Arsitektur perusahaan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Ricky Setiawan (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Arsitektur Perusahaan''' adalah praktek [[Dokumentasi|pendokumentasian]] elemen-elemen [[strategi bisnis]], ''business case'', [[model bisnis]], serta [[teknologi]], [[kebijakan]] dan [[infrastruktur]] yang membentuk perusahaan. Arsitektur perusahaan juga merujuk pada cara perusahaan diorganisasi, [[manajemen operasi|beroperasi]] dan merespon perubahan-perubahan dalam pasar.
{{rapikan}}


'''Arsitektur Perusahaan''' adalah praktek pendokumentasian elemen-elemen strategi bisnis, bisnis case, model bisnis beserta teknologi, kebijakan dan infrastruktur yang membentuk perusahaan. Ada banyak kerangka yang menggambarkan arsitektur perusahaan, yaitu 1: dokumentasi yang menggambarkan struktur dan perilaku perusahaan beserta sistem informasinya. 2. Proses yang menggambarkan perusahaan dan sistem informasinya dan perubahan rencana yang memperbaiki integritas dan fleksibilitas perusahaan.
Ada banyak kerangka yang menggambarkan arsitektur perusahaan, yaitu 1: dokumentasi yang menggambarkan struktur dan perilaku perusahaan beserta sistem informasinya. 2. Proses yang menggambarkan perusahaan dan sistem informasinya dan perubahan rencana yang memperbaiki integritas dan fleksibilitas perusahaan.


{{perusahaan-stub}}
{{perusahaan-stub}}

Pengertian arsitektur perusahaan menunjuk pada cara perusahaan diorganisasi, beroperasi dan merespon perubahan-perubahan dalam pasar. Perusahaan ideal menspesialisasikan diri pada kompetensi inti dan melakukan outsources semua aktivitas lain untuk memaksimalkan penciptaan nilai perusahaan; sebuah organisasi pembelajaran (learning organization) yang berulang kali berinovasi dan menciptakan kompetensi-kompetensi baru di sekitar kompetensi intinya; memiliki struktur organisasi yang ramping (flat) dan garis komando yang pendek untuk memfasilitasi komunikasi dan interaksi; mengoperasikan pabrik-pabrik yang berspesialisasi tinggi dan mampu secara cepat bergeser untuk menghasilkan produk-produk baru. Ia secara mulus menggabungkan aspek fisik dengan virtual; sebuah perusahaan real time dan, di atas semuanya, perusahaan ideal tangkas dan cepat merespon kondisi perubahan pasar (Salvatore, 2004 p. 385).
[[Kategori:Manajemen]]

[[cs:Podniková architektura]]
[[de:Unternehmensarchitektur]]
[[en:Enterprise architecture]]
[[fa:معماری سازمانی]]
[[fr:Urbanisation (informatique)]]
[[ko:엔터프라이즈 아키텍처]]
[[nl:Enterprise-architectuur]]
[[ja:エンタープライズアーキテクチャ]]
[[pl:Architektura korporacyjna]]
[[simple:Enterprise Architecture]]
[[fi:Yritysarkkitehtuuri]]
[[zh:企业架构]]

Revisi per 18 Agustus 2010 11.54

Arsitektur Perusahaan adalah praktek pendokumentasian elemen-elemen strategi bisnis, business case, model bisnis, serta teknologi, kebijakan dan infrastruktur yang membentuk perusahaan. Arsitektur perusahaan juga merujuk pada cara perusahaan diorganisasi, beroperasi dan merespon perubahan-perubahan dalam pasar.

Ada banyak kerangka yang menggambarkan arsitektur perusahaan, yaitu 1: dokumentasi yang menggambarkan struktur dan perilaku perusahaan beserta sistem informasinya. 2. Proses yang menggambarkan perusahaan dan sistem informasinya dan perubahan rencana yang memperbaiki integritas dan fleksibilitas perusahaan.