Menteri luar negeri: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Indoboy (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Indoboy (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Menteri luar negeri''' (biasa disingkat '''Menlu''') adalah seorang [[menteri politik|menteri]] [[kabinet]] yang membantu pemerintah sebuah negara berdaulat membangun [[kebijakan luar negeri]]nya. Jabatan ini kadang disebut juga '''menteri untuk urusan luar/eksternal'''. Posisi ini sering dipandang sebagai posisi menteri yang paling senior di bawah [[kepala pemerintahan]] baik itu [[presiden]] atau [[perdana menteri]]. Dalam sebuah pemerintahan koalisi, jabatan ini sering diserahkan pada wakil perdana menteri.
'''Menteri luar negeri''' (biasa disingkat '''Menlu''') adalah seorang [[menteri]] [[kabinet]] yang membantu pemerintah sebuah negara berdaulat membangun [[kebijakan luar negeri]]nya. Jabatan ini kadang disebut juga '''menteri untuk urusan luar/eksternal'''. Posisi ini sering dipandang sebagai posisi menteri yang paling senior di bawah [[kepala pemerintahan]] baik itu [[presiden]] atau [[perdana menteri]]. Dalam sebuah pemerintahan koalisi, jabatan ini sering diserahkan pada wakil perdana menteri.


Wewenang seorang menteri luar negeri sangat bervariasi tergantung pemerintah. Jika pemerintah itu didominasi oleh [[perdana menteri]] atau badan eksekutif yang kuat, menteri luar negeri akan terbatas perannya. Di beberapa negara, menteri luar negeri dan [[menteri pertahanan]] biasa mengkoordinasikan kebijakan pertahanan dan [[diplomasi]]. Selain itu, secara tradisi menteri luar negeri bertanggung jawab atas berbagai tugas diplomatik seperti menerima pemimpin negara lain atau mengadakan kunjungan kenegaraan.
Wewenang seorang menteri luar negeri sangat bervariasi tergantung pemerintah. Jika pemerintah itu didominasi oleh [[perdana menteri]] atau badan eksekutif yang kuat, menteri luar negeri akan terbatas perannya. Di beberapa negara, menteri luar negeri dan [[Menteri Pertahanan|menteri pertahanan]] biasa mengkoordinasikan kebijakan pertahanan dan [[diplomasi]]. Selain itu, secara tradisi menteri luar negeri bertanggung jawab atas berbagai tugas diplomatik seperti menerima pemimpin negara lain atau mengadakan kunjungan kenegaraan.


Di [[Amerika Serikat]], menteri luar negerinya disebut ''[[Secretary of State]]'' yang merupakan pos tertua di kabinet. Sedangkan di [[Kerajaan Bersatu]] disebut ''[[Foreign Secretary]]''.
Di [[Amerika Serikat]], menteri luar negerinya disebut ''[[Secretary of State]]'' yang merupakan pos tertua di kabinet. Sedangkan di [[Kerajaan Bersatu]] disebut ''[[Foreign Secretary]]''.

Revisi per 14 September 2006 13.36

Menteri luar negeri (biasa disingkat Menlu) adalah seorang menteri kabinet yang membantu pemerintah sebuah negara berdaulat membangun kebijakan luar negerinya. Jabatan ini kadang disebut juga menteri untuk urusan luar/eksternal. Posisi ini sering dipandang sebagai posisi menteri yang paling senior di bawah kepala pemerintahan baik itu presiden atau perdana menteri. Dalam sebuah pemerintahan koalisi, jabatan ini sering diserahkan pada wakil perdana menteri.

Wewenang seorang menteri luar negeri sangat bervariasi tergantung pemerintah. Jika pemerintah itu didominasi oleh perdana menteri atau badan eksekutif yang kuat, menteri luar negeri akan terbatas perannya. Di beberapa negara, menteri luar negeri dan menteri pertahanan biasa mengkoordinasikan kebijakan pertahanan dan diplomasi. Selain itu, secara tradisi menteri luar negeri bertanggung jawab atas berbagai tugas diplomatik seperti menerima pemimpin negara lain atau mengadakan kunjungan kenegaraan.

Di Amerika Serikat, menteri luar negerinya disebut Secretary of State yang merupakan pos tertua di kabinet. Sedangkan di Kerajaan Bersatu disebut Foreign Secretary.

Lihat pula