Universitas Stanford: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
Xqbot (bicara | kontrib)
Baris 108: Baris 108:
[[fi:Stanfordin yliopisto]]
[[fi:Stanfordin yliopisto]]
[[fr:Université Stanford]]
[[fr:Université Stanford]]
[[gu:સ્ટેનફોર્ડ યુનિવર્સિટી]]
[[hak:Sṳ̂-thán-fuk Thai-ho̍k]]
[[hak:Sṳ̂-thán-fuk Thai-ho̍k]]
[[he:אוניברסיטת סטנפורד]]
[[he:אוניברסיטת סטנפורד]]

Revisi per 23 September 2010 18.06

Leland Stanford Junior University
Lambang resmi Universitas Stanford
MotoDie Luft der Freiheit weht(Jerman)
("Angin kebebasan berhembus ")
JenisSwasta
Didirikan1891[1]
Dana abadiUS$15,2 milyar[2]
PresidenJohn L. Hennessy
Staf administrasi
1.771[3]
Sarjana6.705[4]
Magister8.176[5]
Lokasi, ,
KampusSuburban, 33.1 km²
AtletikStanford Cardinal
MaskotPohon Stanford (tak resmi).
Situs webwww.stanford.edu

Leland Stanford Junior University, yang lazim dikenal sebagai Universitas Stanford (atau Stanford saja), adalah sebuah universitas swasta yang terletak kira-kira 60 kilometers di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota. Stanford terletak di dekat kota Palo Alto, California, Amerika Serikat tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis.

Universitas Stanford terletak di kampus universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah Teknik Hukum Kedokteran Pendidikan Bisnis Ilmu-ilmu Bumi dan Humaniora serta Sains. Universitas ini mempunyai sejumlah program dan sebuah rumah sakit pendidikan selain berbagai kegiatan menjangkau ke masyarakat dan inisiatif relawan.

Sejarah

Kartu pos kuno Universitas Stanford.

Stanford didirikan oleh raja kereta api, Gubernur California, Senator dan Pimpinan Partai Republik Leland Stanford dan istrinya, Jane Stanford. Universitas ini diberi nama untuk menghormati anak tunggal mereka, Leland Stanford, Jr. yang meninggal dunia karena tipus hanya beberapa hari menjelang ulang tahunnya yang ke-16. Pada pagi hari kematian anak mereka, Leland Sr. konon berkata kepada istrinya, “Anak-anak di California akan menjadi anak-anak kita.” dan mereka segera memutuskan untuk mencari cara yang abadi untuk mengenang anak tercinta mereka.

Keluarga Stanford mengunjungi beberapa Universitas besar di timur untuk mengumpulkan ide. Sebuah legenda, tersebar luas di internet tetapi tidak benar, menggambarkan pasangan Stanford sebagai orang desa yang memutuskan untuk membangun Universitas sendiri setelah ditolak penawarannya untuk menghadiahkan sebuah gedung kepada Harvard. Mereka memang mengunjungi Presiden Harvard tetapi diterima dengan baik dan diberi saran-saran cara memulai sebuah Universitas di California. Sejak awal mereka membuat beberapa pilihan non tradisional: universitas akan campuran, di saat kebanyakan laki-laki semua; non-Agama, ketika sebagian besar terkait dengan organisasi keagamaan dan praktis terus terang, menghasilkan "warga negara yang berbudaya dan berguna" ketika sebagian besar hanya peduli dengan pendahulunya.

Masyarakat setempat dan orang-orang yang berafiliasi dengan universitas ini menyebut sekolah ini sebagai Peternakan, yang merujuk kepada kenyataan bahwa universitas ini terletak di lokasi bekas peternakan kuda Leland Stanford.

Dana pembangunan universitas ini ditulis pada 11 November 1885 dan diterima oleh Dewan Pengurus pertama universitas ini pada 14 November. Peletakan batu pertamanya dilakukan pada 14 Mei 1887 dan universitas ini secara resmi dibuka pada 1 Oktober 1891. Ramalan surat kabar New York bahwa Profesor Stanford akan "mengajar di aula marmer kepada kursi kosong" terbukti salah. Murid pertama terdiri dari 559 mahasiswa-mahasiswi, dengan uang kuliah gratis dan 15 dosen, 7 di antaranya berasal dari Universitas Cornell. Sekolah ini didirikan untuk laki-laki maupun perempuan, meskipun untuk jangka waktu yang lama penerimaan mahasiswinya dibatasi. Hal ini bukan disebabkan oleh sentimen anti perempuan, melainkan karena kekhawatiran di pihak Jane Stanford, yang merasa bahwa tanpa pembatasan itu, sekolah ini dengan segera akan penuh dengan mahasiswi saja, yang dianggapnya tidak cocok dengan maksudnya semula untuk menjadikan universitas ini sebagai peringatan untuk anak lelakinya. Presiden pertama adalah David Jordan, lulusan Cornell, yang meninggalkan jabatannya sebagai presiden Indiana University untuk bergabung dengan petualangan keluar Barat.

Motto resmi Universitas Stanford, yang dipilih oleh suami-istri Stanford, adalah "Die Luft der Freiheit weht." Kutipan dalam bahasa Jerman ini berasal dari Ulrich von Hutten yang berarti "Angin kebebasan berhembus." Pada waktu sekolah ini didirikan, bahasa Jerman baru saja menggantikan bahasa Latin sebagai bahasa yang dominant dalam sains dan filsafat (posisi ini dipertahankan hingga pecahnya Perang Dunia II).

The Stanfords melibatkan Frederick Law Olmsted, arsitek lanskap yang terkenal yang menciptakan New York's Central Park, untuk merancang rencana fisik universitas. Kolaborasi ini diperdebatkan, tapi akhirnya menghasilkan dua sudut pada sumbu timur-barat. Hari ini, dengan Stanford terus berkembang, arsitek universitas berusaha untuk menghormati rencana asli universitas.

Kampus

Berkas:Stanford campus aerial photo.jpg
Foto kampus Stanford dari udara.

Luas Universitas Stanford adalah 32 km². Kampus utamanya dibatasi oleh El Camino Real Stanford Avenue, Junipero Serra Boulevard dan Sand Hill Road di bagian barat laut dari Lembah Santa Clara di Jazirah San Francisco. Pada musim panas 1886, ketika kampus ini pertama kali dirancang, Stanford menghadirkan presiden dari Massachusetts Institute of Technology Francis Amasa Walker dan arsitek lansekap terkemuka Boston Frederick Law Olmsted ke pantai barat untuk memberikan konsultasi. Olmsted mengemangkan sebuah konsep umum untuk kampusnya serta bangunan-bangunannya. Ia menolak bagian yang berbukti-bukit dan lebih memilih permukaan yang datar, yang lebih praktis. Charles Allerton Coolidge kemudian mengembangkan konsep ini menurut gaya almarhum mentornya, Henry Hobson Richardson dalam gaya Romanesk Richardsonian, yang dicirikan oleh bangunan-bangunan batu persegi empat, yang dihubungkan dengan lorong-lorong beratap dengan lengkungan setelah lingkaran. Kampus aslinya juga dirancang dengan gaya colonial Spanyol yang lazim bagi California yang dikenal sebagai Mission Revival.

Lihat pula

Pranala luar

Untuk mahasiswa atau calon mahasiswa

Publikasi Stanford dan terbitan media lainnya

Untuk pengunjung