Quraisy: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Xqbot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: en:Quraysh (tribe)
SkullSplitter (bicara | kontrib)
Quraisy
Baris 1: Baris 1:
'''Quraisy''' ([[Bahasa Arab|Arab]]:قر يش) adalah nama leluhur dari seorang [[nabi]] dan [[rasul]] agama [[Islam]] yaitu [[Muhammad]]. Nama lain dari Quraisy adalah '''Fihr''' atau '''Fahr'''.
{{untuk|Surah|Surah Quraisy}}
'''Quraisy''' ([[Bahasa Arab]]:<big><big><big> قريش‎ ​ </big></big></big>) adalah suku [[bangsa Arab]] keturunan [[Nabi Ibrahim|Ibrahim]]. Mereka tinggal dan hidup di [[Mekkah]] dan daerah sekitarnya. ''Quraisy'' yang hidup di [[Mekkah]] disebut ''Quraisy Lembah'', sementara yang lain tinggal lebih jauh mengelilingi [[Mekkah]] dikenal dengan ''Quraisy Pinggiran''.<ref name="Lings">[[Martin Lings|LINGS, Martin]]. '''''[[Muhammad]]''': Kisah Hidup Nabi berdasarkan Sumber Klasik''. [[Jakarta]]: [[Penerbit Serambi|Serambi]], [[2002]]. ISBN 979-3335-16-5</ref>


== Genealogi ==
Penamaan ''Quraisy'' berasal dari Fihr yang merupakan leluhur Nabi [[Muhammad]], [[nabi]] dan rasul utama agama [[Islam]]. Dimana Fihr kemudian menurunkan sampai [[Qushay bin Kilab]].
[[Muhammad]] bin [[Abdullah]] bin [['Abd al-Muththalib]] bin [[Hâsyim bin 'Abd al-Manâf|Hâsyim]] bin [['Abd al-Manâf bin Qushay|'Abd al-Manâf]] bin [[Qushay bin Kilab]] bin Murra bin Kaa'b bin Lu'ay bin Ghalib bin '''Quraisy (Fihr)''' bin Malik bin Nazar bin Kinanah bin Khuzaymah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mazar bin Nazar bin Ma'ad bin [[Adnan]] bin [[Ismail]] bin [[Ibrahim]].<ref name="ummah">http://www.ummah.net/khoei/khadija.htm</ref>


== Garis Silsilah / Keturunan Arab ==
Garis silsilah / keturunan Arab berasal dari:
# '''Ba'idah''' ('''العرب البائدة'''): artinya '''punah''', merupakan suku yang pernah tinggal di [[Jazirah Arab]] dan telah punah. Sejarah mereka sedikit sekali yang dapat diketahui, kebanyakan berasal dari [[Perjanjian Lama]] dan [[Al-Qur'an]]. Selain itu dari penggalian-penggalian [[arkeologis]] yang ditemukan. Mereka termasuk [[‘Ad]], [[Tsamud]], [[Tasam]], [[Jadis]], [[Imlaq]] dan lainnya.
# '''Qahtani''' ('''العرب العاربة'''): Menurut dugaan mereka berasal dari keturunan [[Ya'rub]] bin [[Yasyjub]] bin [[Qahtan]] bin [[Nabi Hud|Hud]], sering pula dikenal dengan ''Arab Qahtan''. Mereka kebanyakan tinggal di Yaman dan kemudian menyebar ke daerah lainnya. Peradaban mereka diketahui cukup tinggi. Dibuktikan dengan penemuan-penemuan arkeologis yang mengungkapkan cara kehidupan mereka. Keturunan dari Qahtani ini ada yang menyebar sampai ke Yatsrib, nama kuno untuk Madinah, yaitu [[Bani 'Aus]] dan [[Bani Khazraj]] yang dikenal sebagai Kaum [[Anshar]].
# '''Adnani''' ('''عدنان'''): Mereka diduga berasal dari keturunan [[Nabi Ismail|Ismail]] ('''Bani Ismail''') melalui anaknya Adnan. Ada juga yang menyebut Arab Adnan dan Quraisy termasuk cabang dari ini.<ref name="ar-Risalah">SUBHANI, Ja'far. '''''Ar-Risalah''': sejarah kehidupan Rasulullah saw.'' [[Jakarta]]: [[Penerbit Lentera|Lentera]], 2002. ISBN 979-8880-13-7</ref>


Quraisy bisa pula memiliki arti:
Suku Quraisy pada saat itu terkenal sifatnya akan kekacauan, sukar dikendalikan, terpecah belah antar suku, kasar, saling bermusuhan, sangat penuh perasaan, fasih berbicara dan puitis. Quraisy menjadi suku terkemuka di [[Mekkah]] sejak sebelum kelahiran [[Muhammad]] dan pada dasarnya menguasai kota. Sebelum kelahiran [[Muhammad]], suku ini terbagi menjadi beberapa [[klan]], masing-masing memiliki tanggung jawab yang berbeda atas kota [[Mekkah]] dan [[Ka'bah]]. Terjadi rivalitas antarklan, dan makin meruncing selama [[Muhammad]] hidup. Beberapa pemimpin klan tidak menyukai klaim Muhammad akan [[Nabi|kenabian]] dan mencoba menghentikannya dengan menekan pemimpin [[Bani Hasyim]] saat itu, [[Abu Thalib]]. Banyak pula dari klan tersebut yang menghukum pengikut [[Muhammad]], seperti melakukan [[boikot]]. Hal inilah yang menyebabkan keluarnya perintah [[hijrah]] ke [[Ethiopia]], dan kemudian ke [[Madinah]].
* [[Suku|Kaum Quraisy]], sebuah suku kuno yang mendiami [[Jazirah Arab]].

