, pekerja pabrik atau pekerjaan formal yang lainnya. Tidak sedikit juga yang merintis usaha (wiraswasta) di kota-kota besar seperti Semarang, Bandung, Jakarta ataupun Surabaya. namun demikian secara umum mata pencaharian setiap warganya adalah bertani.

Agama

Secara umum bisa dikatakan penduduknya memeluk Agama Islam 100%.

Pendidikan

Mayoritas generasi mudanya berkesempatan mengenyam pendidikan setingkat SLTP, dan sebagian yang lain sampai tingkat SLTA, dan sebagian kecil yang mengenyam pendidikan tinggi.

Untuk pendidikan dasar ada 3 sekolah dasar impres (negeri) yang telah dipergunakan sejak tahun 1970an, sekolah tersebut adalah:

  1. SDN Putatnganten I, di Bogor,
  2. SDN Putatnganten II, di Nganten, dan
  3. SDN Putatnganten III, di Putat

Selain sekolah dasar yang mengikut kurikulum pemerintah, juga terdapat madrasah ibtidaiyah (MI) yang lebih fokus pada pengajaran agama Islam. Diantaranya di Putat, Sambirejo dan Nganten. Yang kesemuanya proses belajar-mengajar dilakukan pada siang hari, setelah sholat dhuhur.

Adapun untuk tingkat pendidikan menengah, sampai saat ini baru ada satu Madrasah Tsanawiyah (MTs), yakni MTs Darul Ulum di Putat. MTs Darul Ulum mulai menerima peserta didik sejak tahun 1993.

Adapun untuk pendidikan menengah atas, sampai saat ini belum ada sehingga sebagian besar remaja yang ingin belajar di SLTA harus belajar di beberapa desa sekitar yang jaraknya sekitar 3 KM.