Karl Bernhard dari Sachsen-Weimar-Eisenach: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k bot kosmetik perubahan
KamikazeBot (bicara | kontrib)
Baris 36: Baris 36:
[[Kategori:Tokoh militer Belanda]]
[[Kategori:Tokoh militer Belanda]]


[[da:Bernhard von Sachsen-Weimar-Eisenach]]
[[da:Bernhard af Sachsen-Weimar-Eisenach]]
[[de:Karl Bernhard von Sachsen-Weimar-Eisenach]]
[[de:Karl Bernhard von Sachsen-Weimar-Eisenach]]
[[en:Prince Bernhard of Saxe-Weimar-Eisenach]]
[[en:Prince Bernhard of Saxe-Weimar-Eisenach]]

Revisi per 11 September 2010 07.43

Karl Bernhard dari Sachsen-Weimar-Eisenach

Pangeran Karl Bernhard dari Sachsen-Weimar-Eisenach (30 Mei 1792 – 31 Juli 1862) ialah seorang bangsawan, penulis cerita perjalanan, matematikawan, dan prajurit Jerman.

Kehidupan

Karl Bernhard adalah anak ke-2 dari Adipati Agung Karl August dan isterinya Luise dari Hessen-Darmstadt. Ia menjalani sejumlah perjalanan, antara lain ke Amerika Utara, dan menulis catatan tentang perjalanannya tersebut. Ia juga aktif di sejumlah dinas militer, terlibat dalam dan Pertempuran Quatre Bas dan Waterloo di Brigade II dari Divisi II Belanda. Antara tahun 1849-1851, Karl Bernhard menjadi komandan KNIL di Hindia-Belanda, kelak berunding dengan raja-raja Bali di atas kapal perang Etna di Pabean, Buleleng, di mana langkah ini menguntungkan konsolidasi Belanda di Bali.

Karl Bernhard adalah seorang Freemason. Ia juga mengerjakan karya matematika. Ia terkenal akan karyanya pada konstruksi perkiraannya pada aspek poligon ruang, diterbitkan di Jena pada tahun 1842 dalam buku 2 jilid berjudul Lehrbuch der Geometrie.

Keluarga

Pada tahun 1816, Karl Bernhard menikah dengan Ida, puterinda Georg I dari Sachsen-Meiningen pada tahun 1816 dan saudari dari Adelheid dari Sachsen-Meiningen, yang kelak menikah dengan Raja William IV dari Britania Raya. Karl Bernhard dengan Ida memiliki 8 anak:

Bibliografi

  • Heinrich Luden (Hrg.): Reise Sr. Hoheit des Herzogs Bernhard von Sachsen-Weimar-Eisenach durch Nord-Amerika in den Jahren 1825 und 1826. Erster Theil. Mit 16 Vignetten, 4 Kupfern, 3 Planen und 2 Charten. Weimar 1828 (Digitalisat)
  • Heinrich Luden (Hrg.): Reise Sr. Hoheit des Herzogs Bernhard von Sachsen-Weimar-Eisenach durch Nord-Amerika in den Jahren 1825 und 1826. Zweiter Theil. Mit 9 Vignetten, 2 Charten und 1 Plan. Weimar 1828 (Digitalisat)
  • Heinrich Luden (Hrg.): Reise Sr. Hoheit des Herzogs Bernhard von Sachsen-Weimar-Eisenach durch Nord-Amerika in den Jahren 1825 und 1826. Tafelband. Weimar 1828.

Pranala luar

Didahului oleh:
Andreas Victor Michiels
Komandan KNIL
1849-1851
Diteruskan oleh:
G. Bakker