* [[Surah Quraisy]], salah satu surah di dalam [[Qur'an]] yang menerangkan kehidupan Kaum Quraisy serta kewajiban yang seharusnya mereka penuhi.
Setelah [[Penaklukan Kota Makkah]] pada tahun [[630]], [[Muhammad]] memaafkan orang Quraisy yang sebelumnya menekan dan memusuhinya, kedamaian terjadi. Setelah meninggalnya [[Muhammad]], rivalitas klan meningkat, terutama siapa yang berhak menjadi [[Khalifah]], hal yang menyebabkan terjadinya pemisahan [[Sunni]] dan [[Syi'ah]].

== Silsilah ==
{{QuraishFamilyTree}}
<ref name="Lings"/>

Catatan:
* Huruf besar merupakan pendiri klan/marga.

== Klan ==
Suku Quraisy umumnya terbagi menjadi beberapa sub-klan utama, yang kemudian terbagi lagi menjadi sub-klan, antara lain:

* '''Quraisy''' — Quraisy terbagi menjadi beberapa sub-klan.
:* [[Bani 'Abdud-Dâr]] — sub-klan dari Quraisy
:* [[Bani 'Abdul-Manâf]] — sub-klan dari Quraisy
::* [[Bani Naufal]] — sub-klan dari Bani 'Abdul-Manâf
::* [[Bani Muththalib]] — sub-klan dari Bani 'Abdul-Manâf
::* [[Bani Hâsyim]] — sub-klan dari Bani 'Abdul-Manâf, klan dari [[Muhammad]] dan [[Ali bin Abi Thalib|Ali]].
:::* [[Bani Abbasiyah]] — turunan dari Bani Hâsyim
::* [[Bani 'Abdus-Syams]] — sub-klan dari Bani 'Abdul-Manâf,
:::* [[Bani Umayyah]] — sub-klan dari Bani 'Abdus-Syams, klan dari [[Abu Sufyan]], [[Utsman bin Affan]] dan [[Muawiyah I|Muawiyah]]

:* [[Bani Makhzum]] — sub-klan dari Quraisy, klan dari [[Khalid bin Walid]], [[Walid bin Mughirah]]
:* [[Bani Zuhrah]] — sub-klan dari Quraisy, klan dari [[Sa'ad bin Abi Waqqas]]
:* [[Bani Taim]] atau [[Bani Tamim]] — sub-klan dari Quraisy, klan dari [[Abu Bakar]]
:* [[Bani 'Adi]] — sub-klan dari Quraisy, klan dari [[Umar bin Khattab]]
:* [[Bani Asad]] — sub-klan dari Quraisy, klan dari [[Abdullah bin Zubair]] dan [[Khadijah]]
<!--
:*[[Bani Khuza'ah]] — sub-klan dari Quraisy,
::*[[Bani Mustaliq]] — sub-klan dari Bani Khuza'ah, -->

(sub-klan Quraisy yang tidak dapat dikategorikan)
* [[Bani Jumah]]
* [[Bani Sahm]] — (tokoh: [[Amr bin 'Ash]])
* [[Bani Zahra]]


== Referensi ==
== Referensi ==
{{reflist}}
{{Reflist}}
* {{en}}[http://www.al-islam.org/masoom/bios/quraysh.html The Quraysh di situs al-Islam]

* {{en}}[http://www.almhml.com/c/-64052 Quraish disitus almhml.com]
== Lihat pula ==
* [[Surat Quraisy]], surat dalam Al Qur'an
* [[Islam]]
* [[Muhammad]]
* [[Sahabat nabi]]


{{Disambig}}
[[Kategori:Arab]]
[[Kategori:Sejarah Islam]]
[[Kategori:Suku Quraisy| ]]


[[ar:قريش]]
[[en:Quraysh]]
[[bg:Курейши]]
[[bs:Kurejš]]
[[ca:Quraix]]
[[cs:Kurajšovci]]
[[da:Quraysh]]
[[de:Koreischiten]]
[[en:Quraysh (tribe)]]
[[es:Quraysh]]
[[et:Quraishi hõim]]
[[fa:قریش]]
[[fr:Quraych]]
[[he:שבט קורייש]]
[[hu:Kurajs-törzs]]
[[it:Quraysh]]
[[ja:クライシュ族]]
[[kab:Qurayc]]
[[ms:Quraisy]]
[[nl:Qoeraisj]]
[[pl:Kurajszyci]]
[[pnb:قریش]]
[[pt:Coraixitas]]
[[ru:Курайшиты]]
[[simple:Quraysh]]
[[sk:Kurajšovci]]
[[so:Qureysh]]
[[sv:Qureish]]
[[th:กุเรช]]
[[tr:Kureyş]]
[[ur:قریش]]
[[zh:古莱什族]]

Revisi per 8 Oktober 2010 18.36

Quraisy (Arab:قر يش) adalah nama leluhur dari seorang nabi dan rasul agama Islam yaitu Muhammad. Nama lain dari Quraisy adalah Fihr atau Fahr.

Genealogi

Muhammad bin Abdullah bin 'Abd al-Muththalib bin Hâsyim bin 'Abd al-Manâf bin Qushay bin Kilab bin Murra bin Kaa'b bin Lu'ay bin Ghalib bin Quraisy (Fihr) bin Malik bin Nazar bin Kinanah bin Khuzaymah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mazar bin Nazar bin Ma'ad bin Adnan bin Ismail bin Ibrahim.[1]


Quraisy bisa pula memiliki arti:

Referensi