Skanderbeg: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k bot kosmetik perubahan
EmausBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: vi:Skanderbeg
Baris 183: Baris 183:
[[tr:İskender Bey]]
[[tr:İskender Bey]]
[[uk:Скандербег]]
[[uk:Скандербег]]
[[vi:Skanderbeg]]
[[zh:斯坎德培]]
[[zh:斯坎德培]]

Revisi per 19 September 2010 14.58

Foto Skanderbeg di Uffizi, Florence, Italia

George Kastrioti (Gjergj Kastrioti) (1405 - 17 Januari 1468), yang lebih dikenal sebagai Skanderbeg, adalah tokoh yang paling terkemuka dalam sejarah Albania. Ia juga dikenal sebagai Naga Albania[1] dan merupakan pahlawan nasional bangsa Albania. Ia dikenang terutama karena perjuangannya melawan Kerajaan Ottoman, melalui karya penulis biografinya yang pertama, Marin Barleti[2].

Biografi

Dalam bahasa Inggris, namanya ditulis dalam berbagai cara: George, Gjergj, Giorgio; Castriota, Kastrioti, Castrioti, Castriottis[3], Kastriotes, Castriot[4], Kastriot; Skanderbeg, Scanderbeg, Skenderbeg, Skanderbeu, atau Scander-Begh.

Ayahnya adalah seorang bangsawan Albania dari keluarga Kastrioti. John Castriota[5], keturunan dari keluarga lama dari Mat, dan menguasai sebuah kepangeranan termasuk Mat, Krujë, Mirditë dan Dibër.[6], Makedonia hilir. Voisava, ibunda Skanderbeg, berasal dari keluarga Tribalda[5], seorang putri Slavia[7] dari lembah Polog[8]. Meskipun ia berperang untuk Kerajaan Ottoman, Skanderbeg segera berganti kubu dan berperang melawan Kerajaan Ottoman hingga akhir hayatnya.

Melayani dalam Tentara Ottoman

Patung Skanderbeg di Prishtina

Skanderbeg yang dilahirkan di Krujë, adalah keturunan dari keluarga Kastriotis, yang merupakan salah satu keluarga utama dari apa yang dulu dikenal sebagai Arberia (kini Albania).

Menurut Gibbon[9], ayah Skanderbeg, John Kastrioti adalah seorang pangeran dari distrik kecil Epirus atau Albania. John Kastrioti adalah salah satu yang menentang[3] serangan awal Bajazet II, namun perlawanannya sia-sia; dan Sultan, setelah menerima penyerahannya, mewajibkannya membayar pajak dan untuk memastikan kesetiaannya kepada para penguasa setempat, George Kastrioti dan ketiga saudaranya diambil oleh Sultan ke istana sebagai sandra. Ia masuk sekolah militer dan memimpin banyak peperangan untuk Kerajaan Ottoman hingga menang. Karena berbagai kemenangannya itu, ia menerima gelar Arnavut İskender Bey, (bahasa Albania: Skënderbeu Shqiptari, bahasa Inggris: Skanderbeg, orang Albania). Dalam bahasa Turki dan Albania gelar ini berarti Lord Alexander, yang membandingkan kecemerlangan militer Kastrioti dengan kejayaan Alexander Agung).


Daftar pertempuran yang dipimpin Skanderbeg

Skanderbeg banyak memimpin pertempuran dan banyak di antaranya yang berakhir dengan kemenangan di pihaknya.

Lihat pula

Rujukan

  1. ^ Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. 
  2. ^ Marin Barleti, 1508, Historia de vita et gestis Scanderbegi Epirotarum principis, theeuropeanlibrary.org
  3. ^ a b James Emerson Tennent, 1845, The History of Modern Greece, from Its Conquest by the Romans B.C.146, to the Present Time
  4. ^ Catholic World Encyclopedia VOL. XXIII, Number 134, 1876, Scanderbeg entry
  5. ^ a b Camille Paganel, 1855, "Histoire de Scanderbeg, ou Turcs et Chrétiens du XVe siècle"
  6. ^ Edwin E. Jacques, The Albanians: An Ethnic History, 1994, p. 179
  7. ^ M. Barleti, ibid.
  8. ^ yang kini terletak di bagian barat laut dari Republik Makedonia
  9. ^ Edward Gibbon, 1788, History of the Decline and Fall of the Roman Empire, Volume 6, Scanderbeg section

Sumber-sumber tambahan

  • Diadaptasi dari biografi Fan S. Noli George Castrioti Scanderbeg

Pranala luar