Bahasa Uzbek: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: et:Usbeki keel
TobeBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: tt:Үзбәк теле
Baris 76: Baris 76:
[[th:ภาษาอุซเบก]]
[[th:ภาษาอุซเบก]]
[[tr:Özbekçe]]
[[tr:Özbekçe]]
[[tt:Үзбәк теле]]
[[ug:ئۆزبېك تىلى]]
[[ug:ئۆزبېك تىلى]]
[[uk:Узбецька мова]]
[[uk:Узбецька мова]]

Revisi per 13 September 2010 09.29

Bahasa Uzbek atau dalam bahasa aslinya disebut O'zbek Tili merupakan anak cabang dari bahasa-bahasa Turki dengan jumlah penutur lebih kurang 20 juta jiwa. Lebih tepatnya masuk sub-kelompok bahasa-bahasa Chagatay yang termasuk didalamnya adalah Uighur, dan Mogoli. Bahasa ini tersebar di berbagai wilayah di Asia Tengah, khususnya di Uzbekistan, Tajikistan, Kirgiztan, Kazakstan, Turkmenistan, Afganistan dan Tiongkok.

Merupakan bahasa resmi di Uzbekistan dan salah satu suku bangsa resmi di Tiongkok.

Sistem Penulisan

Pada masa kekuasaan Uni Soviet, bahasa ini ditulis dengan huruf Sirilik yang berbasis dari huruf Rusia. Mulanya bahasa Uzbek menggunakan huruf Arab hingga tahun 1929, namun kemudian dipaksakan Huruf Latin pada periode 1929-1940, dan pada masa pemerintahan Josef Stalin, huruf latin digantikan dengan huruf Sirilik.

Namun setelah Uzbekistan meraih kemerdekaannya pada tahun 1991, sistem penulisanpun mulai dialihkan ke huruf Latin dan secara bertahap menggantikan huruf Sirilik sebagai huruf resmi. Sedangkan masyarakat Uzbek yang bermukim di Xinjiang Uighur, Tiongkok menggunakan sistem huruf Arab Uighur.

Sedangkan Uzbek di Afganistan tidak mempunyai sistem penulisan yang baku, dan kalangan berpendidikan cenderung menggunakan huruf Arab.

Dialek Bahasa Uzbek

Bahasa Uzbek terdiri dari berbagai dialek yang berbeda dari satu wilayah dengan wilayah lainnya. Namun demikian, ada satu dialek yang menjadi pemersatu para penutur dialek yang berlainan tersebut.

Suku Uzbek yang bermukim di utara Afganistan menggunakan dialek Uzbek yang berbeda dengan saudaranya di utara.