John Cabell Breckinridge: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
SieBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: et:John C. Breckinridge
TjBot (bicara | kontrib)
k bot; kosmetik perubahan
Baris 18: Baris 18:
{{DEFAULTSORT:Breckinridge, John Cabell}}
{{DEFAULTSORT:Breckinridge, John Cabell}}


{{lifetime|1824|1875|}}
[[Kategori:Kelahiran 1824]]

[[Kategori:Kematian 1875]]
[[Kategori:Wakil Presiden Amerika Serikat]]
[[Kategori:Wakil Presiden Amerika Serikat]]
[[Kategori:Senator Amerika Serikat]]
[[Kategori:Senator Amerika Serikat]]

Revisi per 21 September 2010 10.33

Untuk orang lain bernama sama, silakan lihat John Breckinridge
Berkas:BreckTT.jpg
John Cabell Breckinridge

John Cabell Breckinridge (Cabell's Dale, dekat Lexington, Kentucky, 16 Januari 182117 Mei 1875) adalah Wakil Presiden Amerika Serikat ke-14. Ia merupakan cucu mantan Senator dan Jaksa Agung John Breckinridge. Wakil Presiden ke-14 ini juga menjadi orang termuda yang terpilih dalam jabatan tersebut.

Ia lulus dari Center College di Danville, Kentucky tahun 1839, lalu masuk ke College of New Jersey (sekarang Princeton University), dan kemudian belajar ilmu hukum di Transylvania University di Lexington. Ia menjadi pengacara pada tahun 1840. Istrinya bernama Mary Cyrene Burch yang dinikahinya pada tahun 1843.

Jabatan lain yang pernah dipegang ialah mayor pada Divisi 3 Kentucky Volunteers selama Perang Amerika-Meksiko (1847-1848), anggota DPR Kentucky (Demokrat, tahun 1849) dan terpilih sebagai anggota Kongres AS (4 Maret 1851 - 3 Maret 1855). Ia tidak maju lagi dalam pemilihan berikut dan sebaliknya ia dicalonkan sebagai duta besar di Spanyol oleh Presiden Franklin Pierce, namun John menolaknya.

Pada tahun 1856, ia terpilih sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden James Buchanan. Kemudian pada tahun 1860, ia mencalonkan diri sebagai presiden namun dikalahkan Abraham Lincoln. Ia memenangkan mayoritas suara di wilayah Selatan, namun kalah di wilayah Utara dan di negara bagian sekitar Kentucky. Lalu ia terpilih lagi untuk menjadi Senator AS (4 Maret 1861) sampai diberhentikan berdasarkan resolusi Senat tanggal 4 Desember 1861 karena mendukung pihak Selatan. Takut akan ditahan, John memutuskan menyeberang ke pihak Konfederasi (Selatan).

Selama Perang Saudara (Civil War, tahun 1861-1865), Breckinridge pernah menjadi Menteri Pertahanan (Secretary of War) kubu Konfederasi (diangkat pada awal 1865). Setelah perang berakhir, Breckinridge merasa khawatir bahwa ia akan diadili karena mengkhianati pemerintah AS, sehingga ia memutuskan untuk lari dari AS bersama beberapa pengikutnya. Mereka meninggalkan pantai timur Florida dengan perahu kecil menuju Kuba. Ia melanjutkan pelariannya ke Inggris, Kanada, dan kemudian ke Inggris lagi. Akhirnya pada tahun 1869, Breckinridge kembali ke Lexington setelah mendapatkan jaminan untuk memperoleh amnesti. Kemudian ia melanjutkan praktik pengacara. Breckinridge memutuskan untuk mundur dari dunia politik, namun ia tetap bersuara vokal menentang kelompok rasialis Ku Klux Klan.

Breckinridge meninggal dunia pada tanggal 17 Mei 1875 dan dimakamkan di Lexington.