Rosh Hashanah: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
TjBot (bicara | kontrib)
k bot kosmetik perubahan
Thijs!bot (bicara | kontrib)
k bot Mengubah: tr:Roş Aşana
Baris 77: Baris 77:
[[sv:Rosh hashana]]
[[sv:Rosh hashana]]
[[tl:Rosh haShana]]
[[tl:Rosh haShana]]
[[tr:Roşaşana]]
[[tr:Roş Aşana]]
[[uk:Рош Гашана]]
[[uk:Рош Гашана]]
[[ur:روش ھاشاناہ]]
[[ur:روش ھاشاناہ]]

Revisi per 9 September 2010 23.49

Rosh Hashanah
A shofar dibuat dari tanduk kambing jantan
Nama resmibahasa Ibrani: ראש השנה
Nama lainAwal tahun
Dirayakan olehYudaisme dan orang Yahudi
JenisKeagamaan
MaknaTahun baru Yahudi menurut Kalender Ibrani. Memperingati penciptaan dunia dan kelahiran serta pengikatan Ishak.

Permulaan dari sepuluh "Hari-hari yang Menakjubkan" sebelum Yom Kippur.

Hari raya Rosh Hashanah jatuh pada bulan Tisyri, juga dibulan yang sama terdapat beberapa perayaan yaitu: Tzom Gedaliah, Yom Kippur, Sukkot, Hoshanah Rabbah, Shemini Atzeret & Simchat Torah.


Selain Rosh Hashanah terdapat juga beberapa perayaan utama yaitu Festival Pesakh umat Yahudi, atau Paskah Yahudi (Ibrani, dan Yiddish: פֶּסַח, Tiberias: pɛsaħ, Ibrani: Pesach, Pesah, Pesakh), adalah perayaan yang dirayakan pada hari ke-14 dalam bulan yang disebut Nisan (Imamat 23:4; Bilangan 9:3-5, Bilangan 28:16), bulan pertama kalender Ibrani selama delapan hari. Festival ini berakhir pada hari ke-21 Nisan di Israel, dan hari ke-22 Nisan diluar Israel dan dirayakan untuk memperingati keluarnya bangsa Israel dari Mesir. Hari Raya Pondok Daun adalah sebuah hari raya Yahudi; merupakan perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen. Pada perayaan itu orang tinggal dalam pondok daun sebagai peringatan akan zaman pengembaraan dalam padang belantara. Kemudian perayaan Shavuot disebut Hari raya Tujuh Minggu (Ibrani: חג השבועות, Ḥag ha-Shavuot, Keluaran 34:22, Ulangan 16:10); Hari raya menuai (Ibrani: חג הקציר, Ḥag ha-Katsir, Keluaran 23:16), dan Hari hulu hasil (Ibrani יום הבכורים, Yom ha-Bikkurim, Bilangan 28:26). Mishnah dan Talmud menyebut Shavuot dengan Atzeret (Ibrani: עצרת, pertemuan khidmat), karena merupakan penutupan berbagai kegiatan selama dan setelah hari raya Paskah. Semenjak Shavuot bertepatan dengan 50 hari setelah Paskah, orang Yunani Hellenistik kemudian menyebutnya Pentakosta (πεντηκόστη, "hari kelima puluh").
KegiatanBerdoa di sinagoga, shofar. Makanan pesta dengan roti challah yang bundar dan apel yang dicelupkan ke dalam madu. Kepala ikan, buah delima. Buah-buahan baru pada malam kedua.
MulaiHari pertama bulan Tishrei
BerakhirHari kedua bulan Tishrei
TanggalScript error: The function "getRawValue" does not exist.
Tahun 2024date missing (please add)
Terkait denganYom Kippur yang dirayakan sesudahnya.

Rosh Hashanah (bahasa Ibrani: ראש השנה) adalah tahun baru dalam penanggalan Yahudi. Sebenarnya, Yudaisme memiliki empat hari "tahun baru" yang menandai berbagai "tahun" resmi, seperti halnya 1 Januari menandai tahun baru dalam penanggalan Gregorian. Rosh Hashanah adalah tahun baru untuk manusia, binatang, dan kontrak hukum.

118.97.32.72 19:16, 20 Agustus 2010 (UTC)