Richard Timothy Hunt: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: da:R. Timothy Hunt
EmausBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: yo:Tim Hunt
Baris 58: Baris 58:
[[sv:Tim Hunt]]
[[sv:Tim Hunt]]
[[uk:Тімоті Хант]]
[[uk:Тімоті Хант]]
[[yo:Tim Hunt]]
[[zh:蒂姆·亨特]]
[[zh:蒂姆·亨特]]

Revisi per 10 Oktober 2010 13.35

Richard Timothy Hunt
Richard Timothy "Tim" Hunt
Lahir(1943-02-19)19 Februari 1943
Neston, Cheshire, Inggris
Tempat tinggalInggris
Warga negaraBritania Raya
AlmamaterUniversity of Cambridge
Dikenal atasRegulasi siklus sel
Penghargaan Nobel Kedokteran (2001)
Karier ilmiah
BidangBiokimia
InstitusiCancer Research UK South Mimms

Sir Richard Timothy "Tim" Hunt, FRS, (lahir 19 Februari 1943) ialah seorang biokimiawan Inggris.

Ia dianugerai Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran tahun 2001 bersama dengan Leland Hartwell dan Sir Paul Nurse untuk penemuan atas pengaturan siklus sel oleh siklin dan kinase bergantung siklin.[1] Ia adalah staf kehormatan Clare College, Cambridge, dan dianugerahi gelar bangsawan dalam Queen's Birthday Honours List tahun 2006.

Karier

Setelah menghadiri Dragon School dan Magdalen College School di Oxford, Hunt belajar Natural Sciences di Clare College, Universitas Cambridge, dan menerima gelar PhD dari sana pada tahun 1968.[2]

Ketika mengerjakan karya musim panas pada tahun 1982 di Marine Biological Laboratory, Woods Hole, Massachusetts, Hunt membaca disertasi Dr. William Wasserman, yang telah membuat terobosan penting dalam pencetusan pembelahan sel dengan mempersempit penyebab mitosis ke sistem 3 protein. Hunt menerapkan merk sainsnya sendiri ke penemuan ini dan membuat penemuan penting sendiri: menggunakan telur janik (Arbacia punctulata) sebagai model organisme, ia menemukan molekul siklin. Hunt menemukan bahwa siklin mulai disintesis setelah telur-telur itu dibuahi dan bertambah jumlahnya selama interfase, hingga jatuh amat cepat di tengah mitosis pada tiap pembelahan sel. Ia juga menemukan bahwa siklin juga ada pada sel vertebrata di mana mereka juga mengatur siklus sel. Ia dan mitranya kemudian menunjukkan bahwa siklin berikatan dan mengaktifkan segolongan protein kinase, kini disebut kinase bergantung protein, salah satu darinya telah dikenali sebagai pengatur siklus sel penting oleh Paul Maxime Nurse.

Pada tahun 1991, ia mulai bekerja di Imperial Cancer Research Fund, kini dikenal sebagai Cancer Research UK London Research Institute di Britania Raya. Ia menjadi anggota Royal Society pada tahun 1991 dan mitra asing United States National Academy of Sciences pada tahun 1999.

Hunt adalah salah satu pengarang Molecular Biology of the Cell: A Problems Approach, sekarang sudah mencapai edisi ke-4.

Rujukan